TEACHERS' PERCEPTIONS IN IMPLEMENTING THE MERDEKA CURRICULUM: A SURVEY STUDY OF JUNIOR HIGH SCHOOL MUSIC TEACHERS

Tia Destiana Puri, Tati Narawati, Agus Budiman

Abstract


Abstract: The Merdeka Curriculum, introduced in 2021 in Indonesia, provides flexibility in teaching, especially in developing students' creativity and skills. Its success depends on teachers' perceptions, which reflect their understanding, assessment, and response to this policy. In the context of music, teachers must understand the objectives, principles, and implementation of the curriculum and its impact on student learning. This study explores the perceptions of junior high school music teachers in Bogor District in understanding and implementing the Merdeka Curriculum, including the challenges they face. Although this curriculum offers flexibility, teachers still face obstacles such as a lack of training and supporting resources. This study aims to obtain data and information related to how teachers perceive understanding and implementing the Merdeka Curriculum. This study uses a survey research method involving 20 music teachers in junior high schools in Bogor District. Data was collected through questionnaires and analyzed using descriptive statistical techniques. The results showed that teachers have a good understanding of the Merdeka Curriculum, but still need more training and technical support. The majority of teachers believe that this curriculum can increase student creativity if supported by adequate resources. The study concluded that music teachers' perceptions of the Merdeka Curriculum are generally positive, but implementation in the field requires increased technical support and more intensive training.

Abstrak: Kurikulum Merdeka yang diperkenalkan sejak 2021 di Indonesia memberikan fleksibilitas dalam mengajar, terutama dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa. Keberhasilannya bergantung pada persepsi guru, yang mencerminkan pemahaman, penilaian, dan respons mereka terhadap kebijakan ini. Dalam konteks seni musik, guru harus memahami tujuan, prinsip, serta implementasi kurikulum dan dampaknya pada pembelajaran siswa. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi guru seni musik SMP di Kabupaten Bogor dalam memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka, termasuk tantangan yang mereka hadapi. Meskipun kurikulum ini menawarkan fleksibilitas, guru masih menghadapi kendala seperti kurangnya pelatihan dan sumber daya pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan bagaimana persepsi guru dalam memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey yang melibatkan 20 guru seni musik di SMP Kabupaten Bogor. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik tentang Kurikulum Merdeka, namun masih membutuhkan lebih banyak pelatihan dan dukungan teknis. Mayoritas guru percaya bahwa kurikulum ini dapat meningkatkan kreativitas siswa jika didukung dengan sumber daya yang memadai. Studi ini menyimpulkan bahwa persepsi guru musik terhadap Kurikulum Merdeka secara umum positif, namun implementasi di lapangan membutuhkan peningkatan dukungan teknis dan pelatihan yang lebih intensif.

Keywords


Teacher Perception; Music Arts; Merdeka Curriculum; Survey Study

Full Text:

PDF

References


Ardipal. (2015). Permasalahan Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Seni di Sekolah Dasar.

Batubara, H. H. (2023). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Donesi Di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. https://media.neliti.com/media/publications/284573-penggunaan-google-form-sebagai-alat-peni-9ee5ffe6.pdf

Dewi, V. E. (2014). Persepsi Guru Pendidikan Seni Musik Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri Se-Kotamadya Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Hamzah, F. R., Astusi, F. (2024) Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMPN 2 Padang. DOI : https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i1.86

Hardhita, R. S., Suryani, S., Anggraini, A. E., Dewi, R. S. I. (2024). Dilema Implementasi Pembelajaran Seni: Persepsi Guru Sekkolah Dasar di Tengah Pergeseran Kebijakan. Research & Learning in Elementary Education. 8 (4), 2401-2410

Jayanti, F., & Arista, N. F. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura.

Jon, E. (2024). Model dan Strategi Pembelajaran Efektif dalam Pendidikan Biologi. PT. Media Penerbit Indonesia

Juliandi, A., Irfan., Manurung, S., Satriawan, B. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS. Diterbitkan Oleh: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=X8xwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penelitian+menggunakan+spss&ots=IGGgNEyDzQ&sig=z_ZqeR1q_1zwmkSejizVsv75-9w&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true

Kemdikbud. 2022. Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Lahabu, Y. D., Sumarni, S., Abroto. (2024). Tantanga dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Dasar.

Maidiana. (2021). Penelitian Survey. Jurnal of Education. https://lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/23/22

Oktariza, N., Zen, Z., Syafril, & Pratiwi, R. (2024). Persepsi Guru Penggerak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Rokan Hilir. 5 (6)

Permana, G. (2023). Implementasi Konsep Kurikulum Merdeka Dan Perangkat Pembelajaran Terduka Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Kemandirian Peserta Didik.

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 7 (2), 1490-1499

Saefurrohman, N. (2023) Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Seni Budaya Di Era Teknologi 4.0. Vol. 2 No. 6

Santina, R. O., Hayati, F., & Oktarina, R. (2021). ANALISIS PERAN ORANGTUA DALAM MENGATASI PERILAKU SIBLING RIVALRY ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2 (1), April 2021

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkapt SPSS Versi 23. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=qCtIDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=buku+tentang+spss&ots=bmtkLCYcrA&sig=YS5XCryRIHoVlMToX5yrKQIDXBI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Setiaji, Deden. (2022). Analisis Pembelajaran Seni Terhadap Esensi dan Tujuan Pendidikan. 7 (1), 1685-1693

Syaleh, H. (2020). Pelatihan Program Statistic Product and Service Solution (SPSS) bagi Mahasiswa dan Dosen Sekolah Tingggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi. 1 (1) , 14-21 https://www.journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/42/26

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society.: The development of higther psychological processes. Harvard University Pres




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 TIA DESTIANA PURI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: