EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Fanana Firdausil Jannah, Nur Fauziyah, Sri Suryanti

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring di era pandemi covid-19 melalui media google classroom pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yakni mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring di era pandemi covid-19 melalui media google classroom pada materi bangun ruang sisi datar yang dilihat dari keempat aspek. Sedangkan subjek penelitian adalah satu kelas yakni kelas VIII MTs. Muhammadiyah 4 Sidayu yang terdiri dari 27 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1)kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik dengan rata–rata keseluruhan pertemuan sebesar 100, 2)aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori aktif karena kategori tersebut mencapai 50% yaitu sebesar 76% dari rata–rata peserta didik pada kategori aktif, 3)respon peserta didik terhadap pembelajaran daring melalui media google classroom tergolong sangat positif karena persentase rata-rata secara keseluruhan yang menjawab “ya” 85%, dan 4)hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal sebesar 96%.

Abstract: The purpose of this study was to determine and describe the effectiveness of online learning in the era of the Covid-19 pandemic through google classroom media on the material of flat-sided building.This type of research is descriptive research,which describes the effectiveness of online learning in the era of the Covid-19 pandemic through google classroom media on flat-side building materials seen from four aspects. While the research subjects were one class, namely class VIII MTs.Muhammadiyah 4 Sidayu which consists of 27students. Data collection methods used were observation, questionnaires and learning outcomes tests.The research instrument used was the observation sheet on the ability of educators in managing learning, the student activity observation sheet, the student response questionnaire sheet, and the learning outcome test questions.The results obtained were 1)the ability of educators in managing learning reached very good criteria with an overall average of 100meetings, 2)the activity of students is included in the active category because that category reaches 50%,which is 76% of the average student in the active category, 3)the response of students to online learning through google classroom media is very positive because the overall average percentage who answered “yes”is85%, and 4)the learning outcomes of students were classically complete by 96%.


Keywords


Effectiveness; Online Learning; Google Classroom; Build a Flat Side Room.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. In Manajemen Penelitian.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1).

Fauziyah, N., Ma’rifah, U., Asari, S., & L. Maknun, C. (2021). Lesson Study for Learning Community to Support Creative Teachers in Designing Quality Learning: Lesson Study Practices on Bawean Island, Gresik Regency. Kontribusia (Research Dissemination for Community Development), 4(2). https://doi.org/10.30587/kontribusia.v4i2.2663

Fleenor, J. W. (2015). Herman Aguinis. Performance Management. 3rd Edition, Boston, MA: Pearson, 2013, 322 pages, $146.60 hardcover. Personnel Psychology, 68(1). https://doi.org/10.1111/peps.12098_2

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).

Myori E.D, Krismadinata, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2).

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan pengembangan pendidikan jarak jauh berbasis digital class platform edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII.

RI, K. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, STANDAR PR.

Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6).

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pembelajaran Daring, 2019.

Sukesih, S., Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2). https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.835

Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4500

Yensy, N. A. (2020). Metode Alternatif Menentukan KPK dan FPB Suatu Bilangan Bulat dengan Menggunakan Alat Peraga. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2). https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.107-114




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fanana Firdausil Jannah, Nur Fauziyah, Sri Suryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: