KENALI PUBERTAS DENGAN METODE STORY TELLING DAN ARTIFICIAL INTELENGENCE

Septriani Renteng, Valen Fridolin Simak, Henry Valentino Florensius Kainde

Abstract


ABSTRAK
Anak usia sekolah harus memiliki pengetahuan yang baik tentang pubertas, namun pada kenyataannya masih banyak anak yang belum memiliki pengetahuan yang tepat tentang pubertas. Keterbatasan pengetahuan anak tentang pubertas juga dialami oleh mitra dimana anak mengungkapkan bahwa pengetahuan pubertas diperoleh dari internet dan anak lebih banyak bercerita tentang pubertas kepada teman, sedangkan orang tua dan guru juga mengungkapkan kesulitan untuk melakukan pendidikan seks tentang pubertas pada anak. Oleh karena itu kegiatan pemberdayaan berbasis masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak dan guru terkait pubertas dan keterampilan guru dalam pemanfaatan artificial intelegence dalam pendidikan pubertas kepada peserta didik. Metode dalam pelaksanaan kegiatan dengan tahapan sosialisasi kegiatan; pelatihan dalam bentuk edukasi pubertas kepada anak dengan metode permainan serta pelatihan story telling pada guru; penerapan iptek dalam bentuk pelatihan kepada guru berupa Canva, Chat GPT, dan D-Id; monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di SD GMIM 32 Manado dengan peserta 29 peserta didik dan 10 orang guru yang dilaksanakan bulan September-Oktober 2024. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan anak (79%) dan guru (100%) terkait pubertas serta peningkatan keterampilan guru dalam membuat media edukasi seperti poster menggunakan canva. Kesimpulan kegiatan ini membawa dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan anak serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru.

Kata kunci: Artificial Intelengence; Anak Usia Sekolah; Guru, Pubertas; Story Telling.

ABSTRACT
School-aged children should have a good understanding of puberty, but in reality, many children still lack adequate knowledge about puberty. Children's limited knowledge about puberty is also experienced by partners, where children reveal that they obtain knowledge about puberty from the internet and talk more about puberty with their friends, while parents and teachers also express difficulty in educating children about puberty. Therefore, this community-based empowerment activity aims to increase children's and teachers' knowledge related to puberty and teachers' skills in utilising artificial intelligence in puberty education for students. The method in implementing activities with the stages of socialisation of activities: training in the form of puberty education to children with game methods and storytelling training for teachers; application of science and technology in the form of training for teachers in the form of Canva, Chat GPT, and D-Id; monitoring and evaluation. The implementation of activities took place at GMIM 32 Manado Elementary School, involving 29 students and 10 teachers, from September to October 2024. The results of the activity showed an increase in children's (79%) and teachers' (100%) knowledge related to puberty, as well as an improvement in teachers' skills in creating educational media, such as posters, using Canva. The conclusion of this activity has a positive impact on increasing children's knowledge and increasing teachers' knowledge and skills

Keywords: Artificial Intelligence; Puberty, School Age Children; Story Telling; Teacher.

Keywords


Keywords: Artificial Intelligence; Puberty, School Age Children; Story Telling; Teacher.

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Herawati, Y., Sabaruddin, E. E., Author, C., Mitra, S., Husada, R., & Timur, J. (2022). Metode Storytelling untuk Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah di PAUD. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 23–28. https://doi.org/10.53860/LOSARI.V4I1.81

Dania, I. A. (2020, January 20). View of Kekerasan Seksual Pada Anak. https://jurnal.fk.uisu.ac.id/index.php/ibnusina/article/view/15/7

Dartiwen, & Aryanti, M. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kehamilan Yang Tidak Diinginkan Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 15(1), 21–29. https://ejr.umku.ac.id/index.php/jikk/article/view/2149

Hakanson, C. (2021). The Parents Guide to Puberty : Helping Your Child to Thrive (not just survive) as they grow up. Sex Ed Rescue.

Hidayat, L. M., Syaodih, E., & Zahara, R. (2016). Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari. EDUCARE, 14(2), 18–29. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/208

Insani, M., Wartariyus, W., Febriansyah, F. E., Mutiarani, A., Putri, N. A. D., Aziz, A. F., Fadillah, A., Kholis, Y. N., Nurani, S., Rineksowati, A. F., Kusuma, I. L. R. M., Febiyanti, D., & Putri, A. (2023). Pelatihan Aplikasi CANVA sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru di Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 290–294. https://doi.org/10.23960/BUGUH.V3N3.1334

Laksana, R. B., & Wulandari, S. (2022). Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2141–2145. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.5031

Lubis, A. F. (2024, June 29). View of Persepsi Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Seksual di SMA Negeri 2 Kisaran. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/657/502

Made Sumartani, D., Trisna Dewi, A., Putu Santika Dewi, N., Putu Natalya, N., Herdyanto, Y. K., Hizkia Tobing, D., & Suari Dewi, A. S. (2016). Dinamika Rasa Malu Pada Remaja Pubertas. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2). https://doi.org/10.51353/INQUIRY.V7I2.100

Natalie Pangajouw, C., Oroh, W., Renteng, S., Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, M., Sam Ratulangi, U., & Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, P. (2023). Gambaran Pengetahuan Pubertas pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 8 Tondano. Mapalus Nursing Science Journal , 1(2), 22–30. https://doi.org/10.35790/MNSJ.V1I2.48924

Nursa’adah, F. P., Rosa, N. M., & Septhiani, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17667–17675. https://doi.org/10.31004/JRPP.V7I4.39142

Oktaviani, E., Feri, J., Studi Keperawatan Lubuklinggau, P., & Kemenkes Palembang, P. (2020). Pelatihan Pertolongan Pertama Kasus Kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 403–413. https://doi.org/10.31764/JCES.V3I2.2368

Pariati, P., & Jumriani, J. (2021). Gambaran Pengetahuan Kesehatan Gigi Dengan Penyuluhan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas Iii Dan Iv Sd Inpres Mangasa Gowa. Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar, 19(2), 7–13. https://doi.org/10.32382/mkg.v19i2.1933

Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Subhiyakto, E. R. (2022). Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital dengan Metode StoryTelling. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 269–278. https://doi.org/10.33379/ICOM.V2I2.1506

Rahman, A., Adam, H., Pinontoan, T. A. D., Assa, I. L. A., Mailoa, K. M., Engka, I. J., Masyarakat, K., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Promosi Kesehatan dengan Aplikasi Canva. Jurnal Lentera - Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 106–111. https://ejournal.ybli.or.id/index.php/jlppm/article/view/38

Rayne, K. (2017). Help Your Kids with Adolescence (A. Wyatt, Ed.). DK Publishing.

Safinda Asran, D., Heru Setiawan, A., Pal, P., Nugroho, W., & Dewi Utami, C. (2023). Visual Story Telling Sebagai Media Membangun Citra dan Narasi Diri Bagi Siswa Tuli. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 132–138. https://doi.org/10.24036/ABDI.V5I1.442

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229–234. https://doi.org/10.56248/EDUCATIVO.V2I1.127

Zuhriyatun, F., Hastuti, F., Rusmini, R., & Walin, W. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kehamilan Remaja. Jurnal Ners, 7(2), 1346–1353. https://doi.org/10.31004/JN.V7I2.16704




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.36265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.