FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Abstract
Abstrak: Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen menggunakan analisis data statistika di SMA Negeri 1 Jabiren Raya. Data yang digunakan adalah data primer sebanyak 41 siswa kristen kelas X SMA yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel gerombol. Analisis data statistika deskriptif dan analisis regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen (Y) di SMA Negeri 1 Jabiren Raya adalah Minat Pelajaran (X1), Suasana Belajar (X2), Fasilitas Belajar (X3) dan Dukungan Keluarga (X4), dengan nilai signifikansi < 0.05. Minat Pelajaran, Suasana Belajar, Fasilitas Belajar dan Dukungan Keluarga sangat penting untuk dioptimalkan sehingga siswa dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen.
Abstract: Motivation is very important in learning activities, because the motivation encourages the spirit of learning and vice versa the lack of motivation will weaken the spirit of learning. This reseacrh aims to determine the factors that influence the learning motivation of Christian religious education using statistical data analysis at SMA Negeri 1 Jabiren Raya. The data used was primary data of 41 christian students of class X high school which were taken using cluster sampling techniques. Descriptive statistical data analysis and multiple linear regression analysis to see the relationship between independent variables to dependent variable. The results showed the factors that influence the Learning Motivation of Christian Religious Education (Y) at SMA Negeri 1 Jabiren Raya are Lesson Interest (X1), Learning Atmosphere (X2), Learning Facilities (X3) and Family Support (X4), with a significance value of < 0.05. Lesson Interest, Learning Atmosphere, Learning Facilities and Family Support are very important to be optimized so that students can increase Learning Motivation of Christian Religious Education.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agro, F., Siringo-ringo, E., Nainggolan, R.B.M. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Motivasibelajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII Dan VIII Di SMPTK Anugerah Sinagoge Medan Tahun Ajaran 2019/2020. PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan dan Teologi. 3(2). 110-127. https://journal.sttasm.ac.id/index.php/provedensi/article/view/101/43
Boiliu, F.M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 4(1), 247 – 255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464
Bululung, W., Prang, J.D., & Mongi, C.E. (2021). Analisis Regresi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah di Kota Manado Sulawesi Utara. D’Cartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi. 10(2), 40 – 46. https://doi.org/10.35799/dc.10.2.2021.34700
Khoe, Y.T., (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.
Kusumaningrini, D.L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(01), 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Lawendatu, J.R., Kekenusa, J.S., & Hatidja, D. (2014). Regresi Linier Berganda Untuk Menganalisis Pendapatan Petani Pala. D’Cartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi. 3(1), 66-72. https://doi.org/10.35799/dc.3.1.2014.3998
Lukas L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen. 2(1). 73-84. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/89/56
Lumi, M., Umboh, A., Tumurang, M., & Pongoh, J. (2016). Motivasi Kader Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Koya Kecamatan Tondano Selatan Tahun 2016. Community Health. 1(1). 45-52
Myers, R.H. (1990). Classical and Modern Regression with Applications. Boston: PWS-KENT Publishing Company.
Pongoh, F.D. (2022). Analisis Chi-Square, Studi Kasus: Hubungan Motivasi, Keinginan dan Cita-cita masuk IAKN Palangka Raya. D’Cartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi. 11(1), 9-11. https://doi.org/10.35799/dc.11.1.2022.39266
Prihatini, R. (2016). Motivasi Dalam Belajar. (https://basipda.bekasikab.go.id/berita-motivasi-dalam-belajar.html.).
Rahmelia, S., Prasetiawati., Haloho, O., Pongoh, F.D., & Purwantoro, B. (2022). Building an Environment That Motivates Education Sustainability in Tumbang Habaon Village, Gunung Mas, Central Kalimantan Province, During Pandemic through Participatory Action Research between Parents, Schools and Church. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 6(1). 204-220
Rotinsulu, R.A.L., Umboh, J.M.L., Pongoh, J. (2018). Hubungan antara pengetahuan, ketersediaan sarana, dan motivasi dengan kepatuhan penerapan kewaspadaan standar oleh dokter gigi di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Kota Manado. Jurnal Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi. 64-80
Rubiana, E.P., & Dadi. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Ipa Siswa Smp Berbasis Pesantren. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2), 12-17. (https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bioed/article/viewFile/4376/3478.
SMA Negeri 1 Subah. (2022). Motifasi Belajar Siswa. (https://www.sman1subah.sch.id/index.php?id=artikel&kode=30)
Sriyanti, F.S. & Wenas, M.L. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Agama Kristen Pada Siswa. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen). 1(1), 30-40. https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/57/5
Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasia Motivasi. Jakarta: Elex Media Kompitundo.
Toisuta, J.J. (2018). Pengaruh Lingkungan Kos-Kosan Terhadap Motivasibelajar Mahasiswa STAKPN Ambon. INSTITUTIO: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. 4(2). 47-60. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/152/87
Triadi, D., (2020). Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Abad 21di SMAN 1 Pulang Pisau. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian. 6(2). 418-430. https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2377/1880
Wirawan, A. (2021). Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pendekatan Pembentukan Karakter Anak. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen. 1(1). 18-33. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/29/19
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.11826
Refbacks
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Copyright (c) 2023 Fernando Dorothius Pongoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
EDITORIAL OFFICE: