Pemberdayaan pemasaran produk kerajinan Bank Sampah Tri Alam Lestari melalui pelatihan komunikasi bahasa inggris

Akhmad Hairul Umam, Dinar Ajeng Kristiyanti, Paidi WS, Muhammad Fikri Hakim, Intan Febrianti Sri Astuti, Isna Nurhaliza Fairuz

Abstract


Abstrak

Tujuan dari pelatihan komunikasi dan strategi pemasaran dalam Bahasa Inggris di Bank Sampah Tri Alam Lestari adalah untuk meningkatkan kemampuan pengurus dan anggota dalam mempromosikan produk kerajinan daur ulang ke pasar yang lebih luas, termasuk pasar yang dapat diakses di tingkat internasional. Kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris untuk memperkenalkan produk, pembuatan deskripsi, caption yang menarik dan strategi komunikasi lisan dan tulisan yang efektif adalah kebutuhan yang sangat penting dalam era digital saat ini. Metode pelalatihan menggunakan pendekatan belajar melalui pengalaman (experiential learning), yang menekankan keterlibatan aktif peserta melalui ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan praktik langsung pembuatan konten pengenalan produk daur ulang bank sampah. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta lebih percaya diri dalam berkomunikasi, mulai memahami kosakata pemasaran bahasa Inggris, terampil menulis deskripsi produk yang persuasif, dan bisa menulis caption produk daur ulang. Melalui program pelatihan ini diharapkan akan menjadi langkah strategis dalam memperluas pemasaran produk kerajinan bank sampah sekaligus meningkatkan reputasi gerakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

 

Kata kunci: komunikasi pemasaran; bahasa Inggris; bank sampah; promosi produk; daur ulang.

 

Abstract

The objective of the training on communication and marketing strategies in English at Bank Sampah Tri Alam Lestari is to improve the ability of administrators and members to promote recycled craft products to a wider market, including markets that are accessible at the international level. The ability to communicate in English to introduce products, create descriptions, write interesting captions, and develop effective verbal and written communication strategies is a very important requirement in today's digital age. The training method uses an experiential learning approach, which emphasizes active participant involvement through interactive lectures, group discussions, and hands-on practice in creating content to introduce the waste bank's recycled products. The training results show that participants are more confident in communicating, beginning to understand English marketing vocabulary, skilled at writing persuasive product descriptions, and able to write captions for recycled products. This training program is expected to be a strategic step in expanding the marketing of waste bank craft products while enhancing the reputation of community-based waste management movements.

 

Keywords: marketing communication; english; waste bank; product promotion; recycling.


Keywords


marketing communication; english; waste bank; product promotion; recycling.

Full Text:

PDF

References


Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Marketing: An Introduction (13th ed.). Pearson.

Dewi, M. S., Komarudin, & Adripato. (2025). Pelatihan Pembuatan Ecobrick untuk Santri Pesantren_ Model Edukasi Lingkungan Berbasis Praktik di Tangerang Selatan. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.47709/dst.v5i1.6049

Fill, C., & Turnbull, S. (2019). Marketing Communications: Discovery, Creation and Conversations (8th ed.). Pearson.

Genisa, R. A. A., Nihaya, M., Sapan, A., Taufik, M., Yaumi, M. T. A. H., & Absri. (2025). Eco_Language_ Edukasi Bank Sampah Berbasis Literasi Bahasa dan Teknologi pada Masyarakat Desa. Journal of Training and Community Service Adpertisi (JTCSA), 5(2), 72–82.

Guntoro, Ariyanto, A., Setiawan, D., & Hamzah. (2021). Sosialisasi Website Portal Bank Sampah Universitas Lancang Kuning. International Journal of Community Service Learning, 5(3).

Khotimah, S. K., Nasruddin, Santi, H. A., An-Nafi, A. R., Aulia, S., Arifin, A. N., Hardiansyah, Muhammad, Zaini, F., Hidayatullah, M. S., Mukminin, A., Padly, A., Amin, A., Rosanti, A., Maulana, F., Jazuli, M. S., & Atiqah, A. N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Bank Sampah Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Wirittasi. Jurnal Pengabdian …, 4(4), 4266–4274. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2035

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kristiyanti, D. A., Permana, A. A., Saputri, F. R., Johan, M. E., Shabrina, N. H., Hartono, K. A., & Pranoto, R. A. (2024). Digital transformation in waste management: Enhancing financial transaction efficiency at a waste bank. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 9(3), 459–471. https://doi.org/10.26905/abdimas.v9i3.12937

Muhibbah, N., Najwa, F. L., Budiman, W. A., Pranata, P. D., Fadli, M., & Budiarti, E. M. (2025). Pengelolaan Bank Sampah sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 103–112. https://doi.org/10.33752/dinamis.v5i1.9367

Muliyah, P., Maliki, A., Habib, M., & Mufieda, J. (2023). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Bahasa Inggris Terhadap Marketing Dalam Bisnis Berbasis Digital. E-Publikasi Ilmiah Unwahas, 1(1), 430–436.

Rusdiyana, E., Sugihardjo, Setyowati, R., Widiyanto, & Lestari, E. (2024). Pemberdayaan masyarakat melalui inisiasi bank sampah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 703–719. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i3.21259

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2020). Social Media Marketing. SAGE Publications.

Widiyarto, S., & Sulastri, S. (2015). Peranan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris guna peningkatan daya saing sdm menghadapi mea (masyarakat ekonomi asean). Journal of Applied Business and Economics, 2(2), 193–201.

Yazirin, G., Margianto, & Melfazen, O. (2024). Tampilan Mengoptimalkan Peran Bank Sampah melalui Pelatihan Digital Marketing.pdf. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(4), 2474–2481.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: