PENGARUH MOTIVASI MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH LISTRIK DAN ELEKTRONIKA OTOMOTIF

Iffarial Nanda, Wakhinuddin Simatupang

Abstract


Abstrak: Berdasarkan observasi awal, hasil belajar mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif belum memuaskan kemungkinan karena adanya factor yang mempengaruhi hasil belajar itu sendiri baik secara internal maupun eksternal dari mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pen motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa jurusan teknik Otomotif yang sedang mengambil mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, dan reabilitas angket untuk memastikan angket yang digunakan valid dan realiabel dan uji regresi linier ganda untuk melihat bagaimana perngaruh motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan hasil SPSS dari regresi linier ganda dengan nilai sig, 0,005<0,05. sehingga Ha diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini subjek motivasi mengajar dosen mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Abstract: Based on preliminary observations, the learning outcomes of students of the Automotive Engineering Department in the Electrical and Electronics Electronics course have not been satisfactory possibly because of the factors that influence the learning outcomes themselves both internally and externally from students. The purpose of this study was to determine the motivation of teaching lecturers on learning outcomes. This type of research used is quantitative research. The subjects used were students majoring in Automotive engineering who were taking Electrical and Electronics Electronics courses. The data analysis technique used is descriptive data analysis technique, namely by describing the validity and reliability of the questionnaire to ensure the questionnaire used is valid and realiable and multiple linear regression tests to see how the teaching motivation influences lecturers' learning outcomes. The results of this study indicate that there is an influence between the teaching motivation of lecturers on learning outcomes as indicated by the SPSS results from multiple linear regression with a sig value of 0.005 <0.05. so Ha is accepted, then it can be concluded that in this study the subject of lecturer teaching motivation affects student learning outcomes.

Keywords


Teaching Motivation; Learning Outcomes; Practicality.

Full Text:

Download [PDF]

References


Abror, T. (2013). Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berkomunikasi Guru. Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i2.20

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 425. https://doi.org/979-692-956-2

Chotijah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Mind Mapping (Peta Konsep) Pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1).

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. Jurnal Umum Jember, 1(1), 82.

Darojat, W. M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamidina, Volume XIV, 1–28.

Erita, S. (2016). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–13.

Hasanah, D., Syamwil, R., & Sudana, I. M. (2017). Dampak Sertifikasi Profesi dan Sertifikasi Kompetensi Akuntansi terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10981

Krelová, K. K. (2010). Evaluation of the study program for pedagogy of technical professional subjects. Joint International IGIP-SEFI Annual Conference 2010.

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.2426/dpp.v3i2.

Nursyaidah. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik. Forum Pedagogik, (Edisi Khusus Juli - Desember), 70–79.

Permenristekdikti. (2018). Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah. In Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan.

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman:, 1(3), 354–362.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. System, Vol. 6, pp. 140–151.

Sarwono, J. (2012). Mengubah Data Ordinal Ke Data Interval dengan Metode Suksesif Interval (MSI). Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis Dan Disertasi, Menggunakan SPSS, AMOS Dan Excel, 250–259.

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar. Jurnal Pendidikan, 11–39.

suwandi, joko, & Sidik, R. M. (2016). Evaluasi Program Pengalaman Lapangan dalam Membekali Kompentensi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 70–79.

Veloo, A. (2011). Keupayaan Teori dan Pelaksanaan Pentaksiran dalam Pembelajaran. Journal of Governance and Development, 7(1), 8–15.

Waldopo, W. (2019). Pengembangan Kualitas SDM (Guru) Di Madrasah. Jurnal Teknodik, 135. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.551

Wulan, A. H. Z., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13.

Yusup, A. A. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 124–129. https://doi.org/10.26877/mpp.v3i2.294




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: