PROGRAM APOTEK HIDUP UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAYAMA JEROWARU

Nanang Rahman, Nursina Sari, Ahmad Bujang, Ratu Firna, Tri Astianingsih

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Pembentukan karakter peduli lingkungan masih menjadi tantangan serius di banyak lembaga pendidikan, khususnya diwilayah pedesaan. Sebagian besar siswa di madrasah ini menunjukkan tingkat kepedulian yang rendah terhadap lingkungan sekolah. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan menumbuhkan karakter tanggung jawab dan kepedulian lingkungan siswa melalui kegiatan apotek hidup di MTs Dayama Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan Community-Based Participatory Approach dan Experiential Learning yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Program ini dilaksanakan mulai bulan Agustus-September 2025 yang melibatkan kepala madrasah, guru, dan 68 siswa kelas VII–IX dalam enam tahapan: sosialisasi nilai karakter, pelatihan, penanaman tanaman obat, pembentukan kelompok piket, serta refleksi dan evaluasi karakter. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada indikator karakter siswa, yaitu kepedulian lingkungan meningkat dari 28% menjadi 86%, tanggung jawab dari 32% menjadi 90%, disiplin dari 45% menjadi 88%, dan kerja sama dari 40% menjadi 92%. Selain perubahan perilaku, kegiatan ini juga memperkuat nilai-nilai Islam seperti amanah dan kebersihan sebagai bagian dari iman serta menghidupkan kembali kearifan lokal Jerowaru dalam pemanfaatan tanaman herbal. Program ini terbukti efektif membentuk karakter peduli lingkungan melalui pengalaman langsung dan kolaborasi sekolah dengan masyarakat.

Kata kunci: Apotek Hidup; Karakter Siswa; MTs Dayama Jerowaru.

 

ABSTRACT

Developing an environmentally conscious character remains a serious challenge in many educational institutions, particularly in rural areas. Most students at this madrasah demonstrate a low level of concern for the school environment. Community service program aims to foster students’ sense of responsibility and environmental awareness through a living pharmacy activity at MTs Dayama Jerowaru, East Lombok Regency. The program was implemented using a Community-Based Participatory Approach and Experiential Learning, positioning students as active agents in Project-Based Learning activities. This program was implemented from August to September 2025, involving the madrasah principal, teachers, and 68 students in grades VII–IX in six stages: character value socialization, training, planting medicinal plants, forming duty groups, and character reflection and evaluation. The results demonstrated a significant improvement in students’ character indicators: environmental awareness increased from 28% to 86%, responsibility from 32% to 90%, discipline from 45% to 88%, and cooperation from 40% to 92%. Beyond behavioral changes, the program also reinforced Islamic values such as trustworthiness and cleanliness as part of faith, while revitalizing Jerowaru’s local wisdom in the use of herbal plants. Overall, this program proved effective in cultivating environmental care and responsibility through direct experience and collaborative engagement between the school and the community. 

Keywords: Living Pharmacy; Students’ Character; MTs Dayama Jerowaru.


Keywords


Living Pharmacy; Students’ Character; MTs Dayama Jerowaru.

Full Text:

PDF

References


Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228–1237.

Fakhruddin, Y. A. A. (2024). Sumber Daya Kearifan Lokal untuk Konservasi Lingkungan Hidup. Jurnal Ekologi, Masyarakat Dan Sains, 5(1), 100–108.

Firdaus, F. A. (2024). Membangun kesadaran lingkungan melalui kurikulum pendidikan Islam kontribusi terhadap SDGs. TarbiyahMU, 4(2), 13–21.

Hikmawati, N., & Santoso, D. (2025). Optimalisasi Potensi Internal: Strategi Efektif Manajemen Pengembangan Madrasah. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 60–76.

Kudsiah, M., Hardianti, M., Izzati, A. N., Elawati, E., Adekayanti, N. P., & Parhayana, D. (2025). Strategi Edukasi Lingkungan Berbasis Apotek Hidup di SDN 1 Kabar: Membangun Kesadaran Ekologis Sejak Dini. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masayarakat, 6(1), 1–9.

Lickona, T. (2013). Character education: The cultivation of virtue. In Instructional-design theories and models (pp. 591–612). Routledge.

Meilinda, F. P. (2024). Implementation of Al-Islam and Kemuhammadiyahan (AIK) Based on Wasathiyah Islam in Muhammadiyah Higher Education (PTM). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(4), 677–686.

Rahman, N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Sma Kelasxi Materi Asam Basa Untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 4(2), 29–34.

Rahman, N., & Mashwani, H. U. (2025). Effectiveness of a Project Based Learning Model Integrated With Sasambo Local Wisdom to Enhance Students’ Scientific Attitudes. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 9(1), 10–24815. https://doi.org/10.24815/jipi.v9i1.42626

Rahman, N., & Purwoko, A. A. (2020). Development of subjects specific pedagogy to build environmental awareness character on students in mining areas. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 413(1), 12033.

Rahman, N., Wiranata, S., Haifaturrahmah, H., & Liswijaya, L. (2025). Science E-Modules Learning Based on Sasak Local Wisdom to Enhance the Creative Disposition of Elementary School Students. Mimbar Sekolah Dasar, 12 (1), 113–131.

Risana, F., Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Syafe’i, I. (2025). Transformasi metode pembelajaran pendidikan agama Islam: Dari konvensional ke pendekatan student-centered learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 619–632.

Saputra, T. A., & Afriyadi, M. M. (2025). Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Siswa Sejak Dini: Menjadikan Lingkungan Sebagai Sekolah Kehidupan. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 1–21.

Tong, D. H., Loc, N. P., Uyen, B. P., & Cuong, P. H. (2020). Applying experiential learning to teaching the equation of a circle: a case study. European Journal of Educational Research, 9(1), 239–255.

Winarno, F. G. (2021). Pengetahuan, Kearifan Lokal, Pangan Dan Kesehatan. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.36017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.