Peningkatan pengetahuan dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui edukasi interaktif di SD Negeri 2 Tawangbanteng

Aina Luthfiya, Citra Dina Purwanti, Dede Nabilah Nurhasanah, Nadia Siti Nuraeni, Andhika Bayu Firdaus, Bryan Restu Pratama, Fajar Setiawan, Rendy Sudirman

Abstract


Abstrak

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ialah rutinitas harian yang paling berpengaruh pada peningkatan mutu kesehatan seseorang dan juga lingkungan sekitar. Penerapan PHBS di kalangan anak usia sekolah masih perlu ditingkatkan melalui pendekatan edukasi yang menarik dan interaktif. Kegiatan ini bertujuan guna mengetahui efektivitas edukasi interaktif dalam meningkatkan pengetahuan PHBS pada siswa SD Negeri 2 Tawangbanteng. Srudi ini menerapkan desain One Group Pretest–Posttest dengan melibatkan 23 siswa kelas VI. Intervensi dilakukan melalui ceramah interaktif, simulasi praktik mencuci tangan dan menyikat gigi, permainan edukatif, yel-yel, dan kuis. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pretest dan posttest berisi 10 pertanyaan terkait PHBS. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan rata-rata skor dari 83,91% (pretest) menjadi 92,61% (posttest) dengan peningkatan signifikan terutama pada siswa dengan nilai awal rendah. Edukasi interaktif terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan motivasi siswa dalam menerapkan PHBS. Keberhasilan program dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang menyenangkan dan partisipasi aktif siswa, meskipun masih terdapat kendala berupa keterbatasan fasilitas di sekolah. Kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi interaktif dapat menjadi strategi efektif dalam promosi PHBS di sekolah dasar dan perlu dilaksanakan secara berkelanjutan dengan dukungan guru, orang tua, serta penyediaan sarana pendukung.

 

Kata kunci: perilaku hidup bersih dan sehat; edukasi interaktif; sekolah dasar; pengetahuan kesehatan; praktik kebersihan diri.

 

Abstract

Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) are daily routines that greatly influence the improvement of an individual’s and the surrounding environment. The implementation of PHBS among school-aged children still needs to be improved through an attractive and interactive educational approaches. This study aims to assess the effectiveness of interactive education in improving PHBS knowledge among students of SD Negeri 2 Tawangbanteng. The study employed a One Group Pretest–Posttest design involving 23 sixth-grade students. The intervention was conducted through interactive lectures, handwashing and toothbrushing simulation practices, educational games, cheers, and quizzes. The instruments used were pretest and posttest questionnaires containing 10 questions related to PHBS. The research results indicate an increase in the average score from 83.91% (pretest) to 92.61% (posttest) with a significant improvement, especially among students with initially low scores. Interactive education has proved effective in improving students' knowledge and motivation in implementing Healthy Living Behaviors (PHBS). The success of the program was influenced by enjoyable teaching methods and active student participation, although there are still challenges such as limited facilities in schools. This activity shows that interactive education can be an effective strategy in promoting PHBS in elementary schools and needs to be carried out continuously with support from teachers, parents, and the provision of supporting facilities.

 

Keywords: clean and healthy living behavior; interactive education; elementary school; health knowledge; personal hygiene practices.


Keywords


clean and healthy living behavior; interactive education; elementary school; health knowledge; personal hygiene practices.

Full Text:

PDF

References


Damayanti, N., Bahari, K., & Hidayah, N. (2021). JURNAL VOKASI KESEHATAN http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/JVK. Jvk, 7(1). http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/JVK

Harahap, Y. W., Ahmad, H., & Aritonang, S. (2023). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sekolah di SD Negeri Ujung Gurap Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan (Abdigermas), 1(1), 18–23. https://doi.org/10.58723/abdigermas.v1i1.7

Inayah, R., A, A., & Aini, L. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. The Indonesian Journal of Health Science, September, 137. https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1536

Kartika, J., Ustiawaty, J., & Kurniawan, E. (2017). Prevalensi Infeksi Cacing Sth (Soil Transmitted Helmint) Pada Siswa-Siswi SDN Semoyong Desa Kidang Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Media of Medical Laboratory Science, 1(2), 55–61. http://www.lppm.poltekmfh.ac.id/index.php/mmls/article/view/108

Maizat, M., Anwar, S., Rinawati, R., & Muliadi, T. (2024). Pengaruh Pengetahuan Murid dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Jajan di SD Negeri 14 Meulaboh. Polyscopia, 1(4), 221–228. https://doi.org/10.57251/polyscopia.v1i4.1438

Nurmauli Damanik, B., Ardinata, D., Khadijah, S., Sinaga, E., Imelda Br Sianturi, M., Utama, S., Noviani Nasution, M., Khairani Daulay, D., & Tinggi Ilmu Kesehatan, S. (2025). Edukasi PHBS di Sekolah Dasar : Strategi Promotif-Preventif Bagai Anak dan Keluarga. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 4(2), 33–39. https://journal.eltaorganization.org/index.php/ecdj

Rahayu, F. (2025). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Media Budaya Cerita Rakyat Dalam Bentuk Buku Bergambar di Sekolah Dasar. Arus Jurnal Pendidikan (AJUP), 5(2).

Rahmat Muliadi, Ruslin, Ihsan, S., Sahumena, H., & Nasrudin. (2024). Edukasi Pentingnya Pola Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Sdn 08 Konda Di Desa Lamomea Kecamatan Konda Sulawesi Tenggara. Mosiraha: Jurnal Pengabdian Farmasi, 1(3), 13–20. https://doi.org/10.33772/mosiraha.v1i3.36

Rusdi, M. S., Efendi, M. R., Rustini, R., Afriyani, A., Putri, L. E. P., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.123

Safitri, D., Manik, W., Yawai, T., & Khairunnisa, N. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Dalam Pendidikan: Tinjauan Sistematis Lintas Disiplin Ilmu. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 6(1), 1714–1721.

Salsabila, A. A., Lala, H., & Suharno, B. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan Phbs Di Sekolah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), 8(2), 157. https://doi.org/10.31290/jiki.v8i2.3355

Sari, T. B., Ningsih, A. P., & Sudirham, S. (2025). Edukasi Pentingnya Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah Dasar GP Tombasian Atas. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 7(2), 129. https://doi.org/10.36722/jpm.v7i2.4054

Setyarini, A., Utomo, A. S., & Ct, M. D. (2023). Efektivitas Modul Edukasi Berbasis Health Belief Model Dalam Meningkatkan Kesadaran Dan Perilaku Pencegahan Hipertensi Pada Remaja. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 09(03), 215–221. https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/5241/896

Sugistiani, A., Zamilah, A. R. A., Wahidah, S. N., Nuradila, R. N., Nurhaliza, S., Assyifa, N., Jannata, M. F., Nurfitri, N. S., & Rusman, K. N. F. (2025). Intervensi Program Sehati PHBS Bagi Siswa Kelas V dan VI di Sd Negeri 1 Picungremuk. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(7), 3793–3802. https://doi.org/10.59837/588kwj28

Wilaga, P. A., Hamidah, E., Abdillah, H., & Basri, B. (2024). Pengaruh edukasi kesehatan terhadap perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Journal of Nursing Practice and Education, 5(1), 86–92. https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i1.1444




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: