EVALUASI KIRCKPATRICK’S PELATIHAN PENGELOLAAN KAMPUNG KB

Wartiningsih Wartiningsih

Abstract


Salah satu bentuk kegiatan prioritas yang sesuai dengan instruksi Presiden RI adalah Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Hal ini sebagai bentuk investasi Program Keluarga Berencana yang kemanfaatannya secara langsung diterima masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pelatihan Pengelolaan Kampung KB. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah empat tahapan Kirkpatrick. Metode pengumpulan data dengan survey online, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan pengambilan data pada bulan November 2019. Hasil penelitian adalah: (a) Peserta memiliki reaksi yang positif dengan memberi penilaian pada kategori “cukup puas” terhadap fasilitator dan penyelenggaraan; (b) hasil penilaian learning evaluation yang terdiri dari penilaian post test (pengetahuan), sikap, dan keterampilan mencapai 76,68 dalam kategori “baik”; (c)  Adanya kenaikan pemahaman materi dengan rerata kenaikan 1,22; (d) Pada tahap hasil menunjukkan 64, 79% kegiatan rencana tindak lanjut sudah dapat dilaksanakan, sedangkan 35,21% belum dapat dilaksanakan oleh peserta. Rekomendasi hasil penelitian ini yaitu: (a) Perlunya monitoring evaluasi untuk pembinaan dan keberlangsungan program; (b) Sarana dan prasarana perlu ditingkatkan untuk menjaga kualitas; (c) Anggota pokja lain memerlukan pelatihan pengelolaan Kampung KB; (d) Peserta pelatihan masih membutuhkan dukungan/ pendampingan.

 


Keywords


evaluasi Kirckpatrick’s; Kampung KB.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C. (2015). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryati, T., Supriyono, & Ishaq, M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1–13.

BKKBN. (2015). Juknis Kampung KB. Retrieved from BKKBN

BKKBN. (2017). Perangkat Diklat Teknis Kampung KB. Jakarta: Pusdiklat KKB BKKBN.

Farokhah, Lia; Ahda, Fadli; Riska, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Desain Prototipe Aplikasi Menggunakan Proto IO untuk Menumbuhkan Minat Pembelajaran Pemograman di SMK Nasional Malang, 3(November), 46–52.

Istiyani, N. M., & Utsman, U. (2020). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6. doi:10.19184/jlc.v3i2.16810

Jamil, Z. A. (2020). Evaluasi Program Ma’had Aljamiah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penerapan Model CIIP dan DEM). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 41–50.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Murniasih, T. R., Hariyani, S., & Ferdiani, R. D. (2019). Pelatihan Penggunaan Buku Saku Untuk Membangun Minat Belajar Siswa Smp. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 96. doi:10.31764/jpmb.v3i1.1182

Muryadi, A. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 1–16.

Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. doi:10.31571/edukasi.v18i1.1644

Shodiq, M., & Hudalil, A. (2021). Efektivitas program pelatihan peningkatan kompetensi teknis penyuluh KB dengan menggunakan model evaluasi EKO2P ( The effectiveness of the training program to increase the technical competence of family planning instructors using the EKO2P evaluation mode, 1(1), 1–11. doi:https://doi.org/10.35912/jiw.v1i1.87

Sofyan, S., Setiyadi, B., Harlina Harja, & Sari, S. R. (2020). Pelatihan Penyusunan Tata Kerja Dan Analisis Evaluasi Program Kegiatan Sekolah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 417–425. doi:10.31949/jb.v1i4.465

Sugiyo, Y. K., Zulfika, S., & Widayanti, W. (2018). Evaluasi Program Webinar (Web-Based Seminar) Parenting Education Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Media Digital Dalam Mendidik Generasi Z di Kota Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 17. doi:10.31331/sece.v1i2.719

Widoyoko, E. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: