PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN QUIZWHIZZER UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI GERAK DAN GAYA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivitasan instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa smp pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada prosedur model pengembangan Borg and Gall yang memiliki tahapan-tahapan diantaranya tahapan analisis, perencanaan, pengembangan desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk awal, revisi produk awal, uji coba produk akhir, dan revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 soal uraian yang dikembangkan dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa berdasarkan penilaian 3 validator dinyatakan sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Sepuluh soal uraian yang diujikan memiliki validitas butir soal yang valid. Instrumen penilaian memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,639. Analisis tingkat kesukaran didapatkan 7 soal kriteria sedang dan 3 soal kriteria mudah. Analisis daya pembeda didapatkan 8 soal kriteria sedang dan 2 soal kriteria tinggi. Kepraktisan instrumen penilaian diperoleh persentase sebesar 94% sehingga dinyatakan sangat praktis. Keefektivitasan instrumen penilaian didapatkan hasil rata-rata kemampuan siswa sebesar 57% yang termasuk kategori cukup kreatif dan angket respon siswa sebesar 85% sehingga dinyatakan sangat baik.
Abstract: This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of a quizwhizzer-assisted assessment instrument to measure junior high school students' creative thinking abilities in the material of motion and style. The type of research used is research development (Research and Development) with the Borg and Gall development model which has stages including the stages of analysis, planning, product design development, product validation, product revision, initial product trial, initial product revision, trial final product, and final product revision. The results showed that out of 10 description questions developed from the material, construction, and language aspects based on the assessment of 3 validators, they were declared very valid and suitable for use without revision. The ten essay questions tested have valid item validity. The valuation instrument has a reliability value of 0.639. Analysis of the level of difficulty found 7 questions of medium criteria and 3 questions of easy criteria. The discriminating power analysis obtained 8 questions of medium criteria and 2 questions of high criteria. The practicality of the assessment instrument obtained a percentage of 94% so that it was declared very practical. The effectiveness of the assessment instrument resulted in an average student ability of 57% which was included in the quite creative category of student response questionnaires of 85% so that it was declared very effective.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeng, M. (2017). Statistika Pendidikan: Pendekatan Berbasis Kinerja. Umpam Press.
Afiani, K. D. A., & Putra, D. . (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 38–47.
Ahmad, N., Supeno, & Utomo, A. P. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA pada Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(2), 174–180.
Alfanika, N. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Deepulish.
Alfianistiawati, R., Istifayza, N., Prakris, M. A., & Kartika, F. (2022). Implementasi quizwhizzer sebagai media belajar digital dalam pembelajaran Sosiologi kelas X dan XI SMAN 8 Malang. Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(7), 698–706.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38.
Arthana, I. K., & Dwi. (2005). Evaluasi Media Pembelajaran. Teknologi Pendidikan UNESA.
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(No. 1), 1–12.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121–127.
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124.
Irmaya, F., & Sunarti, T. (2020). Validitas Instrumen Penilaian Berbantuan Google Form Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Bahasan Fluida Dinamis. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 69–75.
Krismanita, R., & Qosyim, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 159–164.
Liliawati, S., & Erma, P. (2010). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan Pontianak, 5(11), 1–11.
Maliga, I. (2013). Pengembangan dan Analisis Soal Larutan Penyangga Berdasarkan Open Ended Problem untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Marwiyah, S., Kamid, K., & Risnita, R. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, dan Molekul SMP Islam Al Falah. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1).
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Oktaningtyas, O. D., & Wasis. (2018). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Tugas Oky Dua Oktaningtyas , Wasis Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Oky Dua Oktaningtyas , Wasis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 07(02), 211–215.
Prasasti, Y. R., Suyono, & Basuki. (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Melalui Membaca Untuk Siswa SD/MI. Jurnal Universitas Negeri Malang, 48(2), 1–12.
Rachman, M. (2015). Pendekatan Penelitian. Edisi Pertama. Magnum Pustaka Utama.
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran FlipBook pada Materi Gerak Benda di SMP 1. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.
Samura, A. ode. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics and Science, 5(1), 20–28.
Sari, D. R. U., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Multiple Choice High Order Thinking Padapembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 100.
Setiawan, H., Sa’diyah, C., & Sa’dun, A. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 2(7), 874–882.
Siswono, Y. (2008). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah (Problem Possing) Matematika. Berpandu Dengan Model Wallas Dan Creative Problem Solving (Cps). Jurusan Matematika FMIPA, Unesa.
Sorensen, E. (2013). Implementation and student perceptions of e-assessment in a Chemical Engineering module. European Journal of Engineering Education, 38(2), 172–185.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.
Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Susanto, D. A., & Ismaya, E. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Tuko. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 104–110.
Susiningrum, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 195–200.
Uloli, R., Probowo, & Prastowo, T. (2016). Kajian Konseptual Proses Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 644–647.
Utami, D. A. P., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 13(1), 1–18.
Wahyuningsih, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 338–343.
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.14626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahwatul Annisa, Sri Wahyuni, Nur Ahmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: