RELATIONSHIP OF INITIAL ABILITY AND LEARNING MOTIVATION TO LEARNING OUTCOME IN BASIC CHEMISTRY COURSE

Ika Farida Yuliana, Kriesna Kharisma Purwanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kemampuan awal dengan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar pada mata kuliah Kimia Dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia Angkatan 2017. Penelitian dilakukan dengan 3 tahap yaitu tahap identifikasi kemampuan awal, tahap identifikasi level motivasi belajar dan tahap analisis hubungan kemampuan awal dengan  motivasi belajar terhadap hasil belajar. Identifikasi kemampuan awal dilakukan terhadap 14 mahasiswa sebelum memperoleh matakuliah Kimia Dasar. Identifikasi motivasi dilakukan setelah proses perkuliahan dan tahap terakhir dilakukan setelah selesai pemberian matakuliah. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal mahasiswa memiliki pengaruh yang sangat erat dalam mempengaruhi hasil belajar dalam mata kuliah Kimia Dasar.

Abstract:  The purpose of study was to determine the relationship between initial ability and student motivation towards learning outcomes in Basic Chemistry. The research design used was descriptive qualitative. The research subjects were students of the Chemical Education Study Program Class of 2017. The research was conducted in 3 stages, namely the initial ability identification stage, the identification stage of the level of learning motivation and the analysis stage of the relationship between initial ability and learning motivation on learning outcomes. The initial ability identification was carried out on 14 students before Basic Chemistry course. Identification of motivation was carried out after the lecture process and the last stage was carried out after completing the course. Data collection techniques using interview instruments, tests and questionnaires. The results showed that students' initial abilities had a very strong influence on learning outcomes in Basic Chemistry course


Keywords


Initial capabilities; Learning motivation; Learning outcomes; Basic chemistry.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Corpriady, J. (2015). Penerapan SPBM yang Diintegrasikan dengan Program eXe Learning terhadap Motivasi Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Penerapan Spbm Yang Diintegrasikan Dengan Program eXe Learning Terhadap Mot. Jurnal Pendidikan, 5(2), 95–105.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. TEOREMA. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1070

Hasrida; Danial, M., & Salempa, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Maniangpajo (Studi Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit). Chemistry Education Review (CER), 1(1), 44. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5611

Hendratmoko et.al. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP, 3(2), 152–157.

Hsiao-Lin, T., Chi-Chin, C., & Shyang-Horng, S. (2005). The development of a questionnaire to measure students’ motivation towards science learning. International Journal of Science Education.

Koko, K. (2020). Implementasi Konsepsi Tujuan Pembelajaran PAI Untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1964

Kurbanoglu, N. I., & Akin, A. (2010). The relationships between university students’ chemistry laboratory anxiety, attitudes, and self-efficacy beliefs. Australian Journal of Teacher Education, 35(8), 48–59. https://doi.org/10.14221/ajte.2010v35n8.4

Prasetyowati, E. N., & Suyatno. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), 1(1), 67–74.

Rahayu, T., Kimia, P., Matematika, F., Alam, P., & Negeri, U. (2013). Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 18 Surabaya pada tingkat Analisis, Evaluasi, dan Kreasi pada Materi Titrasi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri. UNESA Journal of Chemical Education.

Riyadi, T., Sunyono, & Efkar, T. (2018). Hubungan Kemampuan Metakognisi dan Self Efficacy dengan Literasi Kimia Siswa Menggunakan Model SiMaYang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia.

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman:

Setiadi, I. (2018). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Berbantuan Macromedia Flash Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Improving of Academic Achievement thru Guided Inquiry Model of the Buffer Solution Materi. 9(1), 47–60.

Sugiarto. (2015). Definisi Penelitian Kualitatif Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Vegatama, M. R. (2018). Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 Ipa Sma Negeri 2 Arfak Chem: Chemistry Education Journal.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ika Farida Yuliana, Kriesna Kharisma Purwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: