PENINGKATAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN MODUL AJAR DAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pipih Nurhayati, Mario Emilzoli, Dzikra Fu'adiah

Abstract


Abstrak: Seiring dengan diterbitkannya pedoman pelaksanaan kurikulum madrasah oleh Kementerian Agama pada tahun 2022. Madrasah berkesempatan secara mandiri mempersiapkan implementasi kurikulum Merdeka. Namun, sebagian besar madrasah belum mendapatkan wawasan dan praktik langsung dalam membuat perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan praktik langsung dalam mempersiapkan perangkat ajar Kurikulum Merdeka berupa modul ajar dan modul proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Metode yang digunakan adalah metode ABCD dengan mengoptimalkan human capital dan technology capital Madrasah. Kegiatan pengabdian meliputi observasi lapangan, koordinasi dengan mitra, sosialisasi program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian produk, angket dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan penyusunan Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang pada awalnya 32,35% menjadi 91,15%.

Abstract: Along with the issuance of guidelines for implementing the madrasa curriculum by the Ministry of Religion in 2022. Madrasas have the opportunity to independently prepare for the implementation of a Merdeka curriculum. However, most of the madrasas have not received direct insight and practice in making teaching tools. Therefore, this service activity was carried out with the aim of adding insight and direct practice in preparing Merdeka curriculum teaching tools in the form of teaching modules and project modules for strengthening the Pancasila Student Profile and Rahmatan Lil Alamin. The method used is the ABCD method by optimizing the human capital and technology capital of Madrasas. Service activities include field observations, coordination with partners, program socialization, program implementation, and evaluation. The instruments used are product assessment rubrics, questionnaires and interviews. The results of the evaluation showed that there was an increase in skills in the preparation of Teaching Modules and Project Modules for Strengthening the Profile of Pancasila which was initially 32.35% to 91.15%.


Keywords


Merdeka Curriculum; Madrasa; Teaching Modules.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Aslam, Handayani, S. L., & Zulherman. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SDN Ngargogondo MAgelang dalam Melakukan Penilaian Melalui Workshop Evaluasi Kurikulum 2013. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2195–2201. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5246

Barsihanor, Hafiz, A., KMR, G. N., & Budi, I. S. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 588–594. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Fatayan, A. (2022). Dalam Aplikasi Microsoft Power Point Di Madrasah. 6(2), 882–893.

Hartoyo, D. R. dan A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Jenderal, D., Islam, P., Agama, K., & Indonesia, R. (2022). Direktorat jenderal pendidikan islam kementerian agama republik indonesia 2022.

Khoiriyah, I. K., Roziqin, M. M., & Ulfa, W. K. (2020). Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah: Komponen, Aspek dan Pendekatan. Qudwatuna, 3(1), 25–46. https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74

Kuen, M. M., SAS, A., Kuen, F. A., & Guntur. (2021). Peningkatan Skill Guru Sd Inpres Malino Melalui Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi Komunikasi Multimedia. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2790–2801.

Masta, N., Lumbantobing, S. S., & Guswantoro, T. (2020). Mempersiapkan Blended Learning Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul untuk Guru Madrasah Tsanawiyah YAPPI Mulusan. 2.

Naharuddin, M., & Trisnian, A. (2021). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Bagi Guru – Guru Madrasah Ibtidaiyah. 04(06), 585–593.

Nasution, S. W. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Url: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Prawira, Y. A., & Nugraha, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Melalui Pelatihan Partisipatif Secara Daring Berbasis Heuristik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 307. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.307-316.2021

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Rahayu, W., Sulaeman, E., Herlan, M., & ... (2020). Penguatan Praktik Penilaian Autentik Guru Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. JMM (Jurnal …, 4(3), 3–8.

Wulandari, R. W., & Maryani, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Sma Terbuka Melalui Pelatihan Pembuatan E-Media Improving Open School Teacher Skills Through Training Of E- Media Making 1 Fakultas Tarbiyah , Institut Agama Islam Negeri Kediri Fakultas Kegurugan dan Ilmu Pendidikan , Univer. Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(April), 39–48.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pipih Nurhayati, Mario Emilzoli, Dzikra Fu'adiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: