Sosialiasi dan edukasi pendidikan karakter anti-bullying sebagai upaya pencegahan kekerasan verbal dan fisik di SDN 9 Sembawa

Jasman Simarmata, Tien Yustini, Reny Aziatul Pebriani

Abstract


Abstrak

Kekerasan antar siswa, terutama bullying verbal dan fisik, masih menjadi permasalahan serius di berbagai lingkungan, terutama pada sekolah dasar (SD). Tindakan ini berdampak negatif dan jangka panjang pada perkembangan psikososial siswa, menimbulkan ketakutan pada korban, menurunkan prestasi belajar, serta merusak iklim sekolah yang kondusif. Melihat buruknya efek yang ditimbulkan dari kasus bullying, tentunya menimbulkan kecemasan dikalangan orangtua siswa. Rendahnya pemahaman pada siswa dan tindakan pencegahan menjadi salah satu alasan mengapa tindakan bullying terus terjadi. Melalui program KKN UIGM Palembang maka dilaksanakan sosialisasi dan edukasi pendidikan karakter anti-bullying di SDN 9 Sembawa sebagai upaya pencegahan dini.

 

Kata Kunci: sosialiasi; pendidikan karakter; bullying; sekolah dasar.

 

Abstract

Violence among students, especially verbal and physical bullying, remains a serious problem in various environments, especially in primary schools (SD). These actions have a negative and long-term impact on students' psychosocial development, causing fear in victims, reducing academic achievement, and damaging the conducive school climate. Seeing the adverse effects of bullying cases, it certainly causes anxiety among parents. The lack of understanding among students and preventive measures is one of the reasons why bullying continues to occur. Through the UIGM Palembang Community Service Programme, anti-bullying character education and awareness campaigns were conducted at SDN 9 Sembawa as an early prevention measure.

 

Keywords: socialization; character education; bullying; elementary school.


Keywords


socialization; character education; bullying; elementary school.

Full Text:

PDF

References


Andhary, M. C. (2020). Upaya Sekolah Mengatasi Bullying Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sdn 61 Bengkulu Tengah. Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu.

Andriyani, H., Idrus, I. I., & Suhaeb, F. W. (2024). Fenomena Perilaku Bullying di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1298–1303. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2176

Bete Natalia, M., & Arifin. (2023). PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING DI SMA NEGERI SASITAMEAN KECAMATAN SASITAMEAN KABUPATEN MALAKA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1),15–25. https://ejournal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/926/556

BP Rahman, A., Munandar Asri, S., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

I. M. Adnan, M. Ridwan, & V. A. Siregar. (2020). Penyuluhan_Hukum_tentang_Pemahaman_Siswa. 1, 167–173.

Jamal, N. A., Uyun, M., Isnaini, M., & Arjuni, M. (2023). Pengaruh Manajemen Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Raudhah, 8(1), 312–327.

Joshua Evan Savero, Eka Pebriyanti, Eva Apriliana, Rahmat, Muhammad Amir Jailani, & Ratna Pancawati. (2024). Sosialisasi Pencegahan Bullying Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Desa Netampin Kabupaten Barito Timur. Diteksi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.36873/diteksi.v2i1.13569

Karyanti, & Aminudin. (2019). Cyberbullying & Body Shaming (Ngalimun (ed.)). K-Media. https://www.researchgate.net/publication/347130034

Kurnia, I. (2021). Bullying (Abd. Kholiq, Ed.; 2021st ed.). Online Public Access Katalog.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Relawan, S. (2023). Sekolah Relawann. https://sekolahrelawan.org/artikel/kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Proseding Seminar Nasional Tahunan FIS Unimed, 1(1), 348.

Sukaesih. (2023). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Kemandirian Remaja di Sekolah Menengah Atas. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 1099. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i4.2133

Wulandari, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Rasa Toleransi di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2505

Yuyarti. (2018). MENGATASI BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. In Jurnal Kreatif (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16506




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: