PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN LINKTREE DAN MICROSOFT KAIZALA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU

Farida Fitriani, Muzakkir Muzakkir, Endah Resnandari Puji Astuti, Agus Jayadi, Sony Gunawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring yang mudah dan efisien dengan menggunakan media Linktree dan Microsoft Kaizala untuk menunjang pembelajaran daring. Metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian ini yakni pelatihan pemanfaatan media pembelajaran secara partisipatif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun teknik pelaksanaan program ini akan dilakukan secara tim. Tim dosen tersebut ditugaskan untuk mendampingi guru-guru agar pelaksanaan pelatihan agar berjalan secara optimal. Program ini dilaksanakan di SMPN 12 Mataram dengan seluruh guru. Adapun hasil pengabdian pelatihan pemanfaatan media pembelajaran sebagai berikut  (1) Guru aktif mengikuti proses pelaksanaan program pelatihan tersebut, (2) Guru memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran, (3) Peningkatan inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran yang efektif dan efisien.

 

Kata kunci: daring; linktree; media pembelajaran; microsoft kaizala

 

ABSTRACT

The purpose of this training is to improve the understanding and ability of teacher to carrying out easy and efficient online learning by using Linktree and Microsoft Kaizala media to support online learning. The method that will be used in this program is training in the use of leaning media in a participatory with the stages of preparation, implementation, and evaluation. The technique for implementation this program is will be carried out in a team. The team is lecturers assigned to assist the teachers so that the training implementation runs optimally. This program will be implementation at SMPN 12 Mataram with all teachers. The results of this program are (1) teachers actively participate in the process of implementing the training program, (2) the teachers have understanding and ability to use and utilize learning media, and (3) increasing teachers innovation and creativity in teaching by utilizing effective and efficient leaning media.

 

Keywords: linktree; in the network; intructional media; microsoft kaizala


Keywords


linktree; in the network; intructional media; microsoft kaizala

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2012). Media Pembelajaran. Yumna Pustaka.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Balkist, P. S., Nurcahyono, N. A., Lukman, H. S., Setiani, A., Agustiani, N., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Kaizala Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika Di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 1 (2021): Februari), 55–64. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/downloadSuppFile/3235/772

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Ngurah, I. G., & Handayana, Y. (2019). PROGRAM STUDI FISIKA FMIPA UNIVERSITAS MATARAM sesuai dengan konsep. 2, 37–41.

Sumiharsono, R., Hasanah, H., Ariyanto, D., & Abadi, P. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi. https://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ

Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: