ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN PHONETICS

Kholilah Kholilah, Dewi Ismu Purwaningsih, Sulaiman Sulaiman

Abstract


Abstrak: Phonetics (fonetik) merupakan mata kuliah yang sulit dikuasai oleh mahasiswa. Perbedaan bunyi dalam bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa. Banyaknya bunyi yang harus diingat oleh mahasiswa juga menjadi penghambat keberhasilan pembelajaran fonetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa pada pembelajaran fonetik yang akan digunakan dalam pengembangan media ajar fonetik. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yaitu menggunakan kuesioner. Data diklasifikasikan untuk mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran fonetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran fonetik di kelas selama ini kurang maksimal dalam penggunaan media ajar. Mahasiswa sulit untuk mengingat dan memahami place and manner of articulation serta fonem. Mahasiswa membutuhkan media pembelajaran untuk membantu dalam belajar fonetik. Hasil penelitian ini selanjutnya akan digunakan untuk acuan pada penelitian pengembangan media ajar fonetik untuk mahasiswa bahasa Inggris.

Abstract: Phonetics is a difficult subject for students to be mastered. The difference of sounds between English and Indonesia is one of the difficulties faced by students. The number of sounds that students must remember also becomes an obstacle for learning phonetics. This research aimed to describe the students’ needs in learning, then the data will be used to develop the teaching media in Phonetics. The subject of this research was the students of English program. The method used was descriptive qualitative. The data was collected using questionnaire then it were classified in order to describe the needs of students in learning phonetics. The result showed that the media used in teaching learning teaching phonetics did not fulfil the students’ need. The students were difficult to remember and understand the place and manner of articulations and phonemes. The students need the specific teaching media in learning phonetics. The result of this study will be used as reference in depeloving phonetics teaching media for English students.


Keywords


English learning; English phonetics; Phonemes.

Full Text:

Download [PDF]

References


Asrina, & Sihombing, A. M. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahasa Asing. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(1), 29–44. https://doi.org/10.15548/turast.v7i1.760

Destianingsih, A., & Satria, A. (2017). a Study on Students ’ Need Analysis on Web-Based. Inovish Journal, 2(1), 48–57.

Dillon, B., Dunbar, E., & Idsardi, W. (2013). A Single-Stage approach to learning phonological categories: Insights from inuktitut. Cognitive Science, 37(2), 344–377. https://doi.org/10.1111/cogs.12008

Febriyanti, E. R. (2018). Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajar Bahasa Inggris (Non Program Studi Bahasa Inggris) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Esp Di Lingkungan Fkip Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Vidya Karya, 32(2), 123. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5230

Hidayati, A., Amilia, W., & Amsal, M. F. (2018). Need Analysis of Media Video Development for Character Education at Early Childhood Education in Padang. 169(Icece 2017), 108–110. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.26

Indrasari, N. (2016). English for Specific Purposes: A Need Analysis at The Second Semester of Physics Education Students of IAIN Raden Intan Lampung in The Academic Year of 2015/2016. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris IAIN Raden Intan, 9(1), 161–172. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v9i1.425

Jalinus, N. dan Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lestari, R. (2013). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mafulah, S. (2017). The Effectiveness of Online Media in Improving Vocabulary of English Education Department Student. Jurnal vok@ sindo, 5 (1), 21 - 35.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran Pelafalan Bahasa Perancis Melalui Model Artikulatoris Pengembangan (Map) Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.802

Rananda, A. (n.d.). Education Journal : Journal Education Research and Development. 1–18.

Robinson, G. C., Mahurin, S. L., Richards, K. L., & Justus, B. (2011). Predicting Difficulties in Learning Phonetic Transcription: Phonemic Awareness Screening for Beginning Speech-Language Pathology Students. Contemporary Issues in Communication Science and Disorders, 38(Spring), 87–95. https://doi.org/10.1044/cicsd_38_s_87

Sari, R. K. (2019). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Mahasiswa Kelas Karyawan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3612

Taufik Dwi Kurniawan. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD se-KecamatanGedang Sari Gunung Kidul (Jurnal). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 21–26. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/259116-pengaruh-penggunaan-media-video-pembelaj-b06f9422.pdf

Ulfa, S. (2017). “Mobile Seamless Learning” Sebagai Model Pembelajaran Masa Depan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1, 11–19. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p011

Widianingsih, B. dan Listyaningrum, R. (2018). A Need Analysis of English Learning for Designing English Curriculum and Worksheet (A Case Study for the Sixth Semester of Elctrical Engineering Students in the Academic Year of 2015/2016 at State Polytechnic of Cilacap). Jurnal Epigram, 15 (1), 135 - 144.

Yule, George. (2014). The study of language. United Kingdom: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: