LITERASI CILIK: PENDAMPINGAN BACA TULIS ANAK DESA MARGODADI

Fisnia Pratami, Nindy Devita Sari, Intan Ramadani, Ahmad Lutfil Khadiq, Rega Kusuma Wardhana

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Literasi dasar, khususnya membaca dan menulis, merupakan fondasi penting bagi perkembangan akademik dan sosial anak. Namun, anak-anak di Desa Margodadi masih menghadapi kendala, seperti rendahnya penguasaan huruf, kesulitan membaca kalimat sederhana, serta keterbatasan dalam menulis dengan ejaan yang benar. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dasar anak melalui strategi pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan dalam empat tahapan. Pertama, persiapan, yang meliputi koordinasi dengan pihak desa dan orang tua siswa, identifikasi kebutuhan, serta penyusunan perangkat pembelajaran. Kedua, implementasi, dilakukan selama dua belas kali pertemuan dengan pendekatan belajar sambil bermain melalui media kartu huruf, permainan kata, dan komik edukatif. Ketiga, monitoring dan evaluasi, dilakukan secara berkala untuk menilai perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa melalui observasi, tes sederhana, serta analisis hasil belajar. Keempat, pelaporan, yaitu penyusunan hasil kegiatan dan rekomendasi tindak lanjut. Peserta program terdiri atas sebelas siswa (1 siswa TK, 7 siswa kelas II, dan 3 siswa kelas III). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan: anak TK yang semula belum mengenal huruf mampu mengenali hampir seluruh alfabet dan mulai mengeja; sebagian besar siswa kelas II sudah lancar membaca kalimat sederhana dan mulai menulis dengan ejaan benar; sementara siswa kelas III semakin terampil menulis kalimat dengan struktur yang lebih baik. Nilai membaca berada pada rentang 76–95 dengan rata-rata 85,1, sedangkan nilai menulis pada rentang 72–90 dengan rata-rata 82,5. Sebanyak 82% siswa berada pada kategori baik hingga sangat baik. Dengan demikian, program PKM literasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis dasar anak sekaligus menumbuhkan motivasi serta rasa percaya diri.

 

Kata kunci: Literasi Anak; Membaca; Menulis; Pendampingan

 

ABSTRACT

Basic literacy, particularly reading and writing, is a crucial foundation for children’s academic and social development. However, children in Margodadi Village still face several challenges, such as limited mastery of letters, difficulties in reading simple sentences, and constraints in writing with correct spelling. This Community Service Program (PKM) aims to improve children’s basic literacy skills through creative and enjoyable learning strategies. The activities were carried out in four stages. First, preparation, which included coordination with the village authorities and parents, needs identification, and the development of learning tools. Second, implementation, conducted over twelve meetings using a learning-by-playing approach through letter cards, word games, and educational comics. Third, monitoring and evaluation, conducted regularly to assess students’ reading and writing progress through observation, simple tests, and analysis of learning outcomes. Fourth, reporting, which involved compiling the results of the program and providing recommendations for follow-up actions. The program participants consisted of eleven students (1 kindergarten student, 7 second graders, and 3 third graders). The results showed significant improvement: the kindergarten student who previously did not recognize letters was able to identify almost the entire alphabet and began spelling; most second graders became fluent in reading simple sentences and started writing with correct spelling; while third graders showed greater ability in writing sentences with better structure. Reading scores ranged from 76 to 95 with an average of 85.1, while writing scores ranged from 72 to 90 with an average of 82.5. A total of 82% of students fell into the good to very good categories. Thus, this PKM literacy program proved effective in improving children’s basic reading and writing skills while also fostering motivation and self-confidence.

 

Keywords: Children's Literacy; Reading; Writing; Assistance


Keywords


Literasi Anak; Membaca; Menulis; Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Dewi, R. P., Ramadhani, R., Rahayu, R. A., Media, A., & Suriani, A. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 304–319.

Efendi, A., & Subayani, N. W. (2025). Analisis keterampilan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.IdJIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 266–270. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/6933

Farhan, M., Handayani, L., Adila, N., Putra, R. P., Kurniawan, D. C., Hakiki, D. A., & Pradana, A. (2024). Pendampingan Belajar Calistung Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Anak-Anak di Desa Dusun Mudo. Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21–28. https://online-journal.unja.ac.id/jppm/article/view/30469/17887

Fatmasari, R. K., & Fitriyah, H. (2018). Keterampilan Membaca. STKIP PGRI Bangkalan. https://stkippgri-bkl.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/buku-pdf.pdf

Gunawan, H. S., & Arif, A. (2025). Pendampingan literasi membaca anak usia dini melalui pusat ruang inspirasi belajar aktif di Desa Cikalong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–12. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah/article/view/6892/2601

Hapsari, A. S., Nuraeni, Y., Fitria, S. M., Ulhaq, V. D., & Awalina, R. P. (2025). Eksplorasi penggunaan media pembelajaran Games Book untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas 3 SD. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(1), 69–78. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Katalis/article/view/1201/1702

Hilmawan, H., & Darmawan, N. H. (2024). Implementasi Program Literasi Membaca dan Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi. Madaniya, 5(2), 547–554. https://www.madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/805/549

Pratami, F., Devita Sari, N., Anam, S., Akhodiyah, S., & Rosulana, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Komik Digital Menggunakan Pixton App di SMK Al-Ittihad OKU Timur. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9232–9237. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33731

Pratami, F., dkk. (2023). Pendampingan Pembuatan Pojok Literasi pada PKK. Monsuan: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/monsuan/article/view/2286

Suastika, N. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1072738&val=16134&title=Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar

Subadiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 111–123. https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1502

Usumawardhani, T. dkk. (2025). Pengaruh Literasi Rumah terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Prasekolah. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 13–23. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/1119




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.