PELATIHAN PENGELOLAAN KONTEN DIGITAL MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG RENCANA PEMBANGUNAN PERKOTAAN DI KOTA MATARAM

Fariz Primadi Hirsan, Agus Kurniawan, Sri Rahmi Yunianti, Rasyid Ridha, Armei Rapudin

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Perkembangan teknologi informasi terutama media sosial membawa suatu perubahan di dalam masyarakat. Media sosial sebagai media platform digital yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi secara online. Pengguna dapat membuat, berbagi, dan bertukar informasi dengan pengguna lain. Media Sosial saat ini dipergunakan juga sebagai wadah interaksi antara masyarakat dan pemerintah dalam hal melakukan interaksi terkait evaluasi rencana pembangunan yang sedang berlangsung, atau sebagai media mengutarakan ide-ide terkait pembangunan perkotaan khususnya di Kota Mataram. Masalah yang dihadapi dewasa ini terkait konten media sosial adalah, kurangnya substansi dari konten sosial media yang sering digunakan, sehingga perlu dilakukan pelatihan terkait konten-konten yang sesuai dengan substansi dari penggunaan media sosial tersebut, dengan maksud agar masyarakat, terutama content creator secara khusus dan masyarakat secara umum dapat berkontribusi dalam upaya sharing informasi dengan pemerintah sebagai kontribusi dalam perencanaan kota. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode pendekatan ceramah-partisipatif, praktik, dan demo hasil berbasis teknologi digital.Hasil yang dicapai pada kegiatan pengabdian ini menunjukkan hasil yang signifikan dari perubahan substansi konten media sosial yang telah disusun. Dari keseluruhan peserta, 90% peserta mampu menghasilkan konten yang berkualitas ditunjukkan dari kualitas visual maupun substansi konten, mudah dipahami tujuan dari konten yang disusun tersebut. Pelatihan ini juga memberikan solusi bagi masyarakat dalam memberikan masukan secara santun, terpercaya dan interaktif, sebagai bentuk partisipasinya dalam kegiatan rencana perkotaan.

 

Kata kunci: Konten Digital; Media Sosial; Rencana Kota; Pembangunan

 

ABSTRACT

The advancement of information technology, particularly social media, has brought significant changes within society. Social media, as a digital platform, enables users to interact online, allowing them to create, share, and exchange information with others. Currently, social media is also utilized as a medium for interaction between the community and the government, facilitating engagement concerning the evaluation of ongoing development plans or as a platform for expressing ideas related to urban development, especially in Mataram City. A prevalent issue nowadays regarding social media content is the lack of substantiality. Therefore, training on appropriate content, aligned with the substance of social media usage, is essential. The aim is to empower the community, specifically content creators and the general public, to contribute to information sharing with the government as a valuable input for urban planning. This community service initiative employed a participatory lecture approach, practical sessions, and digital technology-based demonstrations. The results achieved from this activity showed a significant improvement in the substance of the social media content produced. Out of all participants, 90% were able to generate high-quality content, evidenced by both visual quality and content substance, and the clarity of the content's objective. This training also offered a solution for the community to provide feedback respectfully, reliably, and interactively, as a form of their participation in urban planning activities.

 

Keywords: Digital Content; Social Media; Urban Planning; Development


Keywords


Digital Content; Social Media; Urban Planning; Development

Full Text:

PDF

References


Aji, M. P. (2025). Sosialisasi Birokrasi Digital dan Keamanan Siber di Era Masyarakat Digital 5.0 Bagi Warga di Kelurahan Pangkalan Jati, Kota Depok. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 654-661. doi:https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.12608

Gustini. (Januari 2025). Pelatihan Content Creator Pemula Dalam Memasuki Industri Konten Di Kab. Bengkulu Tengah. Jurnal Semarak Mengabdi, 4(1), 27-32. doi:https://doi.org/10.56135/jsm.v4i1

Hasan, D. A. (2023). Strategi pengelolaan media sosial Instagram pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung. Comdent: Communication Student Journal, 1(2), 355-372. doi:https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.52725

Hirsan, F. P. (Juni 2024). Pendampingan kegiatan pelatihan muatan pemetaan rencana tata ruang bagi agen gotong royong di kabupaten Sumbawa Barat. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 2040-2050.

Kemp, S. (den 1 Februari 2025). We Are Social. Hämtat från We Are Social: https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/ 2025

Khristianto, T. (Maret 2024). Peran Penting Keterlibatan Masyarakat dalam Implementasi Smart City di Kota Semarang. IKRAITH-INFORMATIKA, 8(1), 262-269. doi:https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i1

Lestari, A. P. (September 2022). Strategi Pengelolaan Instagram Sebagai Media Informasi Publik Oleh Pemkot Bogor Di Masa Pandemi Covid-19. Kanal : Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 26-34. doi:https://doi.org/10.21070/kanal.v11i1

Ritonga, R. R. (Juli 2024). Analisis Peran Media Sosial Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 1(4), 754-770. Hämtat från https://doi.org/10.61722/jinu.v1i4.1857

Shabrina, A. (Juni 2023). Pelatihan Content Creator Bagi Siswa SMK Telkom Bandung. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 65-73. doi:DOI 10.30656/ps2pm.v5i1.5928

Siregar, R. B. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Komunikasi Pembangunan di Kota Medan. Sibatik Journal, 2(3), 1047-1054. doi:https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3

Sirmayanti. (2022). Pemberdayaan Media Kreativitas Pemuda Melalui Content Creator Media Sosial. Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2022. 6, ss. 327-333. Makassar: Pusat Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Syuderajat, F. (September 2017). Pengelolaan Media Sosial Oleh Unit Corporate Communication PT. GMF Aeroasia. Komuniti (Jurnal Komunikasi & Teknologi Informasi), 9(2), 81-97. Hämtat från https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/4173/3499

Wibawa, F. A. (Februari 2023). Pelatihan Desain Dan Konten Sosial Media Sebagai Penguatan Promosi Pasar Kreatif Rejomulyo. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 7(1), 147-161. doi:http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i1.2555

Wijoyo, H. (November 2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 169-175. doi:https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v3i3

Zhang, C. (2024). The Role of Social Media in Urban and Rural Planning. The International Conference on Global Politics and Socio-Humanities. 3, ss. 204-211. Boston: Northeastern University. doi:DOI: 10.54254/2753-7064/28/20230298




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.