WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENTINGNYA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU

Tri Susilawati, Desi Maulidyawati, Indra Darmawan, Eka Ardiansyah

Abstract


Abstrak: permasalahan utama yang terjadi di mitra PGRI Kecamatan Batulanteh yaitu kurangnya minat guru-guru dalam menulis karya tulis ilmiah jenis PTK. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah agar guru-guru memahami dan mampu melakukan PTK serta menuangkannya dalam bentuk karya ilmiah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode hybrid yaitu luring untuk workshop, pelatihan dan sosialisasi serta secara daring untuk pendampingan . Tingkat keberhasilan pengabdian masyarakat diukur dengan intrumen pretest, posttest dan wawancara serta melihat karya tulis ilmiah yang mampu dibuat oleh peserta Hasil pengabdian masyarakat menunjukan ada peningkatan yang cukup signifikan dari kegiatan workshop. Pencapaian kemampuan dan pemahaman guru dari 47% menjadi 75% serta mampu menghasilkan karya tulis ilmiah PTK sebanyak 65 % yaitu sebanyak10 karya tulis.

Abstract: The main problem that occurs in PGRI partners in Batulanteh District is the lack of interest of teachers in writing CAR-type scientific papers. The purpose of this community service is for teachers to understand and be able to do CAR and put it in the form of scientific work. This community service activity is carried out using a hybrid method, namely offline for workshops, training and socialization as well as online for mentoring. The level of success of community service is measured by pretest, posttest and interview instruments as well as seeing scientific papers that can be made by participants. The results of community service show that there is a significant increase in workshop activities. The achievement of the ability and understanding of teachers from 47% to 75% and able to produce CAR scientific papers as much as 65%, namely as many as 10 papers.


Keywords


scientific papers; accompaniment; CAR; workshops.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Haerudin, H. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 1(01), 39–49.

Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 503 ‐ 510.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. In Jakarta (Vol. 2009).

Haryono, Stanislaus, S., & Widhanarto, G. P. (2017). Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Inovasi Pembelajaran, Program Peningkatan Rintisan bagi Guru di Kabupaten Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 75–80. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Palenti, C. D., Prasetyo, I., & Gusti, R. (2020). Pendampingan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata melalui Pemetaan Kebutuhan. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.27551

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Sabela, R., Oktaviani, T., & Saryanto, S. (2022). Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8

Sabon, S. S. (2019). Efektivitas Pelatihan Guru Melalui Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 159–182. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i3.210

Setiawan, M. A., & Trisnawati, A. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smk Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558

Siregar, E. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Penerapan Ipteks, 20(September), 1–8. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/3398/3055

Somatanaya, A. A. G., Herawati, L., & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 3(1), 169–175. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/218/176

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., & Damopolii, I. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Ipa Kabupaten Manokwari Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(2), 115. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1155

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Sarwahita, 11(1), 1. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri susilawati, Desi Maulidyawati, Indra Darmawan, Eka Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: