WORKSHOP DAN STRATEGI IMPLEMETASI E-COMMERCE PADA UKM MANUFAKTUR MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN E-BUSINESS DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Kurang optimalnya penggunaan e-business oleh pelaku UKM dalam pemasaran dan penjualan online karena belum mengoptimalkan peran e-business dan juga membutuhkan tips untuk menggunakannya. Berkembangnya pandemi telah memberikan tantangan supaya tetap bertahan karena adanya pembatasan secara fisik sehingga merubah pola bisnis pelaku usaha. Oleh karena itu, e-business bisa digunakan agar bisnis tetap berkelanjutan. Kegiatan ini bermitra dengan usaha Elbarkah bersama dengan tiga belas pelaku UKM lainnya. Webinar ini bertujuan untuk diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pelaku usaha terkait dengan pemanfaatakn teknologi e-business secara maksimal untuk dapat meningkatkan penjualan pada kondisi pandemi Covid-19. Webinar dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan diskusi secara langsung antara para UKM Pelaku Usaha dengan narasumber. Materi yang diberikan berupa peluang saat menggunakan e-business guna menjawab adanya tantangan selama pandemi. Pemateri memberikan pemahaman dari perubahan dunia juga pada teknologi. Hal ini mengubah pola konsumen dalam membeli produk, berawal dari membeli langsung ke toko kemudian konsumen mengubah polanya dengan memanfaatkan smarthphone pada berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pelaku usaha melakukan transformasi bisnis namun terkendala karena berjualan secara offline, sedangkan platfom e-commerce dapat digunakan. Setelah webinar selesai, peserta mengisi evaluasi yang disediakan. Hasilnya adalah 64% diantaranya merasakan adanya kesesuaian antara pelatihan dengan tujuan peserta dan 50% lainnya merasakan adanya manfaat pada pekerjaannya. Sedangkan 50% lainnya menyatakan penyampaian materi baik dan mudah dipahami. Terakhir, 64% peserta menyatakan pemateri memberikan respon yang baik.
Kata kunci: teknologi informasi; e-business; e-commerce
ABSTRACT
The less optimal use of e-business by SMEs in online marketing and sales has not optimized the role of e-business and also requires tips for using it. The development of the pandemic has posed a challenge to survive because of physical contact, thus changing the business pattern of business actors. Therefore, e-business can be used to keep the business sustainable. This activity is in conjunction with the efforts of Elbarkah along with thirteen other SME players. This activity aims to increase the understanding of business actors regarding the maximum use of e-business technology to increase sales during the Covid-19 pandemic. The webinar is held using the lecture method and direct discussion between UKM Business Actors and resource persons. The material provided is in the form of opportunities when using e-business to answer challenges during the pandemic. The speaker provided an understanding of the changing world as well as on technology. This changes the pattern of consumers in buying products, starting from going directly to the store and then changing the pattern by using smartphones in various kinds of applications that are needed. Therefore, business actors carry out business transformation but are constrained by selling offline, while e-commerce platforms can be used. After the webinar is over, participants fill out the evaluation provided. The result is that 64% of them feel that there is an adjustment between the training and the participants' goals and the other 50% feel the benefits on the job. While the other 50% stated that the delivery of the material was good and easy to reach. Finally, 64% of participants stated that the speaker gave a good response.
Keywords: information technology; e-business; e-commerce
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimas, S., Mega Yuliawati, P., Nurhidayah, R., Ghafala Utomo, R., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 7(1), 68–73.
Fitria, M Fauzan Azima, I. (2019). Pengembangan dan Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD IT Di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48–52.
Noor, G. A. P., & Samsinar. (2020). Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi. Jurnal IDEALIS, 3(1), 552–559.
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor Kesiapan Dan Adopsi Teknologi Informasi Dalam Konteks Teknologi Serta Lingkungan Pada Umkm Di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49–56. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.616
Sani, A., Wiliani, N., Budiyantara, A., & Nawaningtyas, N. (2020). Pengembangan Model Adopsi Teknologi Informasi Terhadap Model Penerimaan Teknologi Diantara Umkm. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 151–158. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.1055
Wulansari, N. A., Ranihusna, D., & Maftukhah, I. (2015). Strategi Perencanaan Sdm Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm Batik Semarang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U), 978–979. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=386938&val=8521&title=STRATEGI PERENCANAAN SDM UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BATIK SEMARANG
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.7824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: