MERDEKA CURRICULUM: STUDENT READINESS AND LEARNING OUTCOMES IN ITS APPLICATION

Ajeng Dwi Putri Pratama, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum yang telah berjalan selama dua tahun dan belum semua sekolah menerapkan kurikulum ini pada semua tingkatan kelas sehingga diperlukan adaptasi pada tingkatan kelas yang baru diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan dan hasil belajar siswa pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari data angket dan hasil tes. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII, sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan siswa dalam menerapkan Kurikulum Mandiri belum optimal dengan persentase respon positif dari angket masih dibawah 50%. Hasil belajar kedua kelas yang diamati menunjukkan rata-rata penilaian formatif sebesar 62,85 dan 67,63 sehingga dapat dikatakan hasil belajar tersebut belum memenuhi nilai ketuntasan belajar minimal.

Abstract:  This research is motivated by the implementation of the curriculum which has been ongoing for two years and not all schools have implemented this curriculum at all grade levels so adaptation is needed for the newly implemented grade levels. The aim of this research is to describe students' readiness and learning outcomes in the Merdeka Curriculum. The research method used is descriptive with a qualitative approach obtained from questionnaire data and test results. The research subjects were Class VII students, while the research instruments used interview sheets, observations and questionnaires. The research results show that students' readiness to implement the Independent Curriculum is not optimal with the percentage of positive responses from the questionnaire still below 50%. The learning results of the two classes observed showed an average formative assessment of 62.85 and 67.63, so it can be said that the learning results did not meet the minimum learning completeness value.

Keywords


Merdeka Curriculum; Secondary school; Student’s readiness; Student learning outcome

Full Text:

PDF

References


Afdal, H. W., & Spernes, K. (2018). Designing and redesigning research-based teacher education. Teaching and Teacher Education, 74, 215–228. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.05.011

Andharweni, T. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Standar Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Getasan, Kab. Semarang). Satya Widya, 38(1), 2022.

Aprianti, A. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 182–189.

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. 26(2), 193–203.

Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3), 184–191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Harianto, B. T., & Wibowo, A. (2023). PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA Internal Teacher Problems Implementation of the Independent Curriculum Abstrak PENDAHULUAN Kurikulum sebagai ruh dalam pendidikan , merupakan perangkat yang tidak dapat dipisahkan . Kurikulum di Indon. 7, 1567–1583.

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Kajian Akademik, 130.

Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771–4776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507

Manik, H., Sihite, A. C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Omicron Covid-19. 6(1), 328–332.

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Rifqiyah, F., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Respon Siswa Terhadap Merdeka Belajar Berbasis Teknologi Informasi Pasca Pandemi Covid 19 Rusdiah SMA N 1 MATARAMAN. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 145–157. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16052

Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah. 07(1), 1–14.

Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72

Santika, N. K. N., Suantara, I. W., & ... (2022). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas Iv Dengan Kurikulum Merdeka. … Dasar Rare Pustaka, 4(2), 1–7.

Saraswati, E., & Sulistyani, N. (2023). PADA KONTEKS KURIKULUM MERDEKA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 2 GIRIMULYO. 10(3), 174–180.

Sari, I. Gumiandari, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring. 1(1), 1–11.

Sinaga, C. H., Hutauruk, A., Simanjuntak, R. M., & Panjaitan, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Analisis Data SMPN 4 Tanjung Morawa. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1), 97–105.

Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Susiani, I. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. 3, 296–306.

Waritsman, A. (2020). TOLIS ILMIAH : JURNAL PENELITIAN TOLIS ILMIAH : JURNAL PENELITIAN. 2(1), 28–32.

Wekke, I. S. (2020). Metode Penelitian Ekonomi Syariah Ismail Suardi Wekke , dkk (Issue September).

Yaelasari, M., & Yuni Astuti, V. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 584–591. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i7.1041

Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ajeng Dwi Putri Pratama, Siti Khoiruli Ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: