PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA

Khairunnisak Nur Isnaini, Dina Fajar Sulistiyani, Zezya Ramadhany Kharisma Putri

Abstract


ABSTRAK

Penyajian informasi atau berita yang menarik, kreatif, dan informatif merupakan salah satu modal untuk menciptakan informasi yang mudah di terima oleh pembaca salah satunya guru-guru di sekolah. Tujuan pengabdian masyrakat yang dilakukan adalah menumbuhkan rasa kreativitas dan terciptanya inovasi terutama dalam pembuatan media pembelajaran. Pelatihan penggunaan Canva yang diberikan kepada Bapak dan Ibu Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Rabak, Purbalingga. Metode yang dilakukan adalah demonstasi dengan mempraktikkan secara langsung melalui Zoom Meeting. Materi yang diberikan antara lain pembuatan akun, penggunaan template yang tersedia hingga pengaturan penggunaan elemen yang ada untuk penunjang materi yang akan dibuat ke dalam slide. Hasil kegiatan pengabdian yaitu para peserta mempraktikkan langsung sesuai arahan modul pelatihan. Evaluasi kegiatan yang dilakukan yaitu pembagian kuisioner dengan beberapa indikator yaitu kemudahan penggunaan, kejelasan materi yang disampaikan, dan manfaat yang dirasakan oleh peserta. Pelatihan ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahun bagi para guru khususnya dalam menambah referensi cara penyampaian bahan ajar yang menarik dan mudah diterima oleh siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu adanya pelatihan berkelanjutan agar para guru dapat memaksimalkan ilmu yang telah disampaikan.

 

Kata kunci: canva; desain; infografis; presentasi.

 

ABSTRACT

Presentation of information or news that is interesting, creative, and informative is one of the capitals to create information is easily accepted by readers, one of which is teachers in schools. The purpose of community service to foster a sense of creativity and create innovation, especially in the manufacture of learning media. Training on the use of Canva given to the teachers of Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Rabak, Purbalingga. The method used demonstration by practicing directly through Zoom Meetings. The materials provided include account creation, use of available templates to setting the use of existing elements to support the material to be made into slides. The results of the service activities are that the participants practice directly according to the directions of the training module. The evaluation of the activities carried out was the distribution of questionnaires with several indicators, namely ease of use, clarity of the material presented, and the benefits felt by participants. This training can add insight and knowledge for teachers, especially in adding references to how to deliver teaching materials that are interesting and easily accepted by students. Suggestions that can be given are continuous training so that teachers can maximize the knowledge that has been conveyed.

 

Keywords: canva; design; infographic; presentation.


Keywords


canva; design; infographic; presentation.

Full Text:

PDF

References


Bayu, D. J. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. Retrieved January 5, 2021, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta

Kurniasih, N. (2016). Infografis. Prosiding Makalah Seminar Nasional “Komunikasi, Informasi Dan Perpustakaan Di Era Global, 456–465. https://doi.org/10.31227/osf.io/5jh43

Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018 “Dunia Pendidikan Dalam Perubahan Revolusi 4.0,” 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20

Miftah, M. N., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2016). Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 87. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11635

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Profil MIM Rabak. Retrieved August 15, 2021, from https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=60710545

Susanti;, F. I., & Supatmo; Rahina Nugrahani. (2018). Arty : Jurnal Seni Rupa INFOGRAPHIC DESIGN AS INFORMATION MEDIA OF WONOLOPO TOURIST VILLAGE. 7(7), 1–10.

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TINGKAT SMK DI SMKN 1 GUNUNG PUTRI BOGOR. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: