EDUKASI LAVILA (LAGU BERVISUALISASI) PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN TERHADAP PENGETAHUAN, KESADARAN DAN KEMAUAN DALAM VAKSINASI COVID-19 DI SD NGORESAN SURAKARTA

Angesti Nugraheni, Ika Sumiyarsi Sukamto, Niken Bayu Argaheni, Noviyati Rahardjo Putri, Iffah Indri Kusmawati

Abstract


Abstrak: Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mengakibatkan di seluruh dunia saat ini memiliki tantangan besar diberbagai sektor. Lonjakan kasus menjadikan pemerintah berupaya keras dalam pemerataan vaksin Covid-19 bagi semua usia termasuk anak-anak. Upaya promotif dan preventif digunakan sebagai fokus utama dalam menjaga kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat. Sehinga perlu adanya cara untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama pada anak. Sasaran kegiatan dilakukan pada anak usia 6 - 12 tahun berjumlah 63 siswa. Tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemauan dalam vaksinasi Covid-19. Metode edukasi dengan menggunakan lagu bervisualisasi. Tingkat keberhasilan kegiatan diukur menggunakan kuesioner yang diberikan pada siswa sebelum dan sesudah kegiatan sosialisasi. Hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan pada anak ditunjukkan dengan sebelum edukasi sebanyak 52.4% siswa mendapat nilai 100 dan setelah edukasi meningkat sebanyak 84.1% siswa yang mendapat nilai 100. Pemahaman dan penerimaan vaksinasi Covid-19 pada seluruh siswa yang hadir ditandai dengan adanya memilih gambar visual dengan jawaban “ya”.

Abstract: Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) has resulted in the world currentlyhaving big challenges in various sectors. Spike in cases has made the government work hard to distribut of the Cpvod-19 vaccine for all ages, include children. Promotive and preventive efforts was used as main focus to maintenance public health to increase awareness, willingness and ability to healthy life. So there needs to be a way to increase public knowledge, especially of children. Target of this activity is children 6 -12 years. The aim to increase knowledge and willingness in Covid-19 vaccination. Methode used discourse, discussions and singing visualized songs. Succes rate of measurement using a questionnaire given students before and after socialization activities. Result of measurements was increasing knowledge of children as shown by before socialization as many as 52.4% of students who got score 100 and after socialization increased by 84.1% of students who got score 100. Understanding and acceptance of Covid-19 vaccination to all students who attended marked by shoosing a visual image with the answer “yes”.


Keywords


Vaccination; Covid-19; Education; Children.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aditya Pradana, K., Peristiowati, Y., Dian Ellina, A., Widiyanto, A., & Tri Atmojo, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Animasi Lagu Anak-Anak Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Anak Usia Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gembol Ngawi. Avicenna : Journal of Health Research, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.456

Agustini, D. (2020). Pernanan Lagu Anak-anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta. Jurnal Stdui Islam Dan Sosial, 1(c). https://lisyabab-staimas.e-journal.id/lisyabab/article/view/13

Carrity Virginia Woisiri, S. and Hutapea, L. 2021. Gambaran Penolakan Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19 di Wilayah Kampung Doyo Baru Kabupaten Jayapura. Jurnal Sosial Sains. 1, 11 (Nov. 2021), 1.498 – 1.506. DOI:https://doi.org/10.36418/sosains.v1i11.265.

IDAI. (2020). Indonesia Pediatric Society Commited In Improving The Health Of Indonesia Children. Indonesia Pediatric Society Commited In Improving The Health Of Indonesia Children, 5, 10430. blob:https://www.idai.or.id/93e7a118-211c-4384-b796-f5867868da1f

Jaswandi, L. N., & Kurniawati, F. (2019). Acceptance of Children with Special Needs in Early Childhood Inclusive Education Programs. 229(Iciap 2018), 610–618. https://doi.org/10.2991/iciap-18.2019.52

Kesehatan, K. (2020). Survei Penerimaan Vaksin COVID-19 di Indonesia. November. https://www.unicef.org/indonesia/media/7641/file/Survei Penerimaan Vaksin COVID-19.pdf

Marliani, M., Sari Sembiring, I., Ginting, A., Sinaga, K., Purnama Sari, D., Buulolo, R., & Nabawi, H. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Dengan Penerapan 5 M. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 354–359. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1334

Marlina, D., Marjuki, & Sandhy, N. C. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Sebelum Memasuki Pembelajaran Tatap Muka di Desa Cipayung. Prosiding Dedikasi, 1(1), 126–131. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PD/article/download/12474/7466

Ministry of Health. (2021). COVID-19 Weekly Epidemiological Update. World Health Organization, February, 1–33. https://www.who.int/publications/m/item/covid-19-weekly-epidemiological-update

Nurhayani, Hidayat, W., & Silitonga, E. (2021). Analisis Studi Kasus Penolakan Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian Vaksin Covid 19 Di Lingkungan Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Munyang Kute Redelong Kabupaten Bener Meriah Tahun 2021. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1–15.

Rahayuwati. (2021). Penolakan Vaksinasi : Imajinasi Moral Dan Peran Media Sosial. Humanika, 28(2), 128–145. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/download/39912/20520

Riadi, A. (2019). Halaman Sampul. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 1–214. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. file:///C:/Users/vx/Downloads/DASAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Syahrum, & Salim. (2014). Buku Metodologi penelitian kuantitatif.pdf. http://repository.uinsu.ac.id/553/1/METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF.pdf

Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 131–137. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Angesti Nugraheni, Ika Sumiyarsi Sukamto, Niken Bayu Argaheni, Noviyati Rahardjo Putri, Iffah Indri Kusmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: