Pelatihan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran interatif bagi MGMP IPA Keerom

Mariana Nensi, Cartika Candra Ledoh, Suriyah Satar, Hanida Listiani, Nurbaya Nurbaya

Abstract


Abstrak

Dalam era digital, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, tantangan yang dihadapi guru, khususnya di MGMP IPA Kabupaten Keerom, adalah keterbatasan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan teknologi digital, termasuk Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif. Dalam hal ini keterbatasan akses internet, perangkat pendukung, serta kurangnya pelatihan dan bimbingan teknis. Pelatihan penggunaan Google Sites bertujuan mengembangkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran interaktif berbasis digital. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan melibatkan 15 guru MGMP IPA di Kabupaten Keerom. Hasil capaian pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam beberapa aspek kompetensi guru. Pemahaman tentang Google Sites meningkat dari 25% sebelum pelatihan menjadi 85% setelah pelatihan. Sedangkan Kemampuan menyusun halaman dan konten pembelajaran naik dari 20% menjadi 80%. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan singkat berbasis praktik mampu meningkatkan keterampilan guru secara efektif, meskipun dalam keterbatasan waktu dan fasilitas. Dengan demikian, pemanfaatan Google Sites dapat menjadi alternatif strategis untuk mendukung pembelajaran interaktif di sekolah, serta membuka peluang bagi guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran digital.

 

Kata kunci: google sites; pembelajaran interatif; MGMP IPA.

 

Abstract

In the digital era, the use of technology in education is a necessity to improve the quality of learning. However, the challenges faced by teachers, especially in the MGMP IPA Keerom Regency, are limited understanding and skills in using digital technology, including Google Sites as an interactive learning medium. This includes limited internet access, supporting devices, and a lack of training and technical guidance. The Google Sites training aimed to develop teacher competency in designing digital-based interactive learning media. This one-day activity involved 15 MGMP IPA teachers in Keerom Regency. The training results showed a significant increase in several aspects of teacher competency. Understanding of Google Sites increased from 25% before the training to 85% after the training. Meanwhile, the ability to create learning pages and content increased from 20% to 80%. These results indicate that short, practice-based training can effectively improve teacher skills, despite limited time and facilities. Thus, the use of Google Sites can be a strategic alternative to support interactive learning in schools, as well as open opportunities for teachers to develop digital learning innovations.

 

Keywords: google sites; interactive learning; MGMP IPA


Keywords


google sites; interactive learning; MGMP IPA

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y., et al. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar IPA. EduTech Journal.

Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 1–107.

Hew, K. F., & Brush, T. (2021). Integrating technology into K-12 teaching and learning: Current knowledge gaps and recommendations for future research. Educational Technology Research and Development, 69(1), 245–268.

Kahar, F., et al. (2021). Kebijakan penguatan teknologi pendidikan di sekolah. Jurnal Kebijakan Pendidikan.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Picciano, A. G. (2019). Blended learning: Research perspectives (2nd ed.). Routledge.

Mulyani, L., et al. (2023). Pelatihan berbasis proyek dan pengaruhnya pada kualitas media pembelajaran. Jurnal Desain Pembelajaran.

Purwanto, A., et al. (2021). Tantangan implementasi TIK di daerah 3T. Jurnal Pendidikan Nasional.

Rahayu, S., Sari, D., & Nugroho, T. (2023). Pemanfaatan Google Sites dalam meningkatkan interaktivitas pembelajaran jarak jauh. Jurnal Pendidikan Digital, 5(2), 45–56.

Rhmatullah, et al. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rusli, R., et al. (2024). Efektivitas pelatihan media digital bagi guru di Papua. Jurnal Transformasi Pendidikan.

Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Utomo, S. (2023). Inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran era digital di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2548–6955.

Wijaya, H., et al. (2016). Pengembangan keterampilan abad 21 melalui integrasi teknologi. Jurnal Inovasi Pembelajaran.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3937.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: