Satukan persepsi teguhkan hati dalam bingkai qurban edukatif di Kampung Cibanteng, Kabupaten Bandung

Riska Rachmawati, Dtm Rifky Annas, Ar-Rais Mujaddidul Islam Huda Al-Hadist, Iim Ibrohim

Abstract


Abstrak

Program Berkah Qurban PAI Vol. 5 (1446 H/2025 M) bertema “Satukan Persepsi, Teguhkan Hati dalam Bingkai Qurban Edukatif di Kampung Cibanteng, Kabupaten Bandung” merupakan bentuk pengabdian masyarakat berbasis nilai Islam yang diselenggarakan oleh Prodi PAI Universitas Muhammadiyah Bandung bersama Pimpinan Komisariat IMM PAI. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan akses masyarakat terhadap ibadah qurban dan kebutuhan integrasi antara pendidikan agama dengan aksi sosial. Tujuan kegiatan adalah menyalurkan hewan qurban, memberikan edukasi spiritual, serta meningkatkan kapasitas kepemimpinan mahasiswa. Mitra sasaran adalah masyarakat Kampung Cibanteng dengan jumlah partisipan lebih dari 50 warga dan 41 mahasiswa. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang menekankan partisipasi aktif mulai dari tahap perencanaan hingga distribusi. Hasil kegiatan meliputi pendistribusian dua ekor sapi dan enam ekor kambing menjadi 450 paket qurban, peningkatan keterlibatan anak dalam edukasi hingga 98%, serta penguatan solidaritas sosial antara mahasiswa dan masyarakat. Secara kualitatif, kegiatan ini menciptakan pemaknaan baru terhadap qurban sebagai sarana pemberdayaan dan edukasi keagamaan. Temuan ini menegaskan bahwa pengabdian masyarakat tidak hanya memenuhi tridharma perguruan tinggi, tetapi juga berdampak nyata pada penguatan nilai religius dan sosial masyarakat.

 

Kata kunci: kata kunci: qurban edukatif; pengabdian masyarakat; participatory action research; solidaritas sosial; pemberdayaan masyarakat.

 

Abstract

The Berkah Qurban PAI Vol. 5 (1446 H/2025 M) program, themed “Unite Perceptions, Strengthen Hearts through Educational Qurban in Cibanteng Village, Bandung Regency,” is a community service initiative based on Islamic values organized by the Islamic Education Study Program at Universitas Muhammadiyah Bandung in collaboration with the IMM PAI Commissariat. This activity was motivated by the limited access of the local community to qurban practices and the need to integrate religious education with social action. The objectives of the program are to distribute qurban animals, provide spiritual education, and enhance students’ leadership capacity. The target partners were the residents of Cibanteng Village, involving more than 50 local participants and 41 students. The implementation method used the Participatory Action Research (PAR) approach, emphasizing active involvement from the planning stage to the distribution process. The results include the distribution of two cows and six goats into 450 qurban packages, an increase in children’s participation in educational activities up to 98%, and strengthened social solidarity between students and the community. Qualitatively, the program fostered a new understanding of qurban as a medium for empowerment and religious education. This initiative demonstrates that community service not only fulfills the university’s tridharma but also creates tangible impacts on strengthening religious and social values within society.

 

Keywords: educational qurban; community service; participatory action research; social solidarity; community empowerment.


Keywords


educational qurban; community service; participatory action research; social solidarity; community empowerment.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2016). Qurban: wujud kedekatan seorang hamba dengan tuhannya. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 14(1), 109–116.

Aghniya, F. U., Ratna Komala, A., & Artikel, I. (2022). JEMBA : Journal Of Economics, Management, Business, And Accounting. Business, And Accounting Journal Homepage, 2(1), 110–118.

Aulia, N., & Susanti, A. (2021). Peranan Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Primary Education Journal (Pej), 5(1), 24–30. https://doi.org/10.30631/pej.v5i1.77

Bin Masruhen, M. F. (2023). Community Empowerment Through Social-Business Programs in Qurban Activities in North Sumatera. Tamkin Jurnal Pemberdayaan Tazkia, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30993/tamkin.v2i1.319

Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 79–93. http://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Khidmah/article/view/384

Herlina, E. (2022). Bentuk dan Sifat Pengabdian Masyarakat yang Diterapkan oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130.

Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, VOL 1(1), 32–50. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i01.24

Nilmasari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 1–5.

Nisa, A. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Keagamaan Masyarakat Muslim Papua Barat. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 2(2), 30–50. https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i2.319

Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. Journal of Indonesian Society Empowerment, 2(2), 46–57. https://doi.org/10.61105/jise.v2i2.119

Rahman, P. A., & Anggoro, W. J. (2024). References Azwar, S. (2022). 16–20.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Saptosari, K. (2024). Pembinaan Perilaku Sosial Masyarakat Melalui Spirit Qurban. Iceduall, 279–288.

Suryanti, S., Rofiah, C., Asfahani, A., & ... (2024). Optimization Community Progress Through Empowerment In The Field Of Sustainable Education. Community …, 5(2), 3713–3719. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/27390%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/27390/19097

Sutrisna Wibawa. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Ristek-Dikti, 1–15.

Tarsono. (2010). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory). Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, III(1), 29–36.

Winanti, W., Himmy’azz, I. K., Kumoro, D. F. C., Purno, M., Suwita, J., Nurasiah, N., Yulia, Y., Hasna, S., & Basuki, S. (2023). Pendampingan Proses Penyembelihan dan Pendistibusian Hewan Qurban tahun 1444 Hijriah pada 5 Lokasi di Kabupaten Tangerang. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 212–221. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i2.1137




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: