SUPPORTING AND INHIBITING FACTORS FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS' LEARNING IN SUMBER SUB-DISTRICT PROBOLINGGO DISTRICT

Pipit Asmawati, Punaji Setyosari, Ade Eka Anggrain

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan faktor faktor pendukung dan penghambat belajar siswa sekolah dasar di wilayah pedalamana. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Faktor- faktor utama yang ditemukan meliputi terbatasnya sarana dan prasarana, keterbatasan pendidik, serta dukungan lingkungan belajar yang kurang optimal. Secara keseluruhan, meskipun semua faktor tersebut mempengaruhi kualitas pendidikan, faktor sarana dan prasarana terbukti menjadi yang paling dominan. Tanpa adanya peningkatan fasilitas fisik, alat belajar, dan teknologi, sulit untuk mencapai pendidikan yang berkualitas.

Abstract:  The research aims to describe the supporting and inhibiting factors for elementary school students' learning in rural areas. The type of research is descriptive qualitative, with a case study method. Data collection takes the form of observations, interviews and documentation. The results of this research are that the main factors found include limited facilities and infrastructure, limited educators, and less than optimal learning environment support. Overall, although all these factors influence the quality of education, facilities and infrastructure factors prove to be the most dominant. Without improvements in physical facilities, learning tools and technology, it is difficult to achieve quality education.

Keywords


Supporting Factors; Inhibiting Factors; Student Learning; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444

Arsitektur, S. T., Gorontalo, U. I., Gorontalo, U. I., Studi, P., Komunikasi, D., & Gorontalo, U. I. (2024). Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Candra, E., Setiawan, D., & Ermawati, D. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088

Darma, H. A. (2022). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Kelelahan Siswa SMA Di Kota Surabaya. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 70–79. https://doi.org/10.22487/preventif.v13i1.252

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799

Gusni, A. (2019). Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnalpendidikan, 1–3. https://osf.io/6k3q9/download/?format=pdf

Haerudin, & Azizah, N. N. (2022). Analisis Tingkat Pendidikan Di Desa Kampung Sawah. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-2, 690–697.

Hanif, M. (2019). Jurnal Pendidikan | Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53–60.http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti.

Hero, H. (2020). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 162–169.http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd%0Apengembangan

Hidayat, T., Emanuel, E., Firison, J., Ishak, A., Fauzi, E., & Kusnadi, H. (2022). Pengaruh Pembumbunan terhadap Hasil Produksi dan Pendapatan Petani Jagung (Studi Kasus di Desa Ganjuh Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan). Jurnal Agrisistem, 18(1), 13–19.https://doi.org/10.52625/j- agr.v18i1.219.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Jaya, M., & Putra, A. (2024). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap pemahaman dan penerapan kurikulum merdeka oleh guru. 4(3), 508–517.

Lengkana, A. S., Suherman, A., Saptani, E., & Nugraha, R. G. (2020). Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Esteem. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 1–12.

Novia, A., Prantika, D., Putri, L. A., Yulnita, L., Sumaiyah, S., Lisandria, N. S., & Siregar, R. J. (2021). Pengaruh Pendapatan dan Jumlah Anggota Keluarga terhadap Tingkat Konsumsi Rumah Tangga Sewaktu Covid-19 di Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 6(1), 1–20.

Nurdin, A. A., Mawaddah, A. R., Abdullah, N. P., Yadilla, N., & Aini, Q. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Pengaruh Keterbatasan Akses Pendidikan Terhadap Tingginya Angka Putus Sekolah Dikaitkan Dengan SDGs. 2(9), 660–674.

Pemba, Y., Darmawang, D., & Kusuma, N. R. (2022). Peran Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di Smk Katolik Muktyaca. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(1), 12.https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.29859

Puspitasari, I. A., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., Timur, K., & Scholar, G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, 2, 75–92.

Putri, T. A., Alhidayati, Priwahyuni, Y., Ikhtiyaruddin, & Septiani, W. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Pgri Kota Pekanbaru Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. ORKES: Jurnal Olahraga Dan Kesehatan, 1(3), 654–662.https://doi.org/10.56466/orkes/Vol1.Iss2.63

Rahmawati, M., Bagea, I., Pendidikan, A., & Kendari, U. M. (2023). Copyright©2023 Arfin, Rahmawati M., Ishak Bagea, Tomi, all rights reserved. Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.

Rahmawati, R. O., & Sayekti, I. C. (2023). Pendapatan Orang Tua terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 209–217. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59744

Rohmah, W., Ramadhani, M., & Winarno, B. (2024). Pentingnya Intergrasi Transportasi Publik di Kota Surakarta Sebagai Kota Urbanisasi di Jawa Tengah. 3(1), 45–54.

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780.

Setiawan, A. N., Wijayanti, S. N., & Santi, I. S. (2024). Pengenalan bertani sejak dini untuk keberlanjutan pertanian. 8(5), 1–10.

Sibuea, N. (2023). Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Guru terhadap Kualitas Pelayanan Prima Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 1039–1056.

Sinaga, S. G., Nasution, A. M. U., & Probadi, T. (2024). Pengaruh Faktor Lingkungan Sosial Dan Pengetahuan Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sektor Kuliner UMKM Kecamatan Medan Selayang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8922–8932.

Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Modeling, 8(2), 293–294.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Umar, A., Nurhaedah, & Nurfaizah. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA di Kota Makassar. Pinisi Jurnal Of Education, 2(6), 20– 25.

Utami, Y. T., Dharma, R. A., Sari, D., Br, N., Amanda, D., Nabila, Y. A., Wahyudi, S., Ms, P., & Mauliyand, S. (2024). Peran Teknologi dalam Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Rekam Medis Rumah Sakit The Role of Technology in Planning and Evaluation of Hospital Medical Records Health. 7(8), 3236–3241. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.695

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra Dinata, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.69966/mjemias.v1i1.3

Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Oktafiani, A. W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1355–1370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939

Yanuarsari, R., Romansyah, R., Latifah, E. D., Wahidin, D., & Muchtar, H. S. (2022). Potret Kepemimpinan dan Mutu Pendidikan di Era MBKM Studi Deskriptif pada Perguruan Tinggi Swasta. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3822–3831. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2757Yusnita, I. (2023). Pengaruh Pergantian Manajemen, Opini Audit dan Ukuran Kantor Akuntan Publik terhadap Audit Switching. Jurnal Impresi Indonesia, 2(5), 478–482. https://doi.org/10.58344/jii.v2i5.2440




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.28306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Pipit Asmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: