QUALITY OF E-BOOK MATERIAL FOR JAVANESE LANGUGAE FOR ELEMENTARY SCHOOL LEVEL
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berupa e-book berisi materi unggah-ungguh bahasa Jawa untuk siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan. Penelitian ini berjenis R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan produk di kelas rendah memperoleh skor 78,15%, perolehan nilai pada kepraktisan produk di kelas menengah memperoleh skor 90,70%, perolehan nilai pada kepraktisan produk di kelas tinggi memperoleh skor 85,00%, hasil perolehan validasi nilai dari keseluruhan nilai mencapai angka 84,61% sehingga kategori produk dinyatakan cukup praktis untuk digunakan. Hal itu menunjukkan bahwa e-book unggah-ungguh basa Jawa untuk siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan berkategori sangat layak dan cukup praktis
Abstract: This study aims to determine the quality of learning media in the form of e-books containing Javanese language etiquette material for elementary school students that have been developed. This research is an R&D. The results of the study showed that the practicality of the product in the lower class obtained a score of 78.15%, the value obtained on the practicality of the product in the middle class obtained a score of 90.70%, the value obtained on the practicality of the product in the high class obtained a score of 85.00%, the results of the validation of the value of the overall value reached 84.61% so that the product category was declared quite practical to use . This shows that the Javanese language etiquette e-book for elementary school students that has been developed is categorized as very feasible and quite practical.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Arafik, M., & Rumidjan, R. (2017). Profil pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55–61.
Ardiansyah, M. F., & Yulya, N. M. (2022). Pelestarian Budaya Lokal Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 01(01), 66–68.
Ardissono, L., Kuflik, T., & Petrelli, D. (2012). Personalization in cultural heritage: The road travelled and the one ahead. User Modeling and User-Adapted Interaction, 22(1–2), 73–99. https://doi.org/10.1007/s11257-011-9104-x
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Situated Ethics in Educational Research Society for Educational Studies. British Journal of Educational Studies, 49(3), 362–365.
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202–209. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529
Darmayanti, R. Y., & Subrata, H. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa ragam bahasa ngoko dan krama pada siswa kelas iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 09(10), 3399–3409.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Hameed, N., Cheah, Y. N., & Rafie, M. (2010). An e-book P ersonalization A rchitecture W ith D igital R ights and E ncryption P rocedures. 1222–1227.
Janti, S. (2014). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014 ISSN: 1979-911X. Snast, November, 115–160.
Kolar, T., & Zabkar, V. (2010). A consumer-based model of authenticity: An oxymoron or the foundation of cultural heritage marketing? Tourism Management, 31(5), 652–664. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.07.010
Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam Pelaksanaan Kurkulum 2013 di SDN Sambiroto 01 Semarang. 10(1), 149–158.
Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289
Martinez, V. G., & López-Río, J. (2015). About the Horrific Peril of Reading on Digital Devices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 178(November 2014), 105–109. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.159
Miningsih, S. (2015). Implementasi Tik Dalam Pembelajaran Mendengarkan Di Sekolah Dasar. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 188–199.
Nuriyati, T., Falaq, Y., Nugroho, E. D., Hafid, H. H., Fathimah, S., Sutrisno, Nuramila, Ardiyansyah, R., Firmansyah, H., Saragih, E., Nofriyadi, A., Komar, A., Palangda, L., & Nurhafsari, A. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Teori & Aplikasi) (N. S. Wahyuni (ed.)). Widiana Bhakti Persada.
Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatihkankemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Perubahan lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457–468. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p457-468
Sasangka, S. S. T. W. (2008). KEANTONIMAN DALAM BAHASA JAWA. 1–14.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230–239. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i1.27865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Endang Sri Maruti, Taufik Subarkah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: