UPAYA PREVENTIF KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH MELALUI EDUKASI DINI TENTANG PENGENALAN BATASAN TUBUH PRIBADI DI TK TUNAS ISLAM BANTUL

Masta Hutasoit, Dwi Kartika Rukmi, Nur' Aini Purnamaningsih

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Kekerasan seksual terhadap anak merupakan permasalahan serius yang berdampak negatif pada perkembangan fisik, psikologis, dan sosial anak. Data menunjukkan peningkatan kasus kekerasan seksual pada anak di berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan yang efektif untuk melindungi anak-anak dari ancaman tersebut. Salah satu metode yang telah terbukti efektif adalah melakukan edukasi secara dini tentang batasan tubuh pribadi pada anak. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman anak usia sekolah tentang pencegahan kekerasan seksual dengan mengajarkan tentang batasan tubuh pribadi di TK Tunas Islam Bantuk. Mitra pada pelaksanaan pengabdian ini adalah Taman Kanak-kanak Tunas Islam Bantul, yang berjumlah 52 anak dengan rentang usai 5-7 tahun. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam 3 tahapan tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap persiapan meliputi pengurusan surat izin, persiapan materi edukasi, persiapan ruangan dan peserta. Tahap pelaksanaan kegiatan yaitu melakukan pendidikan kesehatan dengan menggunakan video animasi untuk meningkatkan retensi pemahaman anak usia prasekolah. Setelah menonton video dilanjutkan dengan penjelasan materi. Kemudian anak usia pra sekolah diajarkan lagu tentang ”sentuhan boleh, dan sentuhan tidak boleh” dinyanyikan secara berulang-ulang. Tahap evaluasi adalah melakukan evaluasi kepada anak-anak terkait pengetahuan kekerasan seksual yang sudah mereka dapatkan saat penyuluhan. Pada tahap ini juga dilakukan penyusunan laporan hasil pendidikan kesehatan yang diberikan kepada anak usia prasekolah. Hasil pengabdian ditemukan 82,7% peserta berumur 6 tahun, dan 53,8% berjenis kelamin laki-laki. Terdapat peningkatan pengetahuan anak usia pra sekolah terhadap batasan tubuh pribadi, area tubuh yang boleh disentuh atau tidak boleh disentuh. Kesimpulan dari kegiatan ini ada peningkatan pemahaman anak tentang pencegahan kekerasan seksual dibuktikan dengan anak usia pra sekolah mampu menjawab setiap pertanyaan dari pengabdi.

Kata kunci: kekerasan seksual; batasan tubuh; anak usia pra sekolah

 

ABSTRACT

Child sexual abuse is a serious problem that negatively affects the physical, psychological, and social development of children. Data shows an increase in cases of child sexual abuse in various countries, including Indonesia. Therefore, effective prevention efforts are needed to protect children from this threat. One method that has been proven effective is educating children about their personal body boundaries at an early age. The purpose of this service is to increase school-age children's understanding of sexual violence prevention by teaching about personal body boundaries. The partner institution for implementing this program is Tunas Islam Kindergarten in Bantul, which involves a total of 52 children aged between 5 and 7 years. The implementation of this activity was carried out in 3 stages: preparation, implementation, and evaluation. The preparation stage includes obtaining permission letters, preparing educational materials, and preparing rooms and participants. The implementation stage of the activity is to conduct health education using animated videos to increase the retention of preschool children's understanding. After watching the video, followed by an explanation of the educational material. Then, preschool children are taught a song about “touch is allowed, and touch is not allowed” sung repeatedly. The evaluation stage is to evaluate the children regarding the knowledge of sexual violence that they have obtained during counseling. At this stage, a report on the results of health education. The service results found that 82.7% of participants were 6 years old, and 53.8% were male. There is an increase in pre-school children's knowledge of personal body boundaries, areas of the body that can or should not be touched. This activity concludes that there is an increase in children's understanding of the prevention of sexual violence as evidenced by pre-school children being able to answer every question from the research.

Keywords: sexual violence; body boundaries; preschool children


Keywords


sexual violence; body boundaries; preschool children

Full Text:

PDF

References


Article/download/3859/1713, & Nazlah, H. (2022). Mengajari anak untuk menjaga diri dari kejahatan/pelecehan seksual melalui lagu “Sentuhan Boleh dan Tidak Boleh”.

Bancroft, J. (2020). Child Protection and Sexuality Education: A Comprehensive Guide.

Brown, J., O’Hern, B., & Hendricks, M. (2021). Parental perspectives on sexual abuse prevention: Barriers and strategies. Journal of Child and Family Studie, 30(5), 1409-1421.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2021). Risk and protective factors for child abuse and neglect. https://www.cdc.gov/violenceprevention/childabuseandneglect/riskprotectivefactors.html

Finkelhor, D. (2019). Preventing Childhood Sexual Abuse: Strategies for Schools and Communities. New York: Springer.

Gentile, J. P., & Grant, L. (2024). Preventing Sexual Assault in Intellectual Disability. Innovations in Clinical Neuroscience, 21(10), 15–21. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/39790900%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC11709440

Jojo, N., Nattala, P., Seshadri, S., Krishnakumar, P., & Thomas, S. (2023). Knowledge of sexual abuse and resistance ability among children with intellectual disability. Child Abuse and Neglect, 136(January), 105985. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2022.105985

Jones, A., Trew, S., & Harris, L. (2022). Universal parent-focused child sexual abuse prevention: A quasi-experimental study of the “Parents Protect” program. PLOS ONE, 17(3), e0264459.

Kemenag, P. (2022). Edukasi anak mengenal bagian tubuh lewat lagu “Sentuhan Boleh, Sentuhan Tidak Boleh.”

KPAI. (2022). Laporan Tahunan Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id/

Maharani, N. (2021). Upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini melalui stimulasi nyanyian “Sentuhan Boleh dan Sentuhan Tidak Boleh” di TK Kartika Siliwangi 39 Kota Serang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Margaretta, S. S., & Kristyaningsih, P. (2020). Effektifitas edukasi seksual terhadap pengetahuan seksualitas dan cara pencegahan kekerasan seksual pada anak usia sekolah. Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2020.

Mariyona, K., & Ernawati, E. (2023). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap peningkatan pengetahuan pencegahan pelecehan seksual pada anak usia dini di TK Aisyiyah Kota Bukittinggi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 2147-2152.

Tirtayanti, S. (2021). Perbedaan penggunaan media video animasi dan kartu bergambar terhadap pencegahan sexual abuse pada anak usia sekolah di SDN 5 Megang Sakti. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 4(2), 1–6.

UNICEF. (2023). Disability and violence: Protecting children with disabilities from sexual violence. https://www.unicef.org/indonesia/disabilities/press-releases/new-report-shows-children-disabilities-lag-behind-all-child-development-markers

WHO. (n.d.). Global Status Report on Violence Against Children.

WHO. (2021). World Report on Violence and Health.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.