Pelatihan inovatif pengembangan media ajar interaktif berbasis genially bagi guru bahasa mandarin di Malang
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penggunaan Genially sebagai media pembelajaran interaktif serta penyusunan panduan praktis yang dapat digunakan secara mandiri. Melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR), pelatihan mencakup pengenalan fitur utama Genially, praktik pembuatan konten berbasis microsite dan gamifikasi, serta sesi refleksi dan umpan balik. Evaluasi melalui survei dan dokumentasi menunjukkan peningkatan pemahaman teknologi dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan media interaktif ke pembelajaran Bahasa Mandarin. Keberadaan booklet panduan dan forum diskusi daring memperkuat keberlanjutan hasil pelatihan. Keberadaan booklet panduan dan forum diskusi daring turut memperkuat keberlanjutan program. Kegiatan ini memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan inovasi pembelajaran dan dapat direplikasi di bidang pendidikan lainnya.
Kata kunci: pelatihan; genially; media ajar interaktif; bahasa mandarin
Abstract
This community service program aims to enhance teachers’ competence through training on the use of Genially as an interactive learning medium, along with the development of a practical guidebook for independent use. Implemented using the Participatory Action Research (PAR) approach, the training covered the introduction of Genially’s main features, hands-on practice in creating microsite- and gamification-based content, as well as reflection and feedback sessions. Evaluation through surveys and documentation indicated improvements in teachers’ technological understanding and their ability to integrate interactive media into Mandarin language teaching. The availability of the guidebook and an online discussion forum further strengthened the sustainability of the program. This initiative provides a strategic contribution to the development of innovative learning and can be replicated in other educational fields.
Keywords: training; genially; interactive teaching media; mandarin
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, Y., Ningsih, W., Zalisman, Z., Khasanah, N., Hariati, H., Asmidaryani, A., & Elmirawati, E. (2024). Pelatihan Komunikasi dan Instruksi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.35912/yumary.v5i1.2497
Astriawati, N., Santosa, P. S., Agusta, G. E., Purnomo, C., & Subekti, J. (2022). PELATIHAN EDITING VIDEO BERBASIS APLIKASI KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL GURU. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 619. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8282
Egert, F., Dederer, V., & Fukkink, R. G. (2020). The impact of in-service professional development on the quality of teacher-child interactions in early education and care: A meta-analysis. Educational Research Review, 29, 100309. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100309
Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548
Iskandar, A. (2022). Developing a Word Composition Educational Game for Young Children After the Covid-19 Pandemic. Ceddi Journal of Education, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.56134/cje.v1i2.27
Judijanto, L., Rusdi, M., & Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Pola Pikir Inovatif Siswa di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01). https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.953
Loris, H. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTRAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8762
Muyassaroh, L. U., Ventivani, A., Mardasari, O. R., El Marah, Z. I. N., Setyawan, R., & Ermawati, V. (2024). Audiovisual media innovation: Hanyu Shuzi learning solution. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 52(1). https://doi.org/10.17977/um015v52i12024p30
Nikmah, N. H., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Digital Interaktif Berbasis PowerPoint pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5251–5258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2928
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir: Tautan Tes awal dan tes akhir serta tautan media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Saylor, L. L., & Johnson, C. C. (2014). The Role of Reflection in Elementary Mathematics and Science Teachers’ Training and Development: A Meta‐Synthesis. School Science and Mathematics, 114(1), 30–39. https://doi.org/10.1111/ssm.12049
Shaquille, Tb. A. F., & Parga Zen, B. (2023). Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 252–265. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1382
Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673
Usman, J., Mawardi, M., & Husna, H. (2021). Developing the Textbook of Classroom Action Research through Participatory Action Research: Quality and Challenges. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i1.202101
Wajdi, M. F., Salsabila, U. H., Prabowo, R., & Restiyanti, A. F. (2021). The Use of Interactive Multimedia on Students’ Islamic Religious Education Learning Motivation. Interdisciplinary Social Studies, 1(3), 267–272. https://doi.org/10.55324/iss.v1i3.44
Yudhistira, S., Wahyuni, L. D., & Deasyanti, D. (2022). Literasi Digital pada Mahasiswa: Dampak Keberfungsian Keluarga dalam Mengatasi Penyalahgunaan Internet di Masa Pandemi. MAARIF, 17(1). https://doi.org/10.47651/mrf.v17i1.165
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34142
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: