PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) GURU DI KOTA PALEMBANG PADA ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU
Abstract
ABSTRAK
Pada era adaptasi kebiasaan baru, sistem pengajaran di sekolah berubah dari sistem luring (luar jaringan) menjadi sistem daring (dalam jaringan). Saat ini teknologi merupakan media utama untuk melakukan kegiatan pengajaran. Perubahan yang terjadi pada sistem pengajaran ini terjadi dengan cepat sehingga sebagian besar guru tidak siap dalam menghadapi perubahan tersebut. Sementara itu, guru dituntut untuk memiliki kompetensi karena kompetensi tersebut akan berhubungan dengan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui cara peningkatan kompetensi guru SMA di Kota Palembang dalam melakukan pengajaran khususnya yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi pada era adaptasi kebiasaan baru. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dengan cara sosialisasi melalui presentasi dan diskusi interaktif. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah guru SMA di Kota Palembang sebanyak 25 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman guru terhadap pentingnya penguasaan kompetensi pada era adaptasi kebiaasaan baru khususnya kompetensi yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi dimana saat ini sistem pengajaran lebih banyak menggunakan sistem daring.
Kata kunci: kompetensi guru; teknologi informasi; adaptasi kebiasaan baru.
ABSTRACT
In the era of adapting to new habits, the teaching system in schools has changed from an offline system to an online system. Currently, technology is the main medium for teaching activities. Changes that occur in this teaching system occur quickly so that most teachers are not ready for these changes. Meanwhile, teachers are required to have competencies because these competencies will be related to the teaching and learning process and student learning outcomes. The purpose of this community service activity is to find out how to increase the competence of high school teachers in Palembang City in conducting teaching, especially those related to the use of information technology in the era of adaptation to new habits. The method of implementing this service activity is using socialization through presentations and interactive discussions. The target audience for this activity is 25 high school teachers in Palembang City. The result of this community service activity is an increase in teachers' understanding of the importance of mastering competencies in the era of new adaptation habits, especially competencies related to the use of information technology where currently the teaching system uses more online systems.
Keywords: teacher competence; information technology; adaptation of new habits.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher’s Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science. https://doi.org/10.30596/ijems.v1i2.4590
Ardiana, I. D. K. R., & Brahmayanti, I. A. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 42–55. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp.42-55
Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, -. (2014). IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU SEBAGAI CERMINAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI KABUPATEN SUMEDANG. Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362
Glaesser, J. (2019). Competence in educational theory and practice: a critical discussion. Oxford Review of Education. https://doi.org/10.1080/03054985.2018.1493987
Hr, S., Luddin, R., & Wibowo, . (2020). The Effect of Compensation, Competency and Job Satisfaction toward Performance of Lecture in Wiralodra Universiti of Indramayu. https://doi.org/10.5220/0009506607890797
Kuruba, M., & Kuruba, M. (2019). Competency Management. In Role Competency Matrix. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7972-7_3
Ley, T., Ulbrich, A., Scheir, P., Lindstaedt, S. N., Kump, B., & Albert, D. (2008). Modeling competencies for supporting work-integrated learning in knowledge work. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/13673270810913603
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2010). Human Resource Management. In Workforce (Vol. 46). https://doi.org/10.1055/s-0030-1270560
Nurtanto, M. (2014). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Safiah, I. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 2, 126- 134.
Saragih, A. H. (2008). KOMPETENSI MINIMAL SEORANG GURU. JURNAL TABULARASA, 5(1), 23–34.
Suhandani, D., & Kartawinata, J. (2014). IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU SEBAGAI CERMINAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI KABUPATEN SUMEDANG (KAJIAN PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK). Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.874
Vathanophas, Vichita; Thai-ngam, J. (2007). Competency Requirements for Effective Job Performance in The Thai Public Sector. Contemporary Management Research.
Werdayanti, A., & Belakang, L. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434
Zen, M. K., & Farla, W. (2015). PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA (Studi Kasus Guru SMAN 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir). Proceeding Sriwijaya Economic and Busimess Conference, 1, 1–9.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: