Peningkatan kapasitas pemasaran usaha berbasis digital pada kelompok ternak milenial sukses bersama
Abstract
Abstrak
Kelompok ternak milenial sukses bersama saat ini menghadapi permasalahan terkait pemasaran usaha yang masih dilakukan secara konvensional, sehingga jangkauan pasar hanya berskala lokal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran usaha kelompok ternak milenial sukses bersama berbasis media sosial marketplace facebook, instagram, dan e-commerce shopee, sehingga pemasaran usaha dapat dilakukan secara online dan memperluas jangkauan pasar. Kegiatan dilakukan dengan melibatkan kelompok ternak milenial sukses bersama secara aktif, kelompok ini diketua oleh Multazam yang beralamat di Dusun Dasan Lauk, Desa Arjangka, Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi terkait strategi pemasaran, pelatihan dan penerapan teknologi dalam pemasaran secara online, pendampingan pemasaran usaha dengan memanfaatkan media sosial dan e-commerce, serta monitoring dan evaluasi. Inovasi yang diterapkan mencakup penggunaan platform marketplace facebook, instagram, dan shopee untuk pemasaran sapi dan pakan fermentasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan kelompok ternak milenial sukses bersama terkait pemasaran berbasis digital, dimana pengetahuan meningkat sebesar 85% dan keterampilan meningkat sebesar 80%.
Kata kunci: peningkatan kapasitas; pemasaran usaha; pemasaran digital; kelompok ternak.
Abstract
The milenial sukses bersama livestock group is currently facing challenges related to conventional business marketing, which limits market reach to the local scale. This community service activity aims to develop the group’s business marketing through social media platforms such as marketplace facebook, instagram, and the e-commerce platform shopee, enabling online marketing and expanding market reach. The program was carried out with the active involvement of the group, chaired by Multazam and located in Dusun Dasan Lauk, Arjangka Village, Central Lombok Regency, with a total of 20 participants. The implementation methods included socialization on marketing strategies, training and application of online marketing technology, business marketing assistance using social media and e-commerce, as well as monitoring and evaluation. The innovations applied involved the use of marketplace facebook, instagram, and shopee to market cattle and fermented feed products. The results showed an increase in the group’s knowledge and skills in digital-based marketing, with knowledge increasing by 85% and skills by 80%.
Keywords: capacity building; business marketing; digital marketing; livestock group.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, M., Farida, A. L., Sugestie, P. F., & Prasetyo, A. (2024). Peningkatan Kapasitas UMKM Melalui Pengembangan Usaha Berbasis Digital. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1), 149–153. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15561
Budi, R., Hidayat, R., Aprianto, A., & Sadipun, M. I. (2025). Peningkatan Kapasitas Bisnis Industri Kreatif pada Manajemen Pemasaran berbasis Inovasi dan Teknologi. 2(2), 93–102. https://doi.org/10.61142/samakta.v2i2.242
Daulay, S., Maylana, M., Fitria, R., & Citra, T. (2025). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Pada Penjualan Pembibitan Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat. 4, 56–70.
Dipayanti, K., Lesmana, R., & Pratama, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat. Idea Abdimas Journal, 1(1), 1–9.
Ibadh Dwi Satyo Handika, & Asri Sulistiawati. (2021). Penggunaan Dan Pemanfaatan Internet Untuk Pertanian Dan Peranannya Terhadap Tingkat Pendapatan Petani. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(2), 233–255. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i2.811
Khairunisa, A. N., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 184–190.
Magistra, B. J., Mariana, D., Komalasari, L., Azzahara, F. D., & Rahayu, B. (2024). Optimalisasi Pendapatan Warga Melalui Pelatihan Budidaya dan Pemasaran Tanaman Cabai di Desa Sukamukti, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Toewijding: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 74–81.
Pardede, G. I. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Strategi Pemasaran Produk Skincare di era digital. 9 Januari, 4, 5.
Priyanto, R., Ramadhan, Y., & Hastuti, E. I. (2025). Peningkatan Kapasitas UMKM Melalui Pelatihan Manajemen Bisnis dan Digital Marketing. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 4(2), 114–122. https://doi.org/10.59025/r96byb74
Sahita, P. P., Kurniawan, S. P., & Roesdianto, R. (2025). Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Literasi Digital Dan Pemasaran Online Di Era Industri 4 . 0. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 5–16.
Zulfikar, R., Hartati, P., Wibowo, H. T., & Achmad, F. (2024). Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Penguatan Aspek Komunikasi Usaha Menggunakan Media Sosial Dan E-Commerce (Studi kasus pada kelompok tani di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang). 6(2), 108–125.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34104
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: