PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH DENGAN TEMA PENGIMPLEMENTASIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLEGENCE DI SEKOLAH

Firstya Evi Dianastiti, Aptia Ardiasri, Fitria Wiyarti Nindyaningrum, Mei Purwantini, Zahra Dwi Adhinessa

Abstract


Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru mitra dalam pengembangan multimedia interaktif berbasis artificial intelligence, dan (2) meningkatkan keterampilan guru mitra dalam menyusun artikel ilmiah dengan tema implementasi media pembelajaran di sekolah. Mitra sasaran dari program PkM ini adalah mitra non-produktif, yaitu para guru di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Metode yang akan diterapkan dalam program PKM ini menggunakan model pembelajaran partisipatif dan project based learning (PjBL). Materi yang disampaikan adalah: (1) Padlet sebagai alternatif media pembelajaran interaktif berbasis AI; (2) penyusunan artikel ilmiah yang dilengkapi dengan materi pedoman pemilihan jurnal ilmiah bereputasi dan panduan pengiriman naskah ke jurnal. Hasil pelaksanaan program menunjukkan peningkatan pengetahuan guru terhadap AI yang dapat digunakan untuk menyusun media pembelajaran interaktif dan membantu penulisan artikel ilmiah. Saran yang dapat diberikan kepada tim pengabdi lainnya adalah masih perlu pelatihan tentang berbagai jenis AI penunjang pembuatan media pembelajaran interaktif selain Padlet. Kemudian, perlu pendampingan secara terstruktur dengan durasi waktu yang lebih lama untuk membantu guru menyusun artikel ilmiah secara utuh hingga sampai pada tahap mempublikasikannya.


Keywords


artikel ilmiah; media pembelajaran interaktif; artificial intellegence

References


Anwar, N. R. (2024). Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru padaTransformasi Digital. Journal of Smart Community Service(JSCS), 2(1), 28–36. https://journal.cahyaedu.com/index.php/jscs/article/view/43/28

Assidik, G. K., Dianastiti, F. E., & Vinansih, S. T. (2022). From ICT-Based Learning Media to Gamification Optimalization: learning Media Research Projection Based on Bibliometric Analysis. Proceedings of the 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022), 1, 21–34. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8

Fauziah, N. M., Widodo, W., Hidayati, S. N., Aulia, V., Sari, D. P., & Zahro, F. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Guru untuk Mengimplementasikan Teknologi AI dalam Pengembangan Media Pembelajaran Optimizing the Independent Curriculum through Teacher Training Assistance to Implement AI Technology in the Development of L. 6(4), 702–714.

Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Eka Putri, D. A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Oleh Guru Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.512

Guntoro, T. S., S, A. C., & Nasruddin, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Membuat Video Pendukung Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Inshot Dan Vn Bagi Guru Olahraga Di MGMP Kota Jayapura. Journal of Community Empowerment, 1(2), 75. https://doi.org/10.31764/joce.v1i2.11203

Ismiati, I., Sahratullah, S., Suparman, S., & Sumarlin, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Ptk Dan Publikasi Ilmiah Bagi Anggota Kkg Sekolah Dasar. Journal of Community Empowerment, 2(2), 62. https://doi.org/10.31764/joce.v2i2.19915

Kamarudin, & Pahar, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13807

Krauss, J., & Boss, S. (2014). Thinking Through Project-Based Learning: Guiding Deeper Inquiry. In Library Media Connection (Vol. 32, Issue 4). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lxh&AN=94059735&site=ehost-live

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh [Training on Information Technology-Based Learning Media to Improve Teachers’ Skills in Distance Learning]. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.

Tajuddin, S., Anoegrajekti, N., Attas, S. G., & Rahman Bahtiar, I. (2023). Peningkatan Kompetensi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Bagi Guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Cianjur. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2594–2599. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6446




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.