IMPROVING SCIENTIFIC LITERACY SKILLS INTEGRATED WITH THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL

Irfandi Idris, Andi Maryam, Rusni Rusni, Rakhmiyanti Rakhmiyanti, Rizky Ekawati Ahmad

Abstract


Abstract: This study aims to improve elementary school students’ scientific literacy skills through the implementation of the Problem Based Learning (PBL) model. The research subjects were 28 fifth-grade students at SDN 26 Kota Sorong. The method used was classroom action research conducted in two cycles. Instruments included scientific literacy tests, observation sheets, and interviews. The results showed that the average scientific literacy score increased from 55.6 in the pretest to 79.2 in the posttest, with a total improvement of 42.4%. Improvements occurred across all aspects of scientific literacy, including explaining scientific phenomena, designing and evaluating scientific investigations, and interpreting data and evidence scientifically. The PBL model was proven to encourage active student engagement, foster critical thinking skills, and make the learning process more meaningful. Therefore, PBL is recommended as an effective instructional approach to enhance scientific literacy in elementary school science learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 26 Kota Sorong yang berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi tes literasi sains, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi sains siswa meningkat dari 55,6 pada pretest menjadi 79,2 pada posttest, dengan peningkatan sebesar 42,4%. Peningkatan terjadi pada seluruh aspek literasi sains, yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Model PBL terbukti mendorong keterlibatan aktif siswa, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna. Oleh karena itu, model PBL direkomendasikan sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi sains di sekolah dasar


Keywords


Kemampuan Literasi Sains; Integrasi; Model PBL;

Full Text:

PDF

References


Aini, M. Q. (2022). Perbedaan Literasi Sains Siswa Dalam Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning.

Aradia, F. F., & Anggiyani, R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswasma.

Dewanti, B. A., Aprilia, N. S., & ... (2022). Analisis Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Disertai Mind Mapping.

Gede Heri Pilawinata, I., Dewa Kadek Putrayasa, I., Putu Agus Suryadi, I., Nyoman Sukerta Yasa, I., Sari, N., Negeri, S., Bali, T., No, S., Bali, B., Bali, D., & Barat, L. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Project Based Learning. 15(1), 23–30.

Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & ... (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita.

Mahmudah, S., Widayati, M., & ... (2022). Peningkatan kemampuan literasi dan hasil belajar IPA melalui model problem based learning.

Malikhatun, U., & Artharina, F. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk. 781–788.

Mamusung, Y. Y., Nurfaika, N. N., & Lahay, R. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Popayato. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 9–14.

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89.

Novita, N., S, I. T. A., & Fatmi, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal on Education, 5(3), 6092–6100.

Nurulanningsih. (2023). Classroom action research as the professional development of indonesian language teachers. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61.

Pasiri, Y. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Rafi’y, M., Irawan, F., & Harahap, D. G. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals.

Rorimpandey, W., Philotheus Tuerah, & Widdy H.F Rorimpandey. (2023). Pengaruh Model PBL Dan Evaluasi Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Bilangan Bulat Kelas VI SD Negeri Desa Dodap. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 858–873.

Sonia, G., & Miterianifa, M. (2024). Model PBL adalah model pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan intelektual, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan partisipasi tim. Pemecahan masalah yang dilaksanakan menyesuaikan dengan kenyataan siswa.

Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi sains dan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran sistem ekskresi menggunakan pedoman praktikum berbasis literasi sains.

Supriyanto, S., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Kumparan Fisika, 5(1), 43–54.

Syafaat, F. M., B, R., & Muslimin, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Poster Session Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 160.

Tamam, A., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education.

Wijayanti, D. A., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2024). Penerapan Model PBL dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X4 SMAN Rambipuji. Jurnal Biologi.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fandi Idris Fandiidris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

 EDITORIAL OFFICE: