Bridging academia and industry: model kolaborasi KKN mandiri dalam pemberdayaan masyarakat dan dunia kerja

Refi Riduan Achmad, Aditya Ramadan Anggalo, Didik Dwi Cahyo, Fenni Rahmasari, Mursalim Mursalim, Sinta Tri Rahayu, Tommy Mohammad Chadiq

Abstract


Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) skema mandiri Unit 14 UNU Kalimantan Timur dilaksanakan melalui kolaborasi dengan mitra industri dan masyarakat sebagai upaya memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan dunia kerja. Kegiatan mencakup program sosial kemasyarakatan yang melibatkan 35 peserta, serta pelatihan teknis dan keselamatan kerja (K3) yang diikuti oleh 18 karyawan mitra industri. Metode pelaksanaan meliputi pengabdian langsung, sosialisasi, dan pelatihan berbasis praktik. Evaluasi kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap materi K3, tingginya partisipasi masyarakat, serta peningkatan kompetensi sosial dan teknis mahasiswa. Kolaborasi ini berdampak positif bagi mitra melalui peningkatan kesadaran K3 dan penguatan hubungan kemitraan. Temuan ini menegaskan bahwa skema KKN mandiri efektif dalam menjembatani dunia akademik dengan kebutuhan nyata industri dan masyarakat.

 

Kata kunci: kuliah kerja nyata; pengabdian masyarakat; kolaborasi; industri; K3.

 

Abstract

The independent Kuliah Kerja Nyata (KKN) program of Unit 14 at UNU Kalimantan Timur was implemented through collaboration with industrial partners and local communities as an effort to strengthen the linkage between higher education and the world of work. The activities included community social programs involving 35 participants, as well as technical and occupational safety (K3) training attended by 18 employees from partner companies. The implementation methods consisted of direct community engagement, socialization, and practice-based training. Evaluation results indicate an improvement in participants’ understanding of K3 materials, strong community participation, and enhanced social and technical competence among students. This collaboration has provided positive benefits for partner industries through increased K3 awareness and strengthened partnership relations. These findings affirm that the independent KKN scheme is effective in bridging academic knowledge with the practical needs of industry and society.

 

Keywords: community service; community engagement; collaboration; industry; K3.


Keywords


community service; community engagement; collaboration; industry; K3.

Full Text:

PDF

References


Ainni, Nadia, R., Setiawati, I., Husniah, Al-Adawiyah, R., Nadhir, R., Noor, M. J., & Mila. (2024). Peran Aktif Mahasiswa KKN dalam Pengembangan Pendidikan di SDN 6 Telangkah. 2(4), 91–100.

Cahyani, A., Nurhaningsih, T., Karnati, N., & Rahmawati, D. (2024). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.726

Emilia, H. (2022). BENTUK DAN SIFAT PENGABDIAN MASYARAKAT YANG DITERAPKAN OLEH PERGURUAN TINGGI. 2(3), 122–130.

Marselina, A., Ismail, N., Djou, L. D. G., & Nona, F. R. (2022). Pelaksanaan Program Kerja dalam Kegiatan KKN Mandiri Universitas Flores di Kelurahan Paupire. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 210–218. https://doi.org/10.37478/mahajana.v3i3.1927

Nasution, M. D. A. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA KEDAI DURIAN.

Nasution, S., Mu’arrif, Z. I., Harahap, S. B., & Bustami, B. (2024). Efektivitas Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Di Kabupaten Pesisir Selatan. RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 58–71. https://doi.org/10.32939/rgk.v4i2.3679

Paputungan, F. (2023). Implementasi KKN sebagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan Bidang Ilmu. Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 2986–1012.

Prihartanti, W., Hinyantari, E., Rahmanto, A., Gede Suasridewi, D., Febrihapsari, M., Gayatri Kartika, M., & Gamal, A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) di Kelurahan Kalirungkut Surabaya. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.5281/zenodo.11218620

Rusdiyana, E., & Ravelino, M. R. (2025). Penguatan Nilai Ekonomi dan Sosial Budaya Masyarakat Desa Kragan melalui KKN Tematik. 9(02), 128–137.

Sahid, N. N., Hikmah, N., Prayoga, M. Dela, & Hidayat, A. (2024). Persepsi Masyarakat Tentang Program KKN dan Dampaknya terhadap Sosial Budaya Desa Kebonagung Community Perceptions of the Kkn Program and its Impact on the Socio- Culture of Kebonagung Village. 4, 24–37.

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Undang-undang RI. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Universitas Stikubank. (2023). Kolaborasi Antar Disiplin Ilmu dalam KKN: Meningkatkan Dampak Positif bagi Masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: