PENDAMPINGAN PEMBUATAN CURRICULUM VITAE (CV) DALAM BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI AI

Puteri Anugrah Septianingsih, Zhafran Fatih Ananda, Febry Aurlani

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan memiliki peran strategis dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia, khususnya dalam menyiapkan generasi muda agar siap menghadapi dunia kerja. Salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan adalah kemampuan menyusun Curriculum Vitae (CV) yang profesional sebagai bentuk personal branding. Namun, hasil observasi awal di Karang Taruna Kelurahan Dwi Kora menunjukkan bahwa sebagian besar anggota belum mampu menyusun CV sesuai standar industri. Permasalahan ini dipengaruhi oleh rendahnya literasi digital, keterbatasan kemampuan berbahasa Inggris, serta minimnya pelatihan terkait penyusunan dokumen lamaran kerja. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda/i Karang Taruna Kelurahan Dwi Kora, Kota Medan dalam menyusun CV dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan memanfaatkan platform kecerdasan buatan (AI) dan aplikasi digital. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pelatihan terstruktur yang mencakup pengenalan konsep CV, pengenalan teknologi AI, praktik penggunaan aplikasi berbasis AI, serta penyusunan CV dalam dua bahasa. Mitra sasaran kegiatan ini adalah Karang Taruna Kelurahan Dwi Kora dengan rentang usia 16–35 tahun. Dari total 35 anggota, sebanyak 20 orang terlibat sebagai peserta aktif. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun CV berbasis teknologi AI, meskipun sebagian peserta masih memerlukan pendampingan lanjutan, khususnya dalam penggunaan Bahasa Inggris dan pemanfaatan fitur AI secara optimal.

 

Kata kunci: Pembuatan Curriculum Vitae (CV); Teknologi AI; Karang Taruna; Bahasa Inggris; Bahasa Indonesia.

 

ABSTRACT

Karang Taruna, as a youth organization, plays a strategic role in enhancing human resource capacity, particularly in preparing young people to face the world of work. One essential skill required is the ability to prepare a professional Curriculum Vitae (CV) as a form of personal branding. However, preliminary observation at Karang Taruna in Dwi Kora Subdistrict indicates that most members are not yet able to create CVs that meet industry standards. This condition is influenced by low digital literacy, limited English proficiency as well as the lack of training related to job application documents. This Community Service Program (PkM) aims to improve the knowledge and skills of youth members of Karang Taruna in Dwi Kora Subdistrict, Medan City, in preparing CVs in both Indonesian and English by utilizing artificial intelligence (AI) platforms and digital applications. The program was implemented through structured socialization and training activities, including an introduction to CV concepts, AI technology, hands-on practice using AI-based applications, and CV preparation in two languages. The target partner of this program was Karang Taruna Dwi Kora Subdistrict, consisting of members aged 16–35 years. Out of a total of 35 members, 20 participated actively in the program. Evaluation results based on pre-test and post-test scores showed the improvement in participants’ understanding and skills in preparing AI-based CVs. Nevertheless, some participants still require further assistance, particularly in English usage and the optimal use of AI features.

 

Keywords: Creating Curriculum Vitae (CV); AI Technology; Karang Taruna; English; Bahasa

Keywords


Creating Curriculum Vitae (CV); AI Technology; Karang Taruna; English; Bahasa

Full Text:

PDF

References


Ayu, P., Sudana, P., Putu, N., Pratiwi, A., Sari, R. A., Made, I., Paramarta, S., Suardana, M., Adi, P., & Juniarta, K. (2025). Pelatihan Simulasi Wawancara Kerja Dan Etiket Komunikasi Profesional Bagi Siswa Smk Di Kabupaten Buleleng. 10(1), 560–568.

Chettiar, S. F., Godwin, K. C., Godwin, K. C., A, A. P. M., Phil, M., & Ph, D. (2024). Integrating ESP (English for Specific Purposes) Into Vocational Curriculum as A Tool for Workforce Readiness. African Journal of Biomedical Research, 27(4), 7643–7648. https://doi.org/10.53555/ajbr.v27i4s.5056

Darwis, A., Permana, I. D., Rizky, R. O., Siswanto, E. H., Sastrya, N., & Dhaniswara, E. (2025). Penggunaan Ar#ficial Intelligence (AI) Untuk Pengembangan Curriculum Vitae (CV) Di Dunia Kerja. Abdimas Toddopuli Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 393–403. https://doi.org/10.58466/literasi

David A. Kolb. (1984). Experiential learning: experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Ding, X., Shang, B., Xie, C., Xin, J., & Yu, F. (2025). Artificial intelligence in the COVID-19 pandemic: balancing benefits and ethical challenges in China’s response. Humanities and Social Sciences Communications, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.1057/s41599-025-04564-x

Haq, R. A. N., Setiawan, A., Hafizah, S., & Desri, S. (2025). Manajemen sumber daya manusia di era globalisasi dan transformasi digital (1st ed.). PT. Media Penerbit Indonesia.

Hasanah, R. L., Saputri, D. U. E., & Saelan, M. R. R. (2025). Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae Berbasis AI untuk Mempersiapkan Karier di Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(3), 1130–1135. https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i3.2372

Hidayat, T., Seimahuira, S., & Sari, R. (2025). Penigkatan Keterampilan Digital dalam Pembuatan CV Berbasis AI bagi Anggota Yayasan IRMA. Dharma Nusantara: Jurnal Ilmiah Pemberdayaan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.32664/dharma.v3i1.1846

LeFebvre, L., & LeFebvre, R. A. (2025). RESEARCH-AI résumés: learning to improve self-presentation for the labor market. Frontiers in Education, 10(June), 1–6. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1576196

Pratiwi, D., & Ayuningtias, P. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Application Letter Dan Curriculum Vitae Berbahasa Inggris Bagi Siswa Smk Muhammadiyah Pringsewu. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 41–45. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/2347%0Ahttps://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/2347/1408

Ratnasari, A., Yuliadi, B., Hari, W., Budi, H., Informatika, T., Nusantara, U. D., & Barat, J. (2025). Pemberdayaan Karang Taruna melalui Penguatan Skill Jaringan Komputer sebagai Bekal Kompetensi Digital Dasar. 9, 304–312.

Rizaldi, Okta & Sulaeman, D. (2025). Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae (CV) dan Simulasi Wawancara sebagai Bekal Keterampilan Siswa SMKNegeri 7 Kota Serang. NuCSJo: Nusantara Community Service Journal, 2(2), 125–129. https://ijoed.org/index.php/ncsj/article/view/278/191

Suriadi, H., Muliyono, M., & Lovita, W. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI untuk Meningkatkan Kualitas dan Responsivitas Pelayanan Publik di Era Digital. Jurnal Media Ilmu, 3(2), 107–132. https://doi.org/10.31869/jmi.v3i2.6069

Usanto S, U. S., Sopian, A., Suhanda, Y., Syahrial, R., Dewi, C. S., Sari, J., & Nurlaela, L. (2025). Pelatihan Optimalisasi Diri Dengan Teknologi Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Produktivitas, Manajemen Waktu, Dan Motivasi Menuju Dunia Kerja. Swadimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 44–52. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no2.858

Winda, R. G., Yulihasri, & Lukito, H. (2022). View of Mediator Kompetensi Instruktur _ Digital Skill dan Industri 4.0 Skills-Sets Terhadap Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Dalam Menghadapi Dunia Kerja Masa Depan.pdf. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 13(2), 238–258. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/25955/13070




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i3.36281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.