UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI
Asmah Asmah
Abstract
Abstrak:Dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan penelitian untukmendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat melalui metode diskusi pada siswa kelas VI SDN 3 Barejulat tahun 2015/2016. Metode pengumpulan data : observasi, tugas, dokumentasi, dan tes.
Hasil analisis: kemampuan tinggi sebanyak 12 orang tingkat kemampuan sedang 15 orang dengan IPK 65,51 % pada kategori sedang. Sedangkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi dalam mengemukakan pendapat dengan kemampuan tinggi sebanyak 25 orang, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 2 orang dengan persentase 7,48 % dengaqn IPK pada kategori 74,00 % kategori tinggi. Jadi penggunaan metode diskusi meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VI SDN 3 Barejulat tahun 2015/2016.
Abstract: Classroom Action Research carried out with the aim of research to describe the improvement of speech skills to express opinions through the method of discussion on students of class VI SDN 3 Barejulat year 2015/2016. Methods of data collection: observation, tasks, documentation, and tests. Result of analysis: high ability as many as 12 people medium ability level 15 people with GPA 65,51% in medium category. While speaking skill by using method of discussion in expressing opinion with high ability counted 25 people, medium ability level with number of student 2 person with percentage of 7,48% dengaqn GPA in category 74.00% high category. So the use of discussion method improves the speaking skill of grade 6 students of SDN 3 Barejulat year 2015/2016.