PENDAMPINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI KADER AISYIYAH RANTING NGADIREJO PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Ranting Aisyiyah Ngadirejo Kartasura telah menyelenggarakan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi ibu-ibu jamaah pengajian. Sebelum pandemi ada 4 kelompok belajar yaitu kelompok Al-Hidayah, Al-Hidayah Klinggen, Al-Fadhilah, dan Pucangan. Namun, saat pandemi Covid-19 kelompok belajar ini berhenti. Survei terhadap peserta menunjukkan adanya ibu-ibu yang belum mahir membaca Al-Qur’an, maka pembelajaran perlu dilanjutkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk (1) meningkatkan partisipasi ibu-ibu anggota Aisyiyah Ngadirejo Kartasura dalam penyelengaraan kelompok belajar Al-Qur’an di masa pandemi dan (2) meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar dan lancar bagi ibu-ibu Aisyiyah Ngadirejo Kartasura. Solusi yang ditawarkan adalah pendampingan belajar membaca Al-Qur’an dalam kelompok-kelompok kecil dengan metode iqra. Kegiatan ini dilaksanakan melalui 8 tahap, yaitu eksplorasi, analisis kebutuhan, penyusunan program, sosialisasi pendataan peserta, pembentukan kelompok belajar, pendampingan belajar, dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan selama 8 bulan sejak September 2020-April 2021. Hasil pengabdian ini adalah (1) Ditinjau dari kerjasama, program ini dapat mempererat kerjasama antara Universitas Muhamamdiyah Surakarta, PRA Ngadirejo, dan TPA Al-Hidayah. (2) Ditinjau dari proses penyelenggaraan kegiatan belajar Al-Qur’an ini telah berhasil menyelenggarakan 2 kelompok belajar yaitu Al-Fadhilah dan Al-Hidayah dengan protokol kesehatan. (3) Ditinjau dari peningkatan kemampuan peserta, program ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam membaca Al-Qur’an, yakni meningkatnya jilid iqra dan surat Al-Qur’an yang dipelajari.
Kata Kunci: kelompok belajar Al-Qur’an; anggota Aisyiyah; metode iqra; pandemi covid-19
ABSTRACT
Ranting Aisyiyah Ngadirejo Kartasura has organized learning to read the Qur'an for mothers of recitation congregations. Before the pandemic there were 4 study groups, namely the Al-Hidayah, Al-Hidayah Klinggen, Al-Fadhilah, and Pucangan groups. However, during the Covid-19 pandemic this study group stopped. The survey of participants showed that there were mothers who were not proficient at reading the Qur'an, so learning needed to be continued. This community service activity aims to (1) increase the participation of women members of Aisyiyah Ngadirejo Kartasura in organizing Al-Qur'an study groups during the pandemic and (2) improve the ability to read the Koran correctly and fluently for mothers. Aisyiyah Ngadirejo Kartasura. The solution offered is mentoring in learning to read the Qur'an in small groups using the iqra method. This activity was carried out through 8 stages, namely exploration, needs analysis, program preparation, socialization of participant data collection, formation of study groups, study assistance, and evaluation. The activity was carried out for 8 months from September 2020-April 2021. The results of this service were (1) In terms of collaboration, this program could strengthen cooperation between the Muhammadiyah University of Surakarta, PRA Ngadirejo, and TPA Al-Hidayah. (2) Judging from the process of organizing this Al-Qur'an learning activity, it has succeeded in organizing 2 study groups, namely Al-Fadhilah and Al-Hidayah with health protocols. (3) In terms of increasing the ability of participants, this program can improve the ability of participants in reading the Qur'an, namely increasing the volume of iqra and the letters of the Qur'an that are studied.
Keywords: Al-Qur’an study group; Aisyiyah members; iqra method; Covid-19 pandemic
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, B., Bonso, H., & Samsiah. (2021). Pembinaan Metode Belajar dari Rumah bagi Wali Murid SD Yapis 2 Biah pada Masa Pandemik Covid-19. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 374–380.
Fatimah, Nuraini dan Main Sufanti. (2013a). Pager bagi ‘Aisyiyah Ranting Ngadirejo Kartasura tentang Pengarsipan dan Pemetaan Anggota sebagai Bentuk Penyelenggaraan Tertib Administrasi dan Pengelolaan organisasi yang Solid. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fatimah, Nuraini dan Main Sufanti. (2013b). Peningkatan Kemampuan membaca Al-Quran Anggota Aisyiyah Ranting Ngadirejo Kartasura. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Surakarta: LPPM Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290
Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1), 52. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2630
Kartikawati, E., & Mayarni, M. (2021). Edukasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Kelompok Aisyiah Ranting Kukusan Depok. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 650–653. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5182
Kelurahan Ngadirejo. (2017a). Profil Kelurahan Ngadirejo. http://kelurahan-ngadirejo.blogspot.co.id. Diunduh pada tanggal 10 Februari 2017.
Kelurahan Ngadirejo. (2017b). Monografi. http://kelurahan-ngadirejo.blogspot.co.id. Diunduh pada tanggal 10 Februari 2017
Nafiah, N., Ghufron, S., & Hartatik, S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid 19 Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 540. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4324
Permana, I., & Rizqi, M. A. (2021). Peningkatan Kapasitas Pendamping dalam Deteksi Dini Masalah Kesehatan Mental Mahasoswa Unires UMY. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Berkemajuan, 4(2), 52–55.
Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. (2012). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tamah ‘Aisyiyah. Yogyakarta.
Rachmadi, T. R., Wakhid Yuliyanto, Nurhayatun, & Ari Waluyo. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Penularan COVID-19 Melalui Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pasar Rantewringin, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 126–136. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.503
Sadiah, Maya, R., & Wahidin, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamata Dramaga Kabupaten Bogor. ProsA PAI (Prosiding Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam), 1, 1–18.
Sauri, S., Amri, N., Jumadi, A., Najwa, S., & Hapsah, S. (2021). Implementasi Metode Iqra ’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. 1(1).
Subhan, & Ningsih, F. (2020). Analisis Efektifitas Metode Iqro dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Siswa SD. Jurnal Pendidikan IPS, 10(2), 121–127.
Subir, M. S. (2019). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa SMP Model Al-Iatiqomah. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 12(2), 104–120.
Sufanti, Main. (2013). Istiqomah: Modal pengelolaan TPA, dalam Majalah Bumayya, Edisi April 2013. Sukoharjo: Badan Koordinasi TPQ Kartasura.
Sufanti, Main, Ihsanudin, Muhammad dan Hidayah, Irfan. (2017). Rintisan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran bagi Kader ‘Aisyiyah Ranting Ngadirejo, Kartasura. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat Pengembangan Individual Dosen, Desember, 2017.
Suryanto, Joko. (2016). Strategi Dakwah Kultural Muhammadiyah dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Masyarakat (Studi Empirik Pengurus Ranting Muhammadiyah Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura Tahun 2016), Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wahid, A., Muslimah, S. R., Mahyona, V., & Marlinae, L. (2021). Penyuluhan Kesehatan Masyarakat: Pengetahuan Mengenai BABS, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, dan Covid-19. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Berkemajuan, 4(3), 717–722.
Yahya, K., D.A, L., Hapsari, N., S.N., A., Nuryasin, M., Bahirah, A., … Deddt, M. (2019). Pemberantasan Buta Huruf Al-Qu ’ ran Masyarakat Bangunrejo melalui Metode Iqra. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 17–19.
Zulfitria, & Arif, Z. (2019). Penerapan Metode Iqro sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an di TK Hiama Kids. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 57–66.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: