Menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak melalui edukasi dan kreasi prakarya di Dusun Tragtag

Ni Putu Indri Septiyani, I Gede Bayu Wijaya, I Komang Widya Purnama Yasa

Abstract


Abstrak

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk nyata pengabdian mahasiswa kepada masyarakat melalui penerapan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan. Salah satu program kerja yang diangkat oleh tim KKN di Dusun Tragtag adalah kegiatan edukasi dan kreasi prakarya bagi anak-anak dengan tujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Program ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan karakter, kreativitas, dan kemandirian anak-anak dalam menghadapi tantangan masa depan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi edukasi interaktif, praktik pembuatan prakarya sederhana dari barang bekas, dan pameran mini hasil karya anak. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat dan antusiasme anak-anak dalam berkarya, serta mulai tumbuhnya pemahaman dasar mengenai nilai-nilai kewirausahaan seperti kreativitas, kerja sama, dan tanggung jawab. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk generasi muda yang produktif, mandiri, dan berjiwa wirausaha.

 

Kata kunci: kewirausahaan; anak-anak; prakarya; edukasi; pengabdian masyarakat.

 

Abstract

The Community Service Program (KKN) is a form of student dedication to society through the application of academic knowledge in real-life settings. One of the programs initiated by the KKN team in Tragtag Hamlet focused on education and creative craft activities for children, aiming to cultivate an entrepreneurial spirit from an early age. This program was driven by the importance of developing children's character, creativity, and independence in facing future challenges. The methods used included interactive education, hands-on creation of simple crafts using recycled materials, and a mini exhibition of the children's work. The results showed an increase in children's interest and enthusiasm for crafting, along with a growing understanding of basic entrepreneurial values such as creativity, collaboration, and responsibility. This activity is expected to serve as a starting point in shaping a productive, independent, and entrepreneurial young generation.

 

Keywords: entrepreneurship; children; crafts; education; community service.


Keywords


entrepreneurship; children; crafts; education; community service.

Full Text:

PDF

References


Astuti, A., Karno, E., & Rizal. (2022). Implementasi pendidikan prakarya dan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Pacitan.

Badriyah, N., Wahyudi, S. T., & Radeetha. (2023). Fostering entrepreneurial spirit through Edupreneur approach in children education. Jurnal Karya Abdi.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, dan Mempraktikkan Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga

Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. Penguin Books.

Isnaini, M., Yulihendri, C., Aulia, D., & Alisha, W. P. (2022). Project based learning: Upaya menumbuhkan jiwa entrepreneurship siswa pada pembelajaran prakarya. Jurnal Manaruko,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Modul Kewirausahaan untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: Kemendikbud

Maulana, H., Puteri, D.H., et al. (2023). Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Sejak Dini kepada Murid Sekolah Dasar Melalui Program Belajar Mengajar Mengenai Jual Beli dan Promosi. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat.

Nuraeni, Y.A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha: Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN)

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha pada Anak Sejak Dini melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA

Purwanto, A. (2019). Kewirausahaan Kreatif: Mengubah Ide Menjadi Usaha Menguntungkan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Ramadanti, V.N., Sari, M., Khadijah, L., Nugraha, D. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Berwirausaha Peserta Didik melalui Pembelajaran Prakarya di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: