TEHNIK SMM (SOCIAL MEDIA MARKETING) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM

Laila Farhat, Friska Artaria Sitanggang, Fitri Novi Windu, Vanesya Zahwa Meyndi, Putri Juliasari

Abstract


ABSTRAK

Pemasaran online merupakan suatu hal yang penting bagi konsumen dalam mengenal produk kita. Berdasarkan riset baru dari Google dan termasuk dalam laporan e-Conomy SEA 2021 menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia tahun ini mencapai US 227 Miliar  atau sekitar 391 triliun di mana salah satu penyumbang kontribusi tersebut adalah dari pelaku UMKM. Menyadari perannya yang besar dalam perekonomian sepantasnya jika perhatian pemerintah lebih banyak di curahkan  untuk mendorong kemandirian dan keberhasilan pelaku usaha UMKM salah satunya UMKM Stick Binahong  Sarfin di bawah binaan UP2K PKK Kel. Selamat Kota Jambi. Permasalahan di UMKM Stick Binahong Sarfin adanya persaingan pasar dalam menjual produk mereka hal ini di karenakan keterbatasan pengetahuan tentang penggunaan media sosial pemasaran. Sehingga perlu dilakukan pelatihan terkait penerapan Social Media Marketing agar UMKM Stick Binahong Sarfin dapat  memiliki Akun Media Social khusus Penjualan Produk dan dapat bersaing dengan produk serupa lainnya. Pelaksanaan Pengabdian ini menggunakan metode pendekatan ceramah, diskusi, praktik dan demo. Hasil yang di capai pada kegiatan pengbadian ini menunjukkan hasil yang signifikan dari pengetahuan peserta bertambah 85 % dan telah memiliki Akun media social pemasaran seperti Instagram, WhatsApp dan Tiktok. Program PMP ini juga memberikan solusi bagi Binaan UP2K PKK Stick Binahong  Sarfin dalam usaha meningkatkan penjualan mereka.

 

Kata kunci: Social Media Marketing (SMM), Penjualan, UMKM Stick Binahong, PKK

 

ABSTRACT

Online marketing is crucial for consumers to learn about our products. New research from Google, included in the 2021 e-Conomy SEA report, shows that Indonesia's digital economy reached US$227 billion this year, or approximately IDR 391 trillion. MSMEs contribute significantly to this. Recognizing their significant role in the economy, the government should devote more attention to encouraging the independence and success of MSMEs, one of which is the Stick Binahong  Sarfin MSME, located in Selamat Village, Jambi City, under the guidance of the Family Welfare Movement (UP2K PKK). The Stick Binahong  Sarfin MSME faces challenges in the market due to limited knowledge of social media marketing. Therefore, training is needed to implement social media marketing so that the Stick Binahong  Sarfin MSME can have a dedicated social media account for product sales and compete with similar products. This community service program utilizes lectures, discussions, practical exercises, and demonstrations. The results of this community service activity showed a significant increase in participants' knowledge by 85% and the creation of social media marketing accounts on Instagram, WhatsApp, and TikTok. The PMP program also provided solutions for the UP2K PKK Stick Binahong Sarfin  members to increase their sales.

 

Keywords: Social Media Marketing (SMM), Sales, UMKM Stick Binahong, PKK

Keywords


Social Media Marketing (SMM); Penjualan; UMKM Stick Binahong; PKK

Full Text:

PDF

References


Workshop "Strategi Digital Marketing dan Sosial Media Sebagai Media Promosi Produk dan Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha di SMK N 4 Kota Jambi. https://doi.org/10.33998/jpmu.v2i1

Shabrina, A. S., & Arifputri, A. N. (2023). Pelatihan Content Creator Bagi Siswa SMK Telkom Bandung. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i1.5928

Sjoraida, D. F., Siti Masruroh, Andriya Risdwiyanto, Arvin Hardian, & Evi Meidasari M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 2044–2049. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1528

Welsa, H., Kusuma Ningrum, N., & Saputri, S. (2024). Pengaruh Tampilan Website dan Kemudahan Pengguna terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening : Studi Kasus Pada Ecommerce Tokopedia di Yogyakarta. Al-Kharaj: Journal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.168




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.