Pelatihan dasar pemrograman untuk membangkitkan minat siswa pada dunia pemrograman di SMA Kartini Batam
Abstract
Abstrak
Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. SMA Kartini Batam adalah sekolah menengah atas swasta di Batam, Kepulauan Riau. Dengan visi dan misi yang jelas, SMA Kartini di Yayasan Keluarga Batam bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis, iklusif, dan mendukung pengembangan karakter positif. Pemrograman Dasar adalah salah satu mata pelajaran dasar dalam bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Pada pembelajaran sekarang ini sangat penting memiliki pengetahuan TIK. Namun, SMA Kartini Batam belum terbiasa menggunakan bahasa pemrograman Python untuk pemrograman. Oleh karena itu, dasar pemrograman penting dipelajari khususnya siswa/i jurusan teknik informatika dan komputer. Menerapkan dasar pemrograman di sekolah dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam bidang teknologi seperti pembuatan aplikasi, game dan website. Dengan adanya pelatihan dasar pemrograman bagi siswa/i SMA Kartini Batam sebagai landasan yang penting untuk mempelajari bahasa pemrograman dan mengembangkan keterampilan pemrograman. Python merupakan bahasa pemrograman yang populer dan mudah dipelajari. Python banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, data science, dan machine learning. Menerapkan dasar pemrograman di sekolah juga dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam bidang teknologi seperti pembuatan aplikasi, game dan website.
Kata kunci: teknologi; dasar pemrograman; python; minat siswa; mutu pendidikan.
Abstract
Global demands require the world of education to always and continuously adapt to technological developments in efforts to improve the quality of education. SMA Kartini Batam is a private high school in Batam, Riau Islands. With a clear vision and mission, SMA Kartini at the Batam Family Foundation aims to create a dynamic, inclusive learning environment and support positive character development. Basic Programming is one of the basic subjects in the field of Technology, Information, and Communication (ICT). In today's learning, it is very important to have knowledge of ICT. However, SMA Kartini Batam is not yet accustomed to using the Python programming language for programming. Therefore, basic programming is important to learn, especially for students majoring in informatics and computer engineering. Implementing basic programming in schools can help increase student interest in technology fields such as application, game and website development. With basic programming training for SMA Kartini Batam students as an important foundation for learning programming languages and developing programming skills. Python is a popular and easy-to-learn programming language. Python is widely used in software development, data science, and machine learning. Implementing basic programming in schools can also help increase student interest in technology fields such as application, game and website development.
Keywords: technology; basic progamming; python; student interests; quality of education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hardiansyah, B., Armin, A. P., & Rahmadi, A. A. (2023). Implementasi aplikasi game menggunakan Scratch dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 707–716. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4.6464
Ismail, A. D. (2025). Peningkatan keterampilan guru sekolah dasar dalam mengembangkan modul digital interaktif bilingual berbasis kearifan lokal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 2082–2092.
Putri, N. N. (2022). Pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi siswa sekolah dasar di SD Negeri 2 Sengon. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 3957–3962. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i2.2644
Al Qorni, Q., Pamungkas, D. P., Wibowo, S. A., Syawalludin, M. F., Sihotang, T. Y., & Hartati, E. (2023). Pelatihan pembelajaran dasar pemrograman menggunakan bahasa Python. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 116–121.
Safitri, R., Jamal, A., Ripmiatin, E., Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2019). Pengenalan dan pelatihan pemrograman dasar. Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(1), 1–6.
Yulisman, Y., Rahmalisa, U., & Kurniawan, B. (2022). Pelatihan membangun aplikasi sederhana berbasis Android dan web tanpa koding bagi siswa SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3545–3558. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2097
S, M., WS, L., & T, T. (2024). Pelatihan pemrograman dasar menggunakan bahasa Python pada SMK Methodist Tanjung Morawa. RESWARA J Pengabdi Kpd Masy, 5(1), 49–55.
N, A., & A, M. (2024). Pelatihan dasar-dasar pemrograman Java menggunakan aplikasi Netbeans SMK Kristen Palopo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–26.
T, E., D, A., Pratama, D., & Multi Data Palembang U. (2023). Pelatihan dasar pemrograman bahasa C pada SMK Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 2023.
Nirraca, M., Hartanto, S., Bororing, V. D. G., Indrahadi, F., Virgiansyah, M. R., & Hartati, E. (2023). Sosialisasi praktek pemrograman Python menggunakan Google Colab kepada murid sekolah menengah atas Methodist 1 Palembang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 141–146.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33988
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: