MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK USAHA MIKRO DI ERA DIGITAL MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DAN PACKAGING

Yuliana FH, Dewi Pratita, Firmansyah Firmansyah, Vina Amilia Suganda

Abstract


Abstrak: Melakukan inovasi produk berupa strategi branding dan packaging perlu dilakukan untuk menarik konsumen. Namun sayangnya, pelaku usaha mikro bidang kuliner di wilayah Sepakat 3 Kelurahan Alang-Alang Lebar belum memiliki merek, label dan kemasan produk yang menarik, sehingga produk yang mereka hasilkan biasanya hanya mengalami peningkatan penjualan di hari-hari besar tertentu. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan terkait pembuatan branding dan packaging produk usaha mikro untuk meningkatkan daya saing produk di era digital bagi pelaku usaha mikro yang berjumlah 10 orang. Metode kegiatan yang dilakukan berupa pemberian pelatihan dan tutorial mengenai pembuatan branding dan packaging, kegiatan pendampingan bagi para pelaku usaha yang hendak mengaplikasikan pembuatan branding dan packaging. Berdasarkan evaluasi kegiatan diperoleh hasil bahwa kegiatan ini mendapatkan resposn positif dari peserta dan bermanfaat bagi pengembangan usaha. Selain itu, terjadi peningkatan jumlah mitra yang memiliki nama/merek dan label produk, yakni dari 30% menjadi 100%, dan sebesar 90% mitra telah melakukan repackaging produk.

Abstract: Product innovation in the form of branding and packaging needs to be done to attract consumers. But unfortunately, micro-business actors in the culinary sector in the Sepakat 3 area of Alang-Alang Lebar Village do not yet have attractive brands, labels, and product packaging, so the products they produce usually only experience increased sales on certain big days. Therefore, this Community Service activity aims to provide education and assistance related to the manufacture of branding and packaging of micro business products to increase product competitiveness in the digital era for 10 micro business actors. The method of activities carried out is in the form of providing training and tutorials on the manufacture of branding and packaging, and mentoring activities for business actors who want to apply the manufacture of branding and packaging. Based on the evaluation of the activity, it was found that this activity received a positive response from the participants and was beneficial for business development. In addition, there has been an increase in the number of partners who have product names/brands and labels, from 30% to 100%, and 90% of partners have repackaged products.


Keywords


branding; competitiveness; the digital era; packaging; micro business.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


APJI. (2022). Hasil Survey Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June. apji.or.id

Ayodya, W. (2020). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Elex Media Komputindo.

Aysa, imma R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia Challenges of Digital Transformation for Indonesia’s Economic Progress. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153.

Damayanthi, D., Adh, W., Januhari, U., Putra, A., Muliawan, I., Putra, S., Putra, T., Gautama, B., Hendrawan, R., & Saputra, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan Produk. Journal of Community Development, 2(2), 102–106.

Emilda, Wulandari, T., & Lazuarni, S. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Jamu dalam Meningkatkan Penjualan Jamu dalam Meningkatkan Penjualan melalui Kemasan, MEREK DAN LABEL. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 53–60.

Gde, I. A., Putra, S., Jayaningsih, A. A. R., & Suhardiyani, P. E. (2021). Peningkatan Kemampuan Promosi Online Menggunakan Digital Marketing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2871–2878. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5325

Julyantari, N. K. S., Purnama, I., Bagiarta, I., Pertama, P., & Liandana, M. (2021). Implementasi Website untuk Media Pemasaran Online dan Perbaikan Kemasan Produk. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.134

Kusnandar, K., Harisudin, M., Adi, R. K., Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2021). Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 320. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.34958

Lesmana, A. C. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Usaha Makanan dan Minuman di Masa Pandemi Covid-19. 6(3), 1700–1711.

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.

Nurasia, Mustawinar, B. H., & Sukarti. (2021). Pendampingan Design dan Labelling Product Bagi Pelaku Usaha Pemula dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Luwu Raya. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32.

Purnavita, S., Sriyana, H. Y., & Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen. E-Dimas, 9(1), 88. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260

Sulistiono, S., & Mulyana, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.512

Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers, Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif, 555–563.

Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Mayang, D., Putri, Y., & Sari, R. A. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroti, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita, 3(2), 52–58.

We Are Social. (2021). Digital Report 2021 : Indonesia. Global Digital Insights, 103.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jaakfe Untan (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuliana FH, Dewi Pratita, Firmansyah Firmansyah, Vina Amilia Suganda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: