PENDAMPINGAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) MELALUI PELATIHAN "TUBAR CLING & HERBAL" DI PKBM TUNAS BARU KARAWANG

Ratna Sari Dewi, Ika Rizqi Meilya

Abstract


ABSTRAK

Lemahnya keterserapan tenaga kerja dapat diatasi salah satunya yaitu melalui kewirausahaan. Salah satu pendidikan yang mendukung dalam konteks ini adalah pendidikan vokasi yang berfokus kepada Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Pegabdian kepada masyarakat ini ditunjukkan untuk melakukan Pendampingan Pogram Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Melalui Pelatihan Keterampilan "Tubar Cling & Herbal" di PKBM Tunas Baru Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melalui tiga tahapan yaitu tahap dialogis dengan pendekatan pendidikan orang dewasa, tahap peningkatan kemampuan pengelola melalui partisipastif model diskusi, dan tahap penguatan. Hasil dari kegitan pendampingan ini menunjukkan hasil yang sangat positif dan terdapat indikator-indikator yang menyatakan kegiatan ini mengalami keberhasilan. Adapun indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan pelaksanaan kegiatan yang baik, dapat menanamkan mindset baru kepada warga belajar dan peningkatan hasil dari pelaksanaan PKW di PKBM.

 

Kata kunci: pengangguran; kewirausahaan; PKBM

 

ABSTRACT

One of the approaches to overcome the weak point of exertions absorption is through entrepreneurship, and the supporting educations in this context is vocational education which focuses on Entrepreneurial Skills Education (PKW). This provider to the community is shown to offer mentoring for the Entrepreneurial competencies schooling software (PKW) thru the "Tubar grasp & herbal" skills training at PKBM Tunas Baru, Karawang Regency. The method used in this provider is through 3 ranges, specifically the dialogical level with an grownup education method, the level of growing the capability of managers via participatory dialogue models, and the strengthening degree. The consequences of this mentoring hobby showed very tremendous consequences and there had been indicators mentioning that this activity was successful. The signs of success are shown by means of the implementation of excellent sports, being capable of instill a new mindset within the mastering network and increasing the effects of PKW implementation in PKBM.

 

Keywords: unemployment; entrepreneurship; PKBM


Keywords


Pengangguran, Kewirausahaan, PKBM

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Agustina, T. S. (2015). Kewirausahaan Teori dan Penerapan pada wirausaha dan UKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

BPS. (2020). Presentase Usia Muda (15-24 Tahun) Yang sedang tidak Sekolah, Bekerja atau mengikuti pelatihan (persen) 2018-2020. Retrieved September 26, 2021, from https://www.bps.go.id/indicator/6/1186/1/persentase-usia-muda-15-24-tahun-yang-sedang-tidak-sekolah-bekerja-atau-mengikuti-pelatihan.htm

Ditjen Diksi Luncurkan Program PKK dan PKW 2021 | Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2022). Retrieved Januari 04, 2022, from https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/ditjen-diksi-luncurkan-program-pkk-dan-pkw-2021

Indonesia | Data. (2022). Retrieved Januari 7, 2022, from https://data.worldbank.org/country/indonesia?view=chart

Minniti, M. (2008). The Role of Government Policy on Entrepreneurial Activity: Productive, Unproductive, or Destructive?. Entrepreneurship Theory and Practive. Baylor University, Texas.

Ramadhan, S. W., Rusli, B., & Karlina, N. (2022). Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Pada Lembaga Pendidikan Nonformal di Kota Bandung (Studi Kasus LKP Karya Duta). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 1(8), 595-608.

Statistik, B. P. (2022). Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/05/1816/agustus-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-49-persen.html




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: