Pengembangan eduwisata berbasis partisipasi masyarakat melalui promosi digital Desa Klino

Arnelita Saharani Akila Putri, Ardhana Putri Farahdiansari

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilakukan karena potensi-potensi wisata yang ada di desa klino kurang terpromosikan secara digital dengan baik. Terjadinya permasalahan tersebut karena kurangnya partisipasi aktif Masyarakat dalam mempromosikan potensi wisata desanya, sehingga potensi wisata yang ada di desa klino belum dikenal oleh Masyarakat luas. Selain itu, diadakanya kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan wisata yang ada di desa klino melaui promosi digital sekaligus mendorong partisipasi dan keterampilan Masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program ini telah secara efektif meningkatkan visibilitas potensi eduwisata Desa Klino  di media sosial dan mampu mendorong partisipasi Masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapakan Masyarakat dapat terus mempromosikan wisata desa klino kepada Masyarakat luas dan menarik perhatian wisatawan.

 

Kata kunci: pengembangan eduwisata; partisipasi Masyarakat; promosi digital; pemberdayaan desa; Desa Klino.

 

Abstract

This community service activity was carried out because the tourism potential in Klino Village was not well promoted digitally. This problem occurred due to the lack of active community participation in promoting the tourism potential of their village, so that the tourism potential in Klino Village was not yet known to the wider community. In addition, this activity was held to promote tourism in Klino Village through digital promotion while encouraging community participation and skills. The results of the activity show that this program has effectively increased the visibility of Klino Village's educational tourism potential on social media and has been able to encourage community participation. Through this activity, it is hoped that the community will continue to promote Klino Village tourism to the wider community and attract the attention of tourists.

 

Keywords: development of educational tourism; community participation; digital promotion; village empowerment; Klino Village.


Keywords


development of educational tourism; community participation; digital promotion; village empowerment; Klino Village.

Full Text:

PDF

References


Dharma Pertiwi, N. K. A., Sukerti, N. W., & Masdarini, L. (2024). Strategi Promosi Desa Wisata Sudaji Berbasis Platform Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i1.74919

Ferdiansyah, L. F. (2025). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DESTINASI WISATA DI DESA TIMBANUH, KECAMATAN PRINGGASELA. 14(1), 453–460.

Hg, N. N., Surata, I. K., & Kanten, I. K. (2025). VILLAGE DI DESA WISATA RINDING ALLO , KAB . LUWU UTARA , Politeknik Pariwisata Bali Abstrak masyarakat . Menurut Pasal 112 ayat ( 4 ) Undang-Undang Desa , pemberdayaan masyarakat Desa. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 19(2), 1092–1107. https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/4810/2071

Ika Devi Perwitasari, & Jodi Hendrawan. (2024). Program KKNT di Desa Belinteng: Pembuatan Website Profil Wisata Sebagai Upaya Meningkatkan Ekowisata Desa. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 269–275. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.168

Nadhifatur Rifdah, B., & Kusdiwanggo, S. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 13(2), 75–85. https://doi.org/10.32315/jlbi.v13i2.358

Pramono, R., Juliana, J., & Agung Wicaksono, E. (2021). Pengembangan Eduwisata Di Kampung Wisata Keranggan Kota Tangerang Selatan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 842–847. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1452

Qurratun Nada Fahirah, S. A. (2020). PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA BOJONEGORO DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA GEOHERITAGE WONOCOLO TAHUN 2016 – 2020. 45–53.

Raharjana, D. T., Ahimsa Putra, H. S., & Yoga, A. (2016). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. 1–23.

Rahman, L. ode A. (2021). Pengembangan Kota Parepare sebagai Kota Destinasi Wisata Habibie dengan Konsep Sustainable Smart Tourism. Jurnal Pekommas, 6, 21–33. https://doi.org/10.56873/jpkm.v6i3.4427

Rejeki, D. S., Renggani, R. R., Agustine, M., Wahyuni, H. S., Syaripyani, W. R., & Syahla, N. A. (2024). Potensi daya tarik wisata Perpustakaan Kota Bandung dalam upaya mengembangkan edu-tourism. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.18592/pk.v12i1.11109

Sugiarti, R., Aliyah, I., & Yudana, G. (2010). PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DI KABUPATEN NGAWI.

Sya-sya, N. J., Sosiantoro, A., & Ilman, G. M. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA LOKAL BUMDES LONTAR SEWU DALAM PENGELOLAAN EDU WISATA LONTAR SEWU DESA HENDROSARI KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK. 5(03), 202–211.

Tatasari, T., Purnomo, S., & Dewa, A. K. (2025). Pemanfaatan Konten Digital Berbasis Video Pendek untuk Meningkatkan Engagement pada UMKM Makanan di Media Sosial. Social Sciences Journal (SSJ), 3(2), 20–32.

Widodo, W. I., & Aznam, A. F. P. (2025). Inovasi Paket Wisata dan Strategi Promosi Digital Berbasis Komunitas di Desa Wisata Donokerto, Sleman. 6(2), 267–276.

Zaki, M., & Adnyana, M. B. (2024). Strategi Pengembangan Potensi Eduwisata di Kampung Ekologi Temas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 7771–7778. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5617




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: