PENGGUNAAN GOOGLE TRENDS DALAM PERENCANAAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PERGURUAN TINGGI JARAK JAUH DI INDONESIA

Selly Anastassia Amellia Kharis, Melisa Arisanty, Agustiani Putri, Arman Haqqi Anna Zili

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan internet telah memberikan dampak yang signifikan pada dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan jarak jauh. Seiring dengan meningkatnya persaingan di antara perguruan tinggi jarak jauh di Indonesia, penting bagi mereka untuk mengadopsi strategi pemasaran digital yang efektif guna mencapai audiens target yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mereka. Salah satu alat yang dapat digunakan dalam perencanaan strategi pemasaran digital adalah Google Trends. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan Google Trends dalam perencanaan strategi digital marketing perguruan tinggi jarak jauh di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method yang mengintegrasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan berasal dari data pada Google Trends. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Trends dapat memberikan wawasan yang berharga dalam memahami minat calon mahasiswa terkait dengan pendidikan jarak jauh di Indonesia. Melalui analisis data tren pencarian, perguruan tinggi jarak jauh dapat menyusun perencanaan strategi pemasaran mencakup beberapa hal, antara lain mengidentifikasi waktu melakukan promosi, menggunakan “Related Queries” untuk mencari kata kunci baru, mencari topik yang sedang trending, memetakan lokasi atau region yang perlu ditarget, dan analisa perbandingan kata kunci untuk mendapatkan keyword terbaik.

Abstract:  The development of information technology and the internet has had a significant impact on the field of education, especially in distance learning. With the increasing competition among distance learning universities in Indonesia, it is crucial for them to adopt effective digital marketing strategies to reach a broader target audience and enhance their competitiveness. One tool that can be used in digital marketing strategy planning is Google Trends. This research aims to explore the use of Google Trends in the digital marketing strategy planning of distance learning universities in Indonesia. The research method used is a mixed method that integrates quantitative and qualitative methods. The data used comes from Google Trends data. The results of this research indicate that the use of Google Trends can provide valuable insights into understanding the interest of prospective students related to distance education in Indonesia. Through the analysis of search trend data, distance learning universities can develop marketing strategy plans that include several aspects, such as identifying the optimal timing for promotions, using “Related Queries” to discover new keywords, identifying trending topics, mapping locations or regions that need to be targeted, and conducting keyword comparison analysis to find the best keywords.

Keywords


Data Besar; Google Trends; Pemasaran Digital; Pendidikan Jarak Jauh.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, D., Fuadi, S., Auliya, R., Umam, F., & Mayanti, R. E. (2023). Seo on Page Optimization Keyword Untuk Meningkatkan Visibilitas Website. Jurnal Mahasiswa Ilmu …, 4(2).

Azhari, C. D. S., Afif, Z., & Kustati, M. (2023). Penelitian Mixed Method Research Untuk Disertasi. Nana Sepriyanti INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 8010–8025.

Bagherian, S., Mardaniyan Ghahfarrokhi, M., & Banitalebi, E. (2021). Effect of the COVID-19 Pandemic on Interest in Home-Based Exercise: An Application of Digital Epidemiology. International Journal of Epidemiologic Research, 8(1), 47–53. https://doi.org/10.34172/ijer.2021.08

Chumnumpan, P., & Shi, X. (2019). Understanding new products’ market performance using Google Trends. Australasian Marketing Journal, 27(2), 91–103. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2019.01.001

Dwi Riyanto, A. dkk. (2014). ISSN: 1979-2328 UPN "Veteran. Seminar Nasional Informatika, 2014(semnasIF), 52–59.

Effendy, F., Huriyati, R., Disman, D., & Sultan, M. A. (2021). Penggunaan Google Trends Dalam Perencanaan Strategi Content Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis di Dunia Internet. Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, 192–200.

Grishikashvili, K. (2014). Investigation into Big Data Impact on Digital Marketing. In Online Journal of Communication and Media Technologies Special Issue.

Hidayat, A., Suryantoro, A., & Hakim, L. (2022). Pola Pencarian Informasi Minat Penelusuran Covid 19 Di Indonesia Menggunakan Google Trends. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Galuh, 9–16.

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2).

Kharis, S. A. A., Robiansyah, A., Maulana, F., Zubir, E., & Sukatmi, S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Sertifikat untuk Program Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) dengan Menggunakan Model ADDIE. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(2), 412–421. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i2.2253

Kharis, S. A. A., Zili, A. H. A., Putri, A., & Robiansyah, A. (2023). Analisis Tren Minat Masyarakat Indonesia terhadap Artificial Intelligence dalam Menyongsong Society 5.0: Studi Menggunakan Google Trends. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(4), 1345–1354. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i4.3091

Kharis, S. A. A., Zili, A. H. A., Putri, A., & Robiansyah, A. (2024). Unveiling the Potential of Artificial Intelligence in Digital Marketing for Universitas Terbuka. E3S Web of Conferences, 483, 03014. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202448303014

Kitsios, F., Kamariotou, M., Karanikolas, P., & Grigoroudis, E. (2021). Digital marketing platforms and customer satisfaction: Identifying ewom using big data and text mining. Applied Sciences (Switzerland), 11(17). https://doi.org/10.3390/app11178032

Kusuma, U. F., Arsyad, N., Lavinia, M. S., Rahayu, S., Kahfi, M. K., & Syakurah, R. A. (2021). Analisis Penelusuran Masker Sebagai Protokol Kesehatan Saat Pandemi Covid-19 Di Indonesia: Studi Google Trends. Visikes Jurnal Kesehatan, 20(1), 98–108.

Lies, J. (2019). Marketing Intelligence and Big Data: Digital Marketing Techniques on their Way to Becoming Social Engineering Techniques in Marketing. International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 5(5), 134–144. https://doi.org/10.9781/ijimai.2019.05.002

Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran Umkm Imago Raw Honey. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 7(4), 521–533.

Ozali, I., Pahrudin, C., & Tiana, Y. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada Peningkatan Kapasitas Sdm Pariwisata Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang. Krida Cendekia, 2(1).

Prasetyani, Y. M., & Widiarini, A. D. (2021, April 4). Internet Sudah Jadi Napas Baru Kehidupan di Tengah Pandemi. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2021/04/04/09020061/internet-sudah-jadi-napas-baru-kehidupan-di-tengah-pandemi

Purnaningrum, E., & Ariqoh, I. (2019). Google Trends Analytics Dalam Bidang Pariwisata. Majalah Ekonomi, 14(2), 232–243.

Raya, Moch. K. F. (2016). Marketing Jasa Di Institusi Pendidikan (Analisis Pemasaran dalam Pendidikan). Falasifa, 7(1), 21–51.

Ridwan, S. S., & Sari, W. P. (2023). Analisis Proses Kreatif dalam Pembuatan Konten Interaktif di Media Sosial Instagram Majalah Sunday. Prologia, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15781

Satriawati, Z., Prasetyo, H., & ... (2023). Kajian Minat Masyarakat Terhadap Pariwisata Alternatif Dan Wisata Pedesaan Melalui Google Trends. Kepariwisataan: Jurnal …, 17, 18–26.

Siagian, A. O., & Martiwi, R. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 3, Issue 3). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Silva, E. S., Hassani, H., Madsen, D. Ø., & Gee, L. (2019). Googling fashion: Forecasting fashion consumer behaviour using Google Trends. Social Sciences, 8(4). https://doi.org/10.3390/socsci8040111

Siswanto, M., & Fahriannur, A. (2016). Google Trend untuk Analisa Pasar Bisnis Online & Pemilihan Keywords pada E-Commerce Web. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Dana BOPTN, 272–277.

Ullal, M. S., Hawaldar, I. T., Soni, R., & Nadeem, M. (2021). The Role of Machine Learning in Digital Marketing. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/10.1177/21582440211050394

Wiradharma, G., Arisanty, M., & Budiman, R. (2023). Preferensi dan perilaku pemanfaatan media mahasiswa perguruan tinggi jarak jauh. Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 9(2), 287-ISS304N. http://journal.ubm.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Selly Anastassia Amellia Kharis, Melisa Arisanty, Agustiani Putri, Arman Haqqi Anna Zili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: