ADAPTATION OF MUHAMMADIYAH ELEMENTARY SCHOOL IN SIDOARJO DISTRICT IN THE FACE OF THE COVID-19 PANDEMIC

Zuyyina Fihayati, Vanda Rezania, Hazim Hazim, Imada Cahyani Elvirawati, Isyanafik Isyanafik

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses adaptasi sekolah Muhammadiyah di tingkat SD/MI di Kabupaten Sidoarjo dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggabungkan dua teknik pengumpulan data, yaitu observasi partisipan dan wawancara semi terstruktur. Dalam pengambilan data,sekolah diklasifikasikan dengan menggunakan kategori sebagai berikut, antara lain: (1) sekolah di kawasan kota kategori besar, (2) sekolah di kawasan kota kategori kecil, (3) sekolah di kawasan desa kategori besar, dan (4) sekolah di kawasan desa kategori kecil. Hasil yang didapatkan yaitu sekolah-sekolah melakukan beberapa macam proses adaptasi, antara lain: (1) sistem pembelajaran daring, (2) sistem pembelajaran luring (offline, guru datang ke rumah dan membentuk sebuah kelompok belajar), (3) sistem pembelajaran berbasis kelas, dan (4) sistem pembelajaran tatap muka terbatas. Dengan berbagai macam proses yang telah dilakukan, sekolah-sekolah dapat mempertahankan eksistensi pembelajaran selama pandemi Covid-19.

Abstract: This study aims to determine the adaptation process of Muhammadiyah schools at the SD / MI level in Sidoarjo Regency in the face of the Covid-19 pandemic. This study combines two data collection techniques, namely participant observation and semi-structured interviews. In data collection, schools were classified using the following categories, including: (1) large schools in urban areas, (2) small schools in urban areas, (3) large schools in rural areas, and (4) large schools. in the small category village area. The results obtained are that schools carry out several kinds of adaptation processes, including: (1) online learning sistems, (2) offline learning sistems (offline, teachers come to the house and form a study group), (3) class-based learning sistems , and (4) face-to-face learning sistem is limited. With various processes that have been carried out, schools can maintain the existence of learning during the Covid-19 pandemic.


Keywords


School Adaptation; Primary School; Covid-19 pandemic; Muhammadiyah School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Masa, D., Di, P. C.-, Min, C.-, Aceh, B., Taradisa, N., & Jarmita, N. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Contraints Faced by The Princess Teacher at The Pandemic Time. 12(02), 141–154.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, Ria Puspita, Nabila Bunnanditya Tusyantari, dan M. S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 11.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Vanda, R., Muhlasin, A., Nurfi, L., & Alfiyah, N. (2020). Integrasi Islam Dan Saintifik Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Sebagai Pondasi Revolusi Industrti 4.0. Paedagoria :JurnalKajian, PenelitiandanPengembanganKependidikan, 11(2), 188–194.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK: Jurnal Guru Kita, 4(3), 51–58. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/19472/13983




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.4245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zuyyina Fihayati, Vanda Rezania, Hazim, Imada Cahyani Elvirawati, Isyanafik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: