PELATIHAN PENGGUNAAN ANYFLIP UNTUK PENYUSUNAN E-BOOK BAGI GURU MGMP EKONOMI KABUPATEN BANGKALAN
Abstract
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran tingkat pendidikan SMA dilaksanakan dari rumah atau pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan analisis survei yang telah dilakukan pada kelompok guru MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Bangkalan dapat ditemukan fakta bahwa kurangnya keahlian guru dalam menggunakan teknologi terutama mengembangkan bahan ajar jarak jauh yang dapat membuat suasana belajar menyenangkan dan dapat dipahami oleh peserta didik. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengadakan pelatihan penggunaan AnyFlip untuk penyusunan e-book dalam rangka optimalisasi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Metode yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan, sosialisasi, pelaksanaan pelatihan serta pendampingan dan evaluasi. Dari hasil pelaksanaan pelatihan didapatkan bahwa penyusunan e-book berbasis AnyFlip sangat mudah diaplikasikan oleh guru MGMP Ekonomi Kabupaten Bangkalan dengan peserta rata-rata berusia 44 tahun dan rata-rata mengajar selama 17 tahun. Sehingga sebanyak 57,1% menyatakan sangat setuju dan 42,9% menyatakan setuju bahwa pelatihan penyusunan e-book AnyFlip dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para guru dalam menyusun bahan ajar berbasis teknologi agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peserta pelatihan yaitu guru MGMP Ekonomi Bangkalan mengharapkan adanya pelatihan lanjutan yang berkesinambungan seperti pelatihan media pembelajaran interaktif agar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sehingga dengan adanya pelatihan akan meningkatkan soft skill para guru.
Kata kunci: anyFlip; e-book; MGMP ekonomi kabupaten Bangkalan; pelatihan
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has resulted in high school education level learning being carried out from home or distance learning. Based on the survey analysis that has been conducted on the MGMP Economics teacher at Bangkalan High School, it can be found that there is a lack of teacher expertise in using technology, especially developing distance teaching materials that can make the learning atmosphere fun and understandable by students. The solution that can be offered to overcome these problems is by holding training on the use of AnyFlip for the preparation of e-books in the context of optimizing distance learning during the Covid-19 pandemic. The method is carried out in several stages, namely preparation, socialization, implementation of training as well as evaluation and monitoring. From the results of the training, it was found that the preparation of the AnyFlip-based e-book was very easy to apply by the MGMP Economics teacher at Bangkalan High School with an average participant of 44 years old and an average of 17 years of teaching. So as many as 57.1% strongly agree and 42.9% agree that the AnyFlip e-book preparation training can improve the knowledge and skills of participants in compiling technology-based teaching materials which are later expected to improve student learning outcomes. The training participants, namely the Bangkalan Economics MGMP teacher, hoped that there would be continuous follow-up training such as interactive learning media training to increase students' interest in learning. So that with the training, it will improve the soft skills of teachers.
Keywords: anyFlip; e-book; economics teacher at Bangkalan high school; training
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Latip. (2020). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Andi, P. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. In Diva Press.
Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesians Policy Studies, 19(2).
Dewi, D. R., & Rohayati, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 01(01).
Handayati, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DENGAN MEMANFAATKAN FITUR RUMAH BELAJAR PADA PADA MATA PELAJARAN IPA. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4). https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61
Hasan, M. F. (2018). Pengembangan E-Book Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Berbasis LCDS Pada Materi Sumber Daya Energi untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta didik. Digilib Unila. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54500
Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1). https://doi.org/10.26877/JP3.V6I1.7296
Nabilah. (n.d.). PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL ANYFLIP PADA MATERI MENGANALISIS LIMBAH BUSANA SUB TEMA OUTER ORIGAMI RABBIT ZERO WASTE | Jurnal Tata Busana. Retrieved August 8, 2021, from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/40427
Prawiyogi, Anggi Giri, D. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar.
Raihan, S. (2021). Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidiikan Publikasi, 11(1).
Rohayati, irma fitriani dan suci. (2019). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN Irma Fitriani. Jurnal Pendidikan Akuntasi, 7(1).
Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.128
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1.
Ulandari, F. S., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMAN BALUNG. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 7(1). https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7220
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(6), 2015. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/7857
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI KVSOFT FLIPBOOK DAN WEB ANYFLIP DI SMP NEGERI 41 PADANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.36341/JPM.V4I3.1865
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: