PENDAMPINGAN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Khoiriyyah merupakan salah satu sekolah yang terdampak atas perubahan proses kegiatan belajar selama pandemi Covid-19. Hal tersebut berdampak pada penurunan motivasi yang belum semuanya memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Sementara guru semestinya harus tetap menjaga kompetensinya sebagai pendidik sebagaimana tertuang dalam undang-undang guru. Cara pengajaran yang digunakan guru dianggap sudah tidak sesuai lagi dengan gaya belajar siswa pada masa sekarang. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Dalam pelatihan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, dan tanya jawab antara narasumber dan mitra. Sementara dalam pendampingan dilakukan dengan interaksi secara dinamis antara fasilitator dengan mitra. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman mitra terkait dengan kompetensi dan motivasi guru dimana terjadi peningkatan skor dari 61,11 untuk pre-test dan meningkat menjadi 83,33 untuk skor post-test. Hasil yang dicapai pada saat pendampingan juga menunjukkan telah perubahan perilaku guru berupa 100% guru telah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis digital.
Kata kunci: kompetensi; motivasi; media pembelajaran; pembelajaran digital; wordwall.
ABSTRACT
Al-Khoiriyyah Islamic Elementary School (SDI) is one of the schools affected by changes in the learning process during the Covid-19 pandemic. This has an impact on a decrease in motivation, which has not all utilized digital-based learning media. Meanwhile, teachers should maintain their competence as educators as stated in the teacher law. The teaching method used by the teacher is considered no longer in accordance with the current learning style of students. The community service program carried out aims to improve the competence and motivation of teachers in using digital-based learning media. The implementation method used is training and mentoring. The training was carried out with lectures, discussions, and questions and answers between resource persons and partners. Meanwhile, the assistance is carried out by dynamic interaction between the facilitator and partners. The results of the training showed that there was an increase in partner understanding related to teacher competence and motivation where there was an increase in the score from 61.11 for the pre-test and increased to 83.33 for the post-test score. The results achieved during the mentoring also show that there has been a change in teacher behavior in the form of 100% of teachers having produced digital-based learning media products.
Keywords: competence; motivation; learning media; digital learning; wordwall.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indah Winarsieh, I. P. R. (2020) ‘Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid – 19’, Indonesia Journal of Teacher Education, 1(4), pp. 159–164.
Muazaroh, Supriyati, Nurhadi, M., Hanandry, T. and Hafidz, M. Al (2022) ‘Pembelajaran Digital Guna Mendukung Guru Ekonomi Menjadi Pembelajar Kreatif Di Era Pandemi’, 6(1), pp. 31–36.
Raja, G. et al. (2022) ‘Pengabdian Masyarakat Membantu Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gunung Raja Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara’, Griya Cendekia, 7(1).
Sari, W. ika yunita (2021) ‘Wordwall Sebagai Media Belajar Interaktif Daring Dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil belajar Mahasiswa Geografi pada Mata Kuliah Geografi Desa kota di Masa Pandemi’, Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 10(1).
Sholichin, M. and Razak, A. (2021) ‘Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir’, 7, pp. 163–168.
Suhaemi, A. N. et al. (2020) ‘Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19’, pp. 195–199.
Yantoro, Y. et al. (2021) ‘Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19’, 7(1), pp. 8–15.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: