KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MOMENTUM DAN IMPULS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa fisika kelas X, (2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa fisika kelas X, (3) menentukan interaksi antara model learning cycle 5E dan gaya belajar pada kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain penelitian pre-test dan post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X, dan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dan ditentukan kelas X MIA 1 sebagai eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes esai yang terdiri dari 10 pertanyaan dan data kemampuan gaya belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 30 pertanyaan. Data post-test diuji untuk abnormalitas dan homogenitas dan selanjutnya dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis varian dua arah. Hasil uji hipotesis menunjukkan jika sig <0,05 Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan: (1) model learning cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa fisika kelas X, (2) gaya belajar tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa fisika kelas X, (3) tidak ada interaksi antara model learning cycle 5E dan gaya belajar pada keterampilan berpikir kritis siswa fisika kelas X.
Kata kunci : model learning cycle 5E, kemampuan berpikir kritis, gaya belajar.
ABSTRACT
This study aims to determine (1) the effect of learning cycle model 5E on physic student’s critical thinking skills of class X, (2) determine the effect of learning styles on physic student’s critical thinking skills of class X, (3) determine the interaction between learning cycle model 5E and learning style on physic student’s critical thinking skills of class X. This research type is quasi exsperiment with research design pre-test and post-test group control design. The population this study is all student’s of class X, and the sampe was selected by cluster random sampling technique and obtained X MIA 1 class as exsperiment and X MIA 3 class as control. The exsperiment class using learning cycle 5E model and control class using conventional model. The critical thinking ability’s data collected by essay test that are 10 questions and the learning style ability’s data collected using questionnaires that are 30 questions. Post-test data tested for naormality and homogeneity and next with hypothesis testing using analysis of variance two ways. Hypothesis test results show if sig<0,05 Ha be accepted. So that it can be concluded: (1) learning cycle 5E model take effect on physic student’s critical thinking skills of class X, (2) learning style no effect on physic student’s critical thinking skills of class X, (3) nothing interaction between learning cycle 5E model and learning style on physic student’s critical thinking skills of class X.
Keywords : learning cycle 5e model, critical thinking skills, leraning style.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Athiyah, Z., Handayanto, A., & Purwati, H. (2014_. Pengembangan Cd Interaktif Dengan Menggunakan Model Learning Cycle “5E” Berbantuan Software Geogebra Pada Pokok Bahasan Segi Empat. In MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014.
Febriani, S., Taufik, M., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Man 1 Mataram Ditinjau Dari Gaya Belajar Vak, 5(1), 82-90.
Fleming, N., & Baume, D. (2006). Learning Styles Again: VARKing up the right tree. Educational developments, 7(4), 4.
Gunawan, G., & Liliasari, L. (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern Untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, (2).
Hair, J. F., Black W. C., Babin B. J., & Anderson R. E. (2006). Multivariate Data Analysis. Pearson Education: New Jearsey.
Hikmawati. (2015). Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 24-37.
Holden, J. T., & Westfall, P. (2012). Learning styles and generational differences: Do they matter. Evaluating The Impact And Variability Of Learning/Cognitive Styles And Generational Differences On Instructional Design.
Kholifudin, M. Y. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng dan DIY, 0853-0823.
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67.
Lestari, A. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik). Journal Pendidikan Matematika UNP, 1(1), 1-7.
Prayogi, S., Yuanita, L., & Wasis. (2018). Critical-Inquiry-Based-Learning: Model of Learning to Promote Critical Thinking Ability of Pre-service Teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 947, 1-7.
Pritchard, A. (2009). Ways of Learning, Learning Theories and Learning Styles in The Classroom. New York. Routledge Taylor & Francis Group.
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Rusnilawarni, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Watampone. Chemistry Education Review (CER), 45-53.
Septiana, I. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Gerung (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving skills. The Journal of Research in Business Education, 50(2), 90.
Sularso, A., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma N Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 4(2), 1-4.
Verawati, N. N. S. P., Wahyudi, W., & Taufik, M. (2013). Efek Dan Konstribusi Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Berbasis Model Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 232-239.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: