PENGGUNAAN MEDIA GO KREASI UNTUK GENERASI DIGITAL NATIVE DI GANESHA OPERATION

Putri Beny Mawarsih, Djodjok Soepardjo, Wisma Kurniawati

Abstract


Abstrak: Penelitian yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menjabarkan mengenai dampak positif penggunaan media GO Kreasi untuk generasi digital native. Pada era ini sistem di kehidupan masyarakat bergeser menjadi keseimbangan antara manusia dengan teknologi, melihat siswa yang dihadapi masa kini adalah siswa digital native merupakan generasi yang lahir dan tumbuh bersama berkembangnya teknologi yang sangat pesat. Mereka memiliki karakteristik menyukai segala sesuatu berkaitan teknologi dan inovasi serta kolaborasi. Oleh karena itu penting bagi sebagai guru untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul akan dianalisis sesuai dengan pembahasan topik terkait dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian, dan simpulan. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah mengenai gambaran digital native di Ganesha Operation, gambaran aplikasi GO Kreasi, dan dampak positif dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Abstract:  The current research aims to describe the positive impact of using GO Kreasi media for the digital native generation. . In this era the system in society's life is shifting to a balance between humans and technology, seeing that the students faced today are digital native students, a generation that was born and grew up with the very rapid development of technology. They have the characteristic of liking everything related to technology, innovation and collaboration. Therefore, it is important for teachers to utilize technology in the teaching and learning process. The research method used is descriptive qualitative by conducting observations and interviews. The data that has been collected will be analyzed according to the discussion of related topics using data reduction, presentation and conclusion methods The resulting research is about the digital native image in Ganesha Operation, the description of the GO Kreasi application, and the positive impact of using the application.


Keywords


digital native; media pembelajaran; dampak positif

Full Text:

PDF

References


Afni, Nur, Abdul Wahid, Sri Hastati, Abrina Maulidnawati Jumrah, Muthmainnah Mursidin, Pend Bahasa Inggris, and Universitas Islam Makassar. (2021). “Kemajuan Model Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba” 2 (2): 137– 42. Madaniya, 2(2), 137-142. https://Doi.Org/10.53696/27214834.6

Asaniyah, N. (2017). Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumi-Gasi. Buletin Perpustakaan, (57), 85-94. Retrieved from https://jour-nal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9105.

Diknas, G. (2020). pgdiknas.kemendikbud.go,id/read-news. Diambil kembali dari pgdiknas.kemendikbud.go,id: http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/perubahandalam-dunia-pendidikan-perlu-dilakukan

Fauziati, E. (2016). Child Friendly School: Principles and Practices. The First International Conference on Child - Friendly Education, 95–101. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7200/1 -Endang Fauziati.pdf?sequence=1#:~:text=A school is considered child,-centered and learningfriendly.

Fatihahsari, F., & Darujati, C. (2021). Analisis Usability

Mobile Apps Edlink dengan Menggunakan Heuristic Evaluation. Sistemasi, 10(2), 404-413.

Gumelar, D. R., & Dinnur, S. S. (2020). Digitalisasi Pendidikan Hukum Dan Prospeknya Pasca Pandemi Covid-19. Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Peradilan Islam, 1(2), 111-122. Doi https://doi.org/10.15575/as.v1i2.9909.

Ghufron, G. (2018). “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat 23 Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022 2018, 1(1): 332– 337 http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73/45

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), https://Doi.Org/10.30742/Tpd.V2i2.1070

Hasanuddin, H., Puryadi, P., & Jayadi, A. (2022). Analisis Kesiapan Digitalisasi Sekolah Jenjang SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 1–13. https://Doi.Org/10.35326/Pencerah.V8i1.1855

Juliane, Christina (2017). Digital Teaching Learning For Digital Native; Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4273

Mariyati, D., Cholifah, P. S., & Sukamti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 991–1002. https://doi.org/10.17977/um065v1i12202 1p991-1002

Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran

Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104-110.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, Methods Sourcebook, Third Edition. Washington: Sage Publications. Inc.

Nafi’ah Setiani, N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital Dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar Menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding Semai Seminar Nasional Pgmi 2021, 411–427.

Ni’mah, D. Z., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Fleksibilitas Dan Aksesibilitas Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 84-90. Doi https://doi.org/10.46772/se-mantika.v3i01.570.

Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengisian Konten Pembelajaran Pada SMKN 3 Seluma Untuk Mendukung SMK-PK Tahun 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55–60.

Putra, A. H. (2022). Bimbingan dan konseling di perguruan tinggi pada era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1), 128-136. Retrieved from http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/24.

Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, F., Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Educa-tion, 1(4), 179-186. Retrived from https://journal.publication-center.com/in-dex.php/ijte/article/view/473

Rais, N. A. R. (2021). Komparasi Aplikasi Daring dalam Pembelajaran Kuliah dimasa Pandemi Virus Corona. Jurnal Informatika, Komputer Dan Bisnis (JIKOBIS), 1(01), 19–31.

Rozikin Mochammad, R. A. (2020). Library 4.0: Eco-Blended Library And Library Inclusion. Khizanah Al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 117-118.

Sarasvananda, I. B. G., Anwar, C., & ... (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-CRM (Studi Kasus: BP3TKI Lampung). … Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI/article/view/1026

Sudirman, E. (2020). Strategi Usaha Kecil Menghadapi Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 142-151. DOI https://doi.org/10.32502/jimn.v9i2.2554.

Sukirman. (2017). Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, August 2017, 21–30. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11 617/9601

Suharjuddin, & Markum. (2021). Child-Friendly School Policy w ith Children ’ s Rights Approach in Bekasi City. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 387–397.

Srirahayu, D. P. (2021). Alasan Generasi Digital Native Menggunakan Perpustakaan. Retrieved Juli 25, 2022, from news.unair.ac.id: https://news.unair.ac.id/2021/07/28/alasan-generasi-digital-native-menggunakan-perpustakaan/?lang=id

Waliyuddin, D. S., & Sulisworo, D. (2022). Tes Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Literasi Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 47-52 https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.310

Yuni, E., Dwi, W. ;, Sudjimat, A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. In Repository.Unikama.Ac.Id (Vol. 1) .https://Repository.Unikama.Ac.Id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.21578

Refbacks



Copyright (c) 2024 Putri Beny Mawarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

..

 EDITORIAL OFFICE: