PENGENALAN KODE ETIK PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN MAKALAH

Noer Saudah, Yuni Susilowati, Nurul Hikmah, Rina Rohayu, Risna Zubaidah, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang jenis-jenis dan susunan karya tulis ilmiah, pedoman penulisan karya tulis ilmiah, dan penelusuran database pengindeks sebagai sumber referensi. Kegiatan workshop ini dilakukan secara luring di Akademi Dakwah Indonesia Provinsi NTB dengan peserta berjumlah 10 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan angket skala Likert 5 option yang berisi lima pernyataan positif. Hasil evaluasi menunjukkan  bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah disampaikan rata-rata sebesar 85,2%. Pemahaman tentang karya ilmiah yang telah diperoleh semoga dapat diterapkan di masa mendatang guna menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan bermutu.

 

Kata kunci: kode etik publikasi; karya tulis ilmiah; menyusun makalah

 

ABSTRACT

This activity aims to improve students' understanding of the types and arrangements of scientific papers, guidelines for writing scientific papers, and tracing indexing databases as reference sources. This workshop activity was conducted offline at the Indonesian Dawah Academy of NTB Province with 10 participants. Evaluation of activities is carried out using the Likert 5 option scale questionnaire which contains five positive statements. The evaluation results showed that the level of student understanding of the material that has been delivered is on average 85,2%. Understanding of scientific work that has been obtained hopefully can be applied in the future to produce quality and quality writing

 

Keywords: code of ethics of publications; scientific papers; drafting papers


Keywords


code of ethics of publications; scientific papers; drafting papers

Full Text:

PDF

References


Ardianto, A. (2018). Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Mahasiswa (Suatu Kajian dengan Pendekatan Analisis Wacana). Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1). https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.601

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192.

Juniarti, Y. (2019). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). In Deepublish Publisher (p. 66).

Lilis Amaliah Rosdiana. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) Pada Karya Ilmiah Mahasiswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58

Nastiti, A., & Yuliarti, Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Makalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v3i2.1083

Nugroho, R. D., Suryawati, C. T., & Zuliastutik, H. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Jepang Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 193–209. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15508

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIPi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sukarma, I. K., Prayogi, S., Muliadi, A., Firdaus, L., Samsuri, T., Mirawati, B., Sabda, D., Prasetya, B., & Karmana, I. W. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ). Jurnal Lumbung Inovasi, 2(1), 68–71.

Supianti, I. I. (2018). Mendeley Sebagai Alat Bantu Dalam Penyusunan Referensi Artikel. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop “Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah,” 168–177.

Syaharuddin, Mandailina, V., Pramita, D., Rahmaniah, R., Rosada, & Negara, H. R. P. (2021). Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen Melalui Workshop Managemen Software Mendeley. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–13.

Syaharuddin, S., Mandailina, V., Saddam, S., Negara, H. R. P., Satriawan, R., & Ibrahim, M. (2021). Minimalisasi Tingkat Plagiat Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Workshop Software Plagiarism Checker X. Bakti Cendana, 4(1), 62–67.

Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 35–43. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp35-43

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., Parlina, I., Kurniadi, F., Dr. Syaikhul Falah, SE., M. S., & Munawwaroh Zahrotul. (2018). Menyusun Makalah yang Baik dan Benar. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–18.

Yudhyarta, D. Y., Susanti, E., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.338




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: