Pelatihan inovatif pengembangan media ajar interaktif berbasis genially bagi guru bahasa mandarin di Malang

Galuh Bunga Usadani, Aiga Ventivani, Karina Fefi Laksana Sakti, Dhevy Olivia Firdaus

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penggunaan Genially sebagai media pembelajaran interaktif serta penyusunan panduan praktis yang dapat digunakan secara mandiri. Melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR), pelatihan mencakup pengenalan fitur utama Genially, praktik pembuatan konten berbasis microsite dan gamifikasi, serta sesi refleksi dan umpan balik. Evaluasi melalui survei dan dokumentasi menunjukkan peningkatan pemahaman teknologi dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan media interaktif ke pembelajaran Bahasa Mandarin. Keberadaan booklet panduan dan forum diskusi daring memperkuat keberlanjutan hasil pelatihan. Keberadaan booklet panduan dan forum diskusi daring turut memperkuat keberlanjutan program. Kegiatan ini memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan inovasi pembelajaran dan dapat direplikasi di bidang pendidikan lainnya.

 

Kata kunci: pelatihan; genially; media ajar interaktif; bahasa mandarin

 

Abstract

This community service program aims to enhance teachers’ competence through training on the use of Genially as an interactive learning medium, along with the development of a practical guidebook for independent use. Implemented using the Participatory Action Research (PAR) approach, the training covered the introduction of Genially’s main features, hands-on practice in creating microsite- and gamification-based content, as well as reflection and feedback sessions. Evaluation through surveys and documentation indicated improvements in teachers’ technological understanding and their ability to integrate interactive media into Mandarin language teaching. The availability of the guidebook and an online discussion forum further strengthened the sustainability of the program. This initiative provides a strategic contribution to the development of innovative learning and can be replicated in other educational fields.

 

Keywords: training; genially; interactive teaching media; mandarin


Keywords


training; genially; interactive teaching media; mandarin

Full Text:

PDF

References


Akhyar, Y., Ningsih, W., Zalisman, Z., Khasanah, N., Hariati, H., Asmidaryani, A., & Elmirawati, E. (2024). Pelatihan Komunikasi dan Instruksi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.35912/yumary.v5i1.2497

Astriawati, N., Santosa, P. S., Agusta, G. E., Purnomo, C., & Subekti, J. (2022). PELATIHAN EDITING VIDEO BERBASIS APLIKASI KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL GURU. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 619. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8282

Egert, F., Dederer, V., & Fukkink, R. G. (2020). The impact of in-service professional development on the quality of teacher-child interactions in early education and care: A meta-analysis. Educational Research Review, 29, 100309. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100309

Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548

Iskandar, A. (2022). Developing a Word Composition Educational Game for Young Children After the Covid-19 Pandemic. Ceddi Journal of Education, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.56134/cje.v1i2.27

Judijanto, L., Rusdi, M., & Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Pola Pikir Inovatif Siswa di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01). https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.953

Loris, H. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTRAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8762

Muyassaroh, L. U., Ventivani, A., Mardasari, O. R., El Marah, Z. I. N., Setyawan, R., & Ermawati, V. (2024). Audiovisual media innovation: Hanyu Shuzi learning solution. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 52(1). https://doi.org/10.17977/um015v52i12024p30

Nikmah, N. H., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Digital Interaktif Berbasis PowerPoint pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5251–5258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2928

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir: Tautan Tes awal dan tes akhir serta tautan media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Saylor, L. L., & Johnson, C. C. (2014). The Role of Reflection in Elementary Mathematics and Science Teachers’ Training and Development: A Meta‐Synthesis. School Science and Mathematics, 114(1), 30–39. https://doi.org/10.1111/ssm.12049

Shaquille, Tb. A. F., & Parga Zen, B. (2023). Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 252–265. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1382

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Usman, J., Mawardi, M., & Husna, H. (2021). Developing the Textbook of Classroom Action Research through Participatory Action Research: Quality and Challenges. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i1.202101

Wajdi, M. F., Salsabila, U. H., Prabowo, R., & Restiyanti, A. F. (2021). The Use of Interactive Multimedia on Students’ Islamic Religious Education Learning Motivation. Interdisciplinary Social Studies, 1(3), 267–272. https://doi.org/10.55324/iss.v1i3.44

Yudhistira, S., Wahyuni, L. D., & Deasyanti, D. (2022). Literasi Digital pada Mahasiswa: Dampak Keberfungsian Keluarga dalam Mengatasi Penyalahgunaan Internet di Masa Pandemi. MAARIF, 17(1). https://doi.org/10.47651/mrf.v17i1.165




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: