PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

Putri Yuli Utami, Rudi Alfian, Rangga Aditya Saputra

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Perkembangan teknologi informasi dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menuntut generasi muda memiliki literasi digital yang kuat agar mampu beradaptasi dan berinovasi diera digital. Namun, masih banyak siswa yang belum memahami pemanfaatan teknologi digital dan AI secara produktif dan etis. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan media digital, mengenal teknologi AI, serta menumbuhkan kesadaran terhadap etika dan keamanan informasi. Pelatihan diikuti oleh 30 siswa dari kelas X, pelatihan menggunakan metode workshop, ceramah interaktif, dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dari skor rata-rata pretest 61% menjadi 87% pada posttest, dengan penilaian terhadap aspek konsep literasi digital, kemampuan menggunakan Canva, pemahamam etika digital dan kemamanan informasi, kreativitas desain serta kemampuan kolaborasi dan komunikasi digital. Tema desain yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu Literasi digital untuk Keamanan dan Etika Bermedia Sosial, dengan karya terbaik berupa poster edukatif bertema Bijak Bermedia Sosial dan Lindungi Data Pribadimu. Hasil desain terbaik menampilkan desain poster edukatif dengan komposisi visual menarik, pesan jelas, serta relevansi tinggi terhadap isu literasi digital. Secara keseluruhan kegiatan ini efektif meningkatkan kemampuan dan kesadaran digital siswa serta dapat menjadil model pembelajaran inovatif di sekolah.

 

Kata kunci: Canva; Desain; Etika Digital; Kecerdasan Buatan; Poster

 

ABSTRACT

The development of information technologu and artificial intelligence (AI) requires the younger generation to have strong digital literacy in order to adapt and innovate in the digital age. However, many students still do not understand how to use digital technology and AI productively and ethically. This training activity aims to improve student’s skill in using digital media, familiarise them with AI technology, and raise their awareness of information ethics and security. The training was attended by 30 students and used workshop methods, interactive lecturers, and hands-on-practice. The evaluation results showed a significant increase from a pre-test average score of 61% to 87% on the post-test, with assessments of aspects of digital literacy concepts, the ability to use Canva, understanding of digital ethics and information security, design creativity, and digital collaboration and communication skills. The design theme raised in this activity was Digital Literacy for Social Media Security adn Ethics, with the best works being aducational posters with the themes of Wise Social  Media Use and Protect Your Personal Data. The best design featured education posters with attractive visual compositions, clear messages, and high relevance to the issues of digital literacy. Overall, this activity effectively improved students’ for innovative learning in schools.

 

Keywords: Canva; Design; Digital Ethics; Articial Intelligence; Poster


Keywords


Canva; Design; Digital Ethics; Articial Intelligence; Poster

Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087

Agnestio, A., Chandra, L. N., S Nusanumba, M. S., B P Somba, P. E., & Palangan, C. Y. (2024). Pelatihan Canva Dasar sebagai Materi Pembelajaran untuk Murid Kelas 4 Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan (Vol. 1, Issue 1). www.canva.com[10].

Agung Esfandari, D., Mei Ulina Malau, R., & Annisari Indah, H. N. (2023). Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Sikap Bijak Pada Remaja Dalam Beropini Secara Daring (Vol. 6).

Enjelita, N., Enjelita Saragih, N., Harahap, F., Adawiyah, R., Hafazana, F., & Sariangsah, H. (2024). Pelatihan Canva untuk Siswa SMP sebagai Media Pembuatan Materi Presentasi Canva Training for Middle School Students as a Media for Making Presentation Materials. 1(3), 113–123. https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i2.238

Kasman, R. A., & Judijanto, L. (2024). Artificial Intelligence In The Classroom: Innovation Or Disruption In Education. In Indonesian Journal of Education (INJOE) (Vol. 4, Issue 3).

Lamusiah, S. (2025). Journal of Community Empowerment Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis IT Bagi Mahasiswa PBSI FKIP-UMMAT. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce

Mahadi, J. P. W., Made Subrata, I., Citrawan, W., Dewa, I., Juwana, P., Made, N., & Erawati, P. (2024). PKM. Pelatihan Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Penatih Kota Denpasar. 4(2), 35–44. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v4i2.3798

Martins, R. M., von Wangenheim, C. G., Rauber, M. F., Hauck, J. C. R., & Silvestre, M. F. (2024). Teaching Machine Learning to Middle and High School Students from a Low Socio-Economic Status Background. Informatics in Education, 23(3), 647–678. https://doi.org/10.15388/infedu.2024.13

Masyarakat, J. P., Penerapan, D., Pengetahuan, I., Kurniawan, H., Junaidi, S., Wahyuni, R. P., & Cahyani, M. (2024). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Artificial Intelligence Dalam Pelajaran Pemrograman.[MP9.1]

Muhammad Yogi Riyantama Isjoni, Ilham Djuhri Winanda, Rosa Linda Br. Manurung, Dwisnu Tiara Cipta, Keyko Artazenia Manihuruk, Muhammad Ferdy Arifin, Resi Tiara Sihombing, Marasi Raul Gonzales Aritonang, Firza Rahmi Yanti, Sadila Oktaviani, & Yuni Hariati Siahaan. (2023). Pelatihan Canva Untuk Murid SMP Sebagai Sarana Untuk Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(4), 102–106. https://doi.org/10.59581/jphm-widyakarya.v1i4.2015

Mulyanto, A., Pakaja, J. A., Miraj Mokolintad, M., & Studi Pendidikan, P. (2024). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Siswa Di SMP Negeri 2 Tomilito. 3(2).

Rochmat, C. S., Riza, R., & Murni, S. A. (2024). Artificial Intelligence in Education: Opportunities and Challenges in Improving Learning Efficiency in the Society 5.0 Era. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(01), 91–100. https://doi.org/10.22219/progresiva.v13i01.30007

Rosmayanti, V., Wahid, A., Sulolipu, A. A., & Ram, S. W. (2024). Journal of Community Empowerment Memberdayakan Siswa SMA Melalui Pelatihan Literasi Digital. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., Sa’diyah, H., Hariyono, K., Hartatik, S., Andreano, R. T., Maulana, M. I., & Fikri, H. (2024). Pelatihan Literasi Digital dan Aplikasi Canva bagi Siswa-Siswi SMA BIMA Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 5(3), 217–224. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v5i3.175

Sudana, D., & Suryana dan Agus Suherman, D. (2022). DIMASATRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Model Pelatihan Literasi Digital Untuk Remaja Usia Sekolah (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra

Supriyadi, A., Firdaus, N., Yusfida, F., & Kolonel Sutarto Nomor, J. (2024). Literasi Data dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Artificial Intelligence bagi Pengajar SMA Negeri 2 Surakarta 1. Indonesian Journal of Community Services ||, 6(2). https://doi.org/10.30659/ijocs.6.2




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.35788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.